Translate

Saturday, December 28, 2013

Books "THE EMERALD ATLAS"

Books “BUKU-BUKU PERMULAAN : ATLAS EMERALD”
Judul Asli : THE EMERALD ATLAS
[ book 1 of THE BOOK OF BEGINNING Series ]
Copyright © 2011 by John Stephens
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Desain & ilustrasi cover : eMTe
Cetakan I : Juli 2011 ; 480 hlm ; ISBN 978-979-22-7405-9
Rate : 5 of 5

Setelah beberapa kali pilihan bacaanku berakhir pada rating seputar 3 - 3.5 bintang, sungguh menggembirakan akhirnya berhasil menemukan bacaan yang layak mendapat bintang 5 dengan tema yang sedikit banyak serupa dengan Time Riders karya Alex Scarrow (dan mendapat bintang 5 pula dariku), yaitu perjalanan menjelajahi waktu. Jika Time Riders murni kisah sci-fi dengan latar belakang sejarah, maka The Book of Beginning mengulas seputar dunia supranatural, kekuatan magis yang dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Kisah dibuka tentang tiga bersaudara Kate, Michael dan Emma, yang sepanjang ingatan mereka, selalu berada di satu panti asuhan ke panti asuhan lain yang tak lebih baik kondisinya. Tiada ingatan tentang masa lalu mereka, atau keterangan siapa gerangan kedua orang tua mereka, kecuali nama keluarga yaitu “P” (hanya singkatan tanpa keterangan). Kini harapan terakhir mereka berada di Panti Asuhan Edgar Allan Poe untuk Anak-Anak Yatim Piatu Tanpa Harapan dan Tidak Dapat Disembuhkan, yang dipimpin oleh Miss Crumley yang sangat mengerikan dan keji (mengingatkan diriku akan sosok Mrs. Trunchbull dari kisah Matilda karya Roald Dahl).



Namun siapa gerangan yang bersedia mengambil tiga anak sekaligus, Kate (14 tahun) yang cantik namun memberikan kesan muram, kurus serta gambaran penderitaan, Michael (12 tahun) dengan sosoknya kutu buku dan Emma (11 tahun) si kecil yang memiliki temperamen tinggi serta kekuatan untuk berkelahi dengan siapa saja. Serangkaian kejadian tak menyenangkan dengan calon-calon orang asuh mereka, membuat ketiga bersaudara ini dibenci oleh Miss Crumley, karena tak memiliki harapan untuk segera diambil oleh pihak luar. Yang membuat tindakan selanjutnya adalah mencari panti asuhan atau tempat penampungan lain bagi mereka, dimana pun asalkan tidak berada dalam pandangan mata Miss Crumley.

Sebuah panti asuhan di kawasan Cambridge Falls yang dipimpin oleh Dr. Stanislaus Pym, akhirnya bersedia menerima mereka bertiga. Perjalanan panjang harus mereka tempuh, dari kereta api menuju kota kecil Wesport di tepi Danau Champlain. Anehnya, tiada satu yang pernah mendengar tentang Cambridge Falls yang terletak di seberang danau. Ketika akhirnya muncul penjemput mereka, menyeberangi danau menuju sebuah dermaga, pertemuan dengan pria bernama Abraham yang ramah tetapi misterius, tibalah mereka di panti asuhan Cambridge Falls. Sebuah rumah yang sangat besar dengan menara-menara tinggi, dan hanya ada mereka bertiga, serta Abraham dan pengurus rumah sekaligus juru masak yang penggerutu bernama Miss Sallow.

Keanehan lainnya, sosok Dr Prym tak pernah mereka jumpai, selain peringatan serta larangan untuk tidak memasuki kamar-kamar tertutup yang jumlahnya sangat banyak. Sebagaimana anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu, suatu hari saat sedang menjelajah, mereka justru tersesat ke dalam ruangan dengan barang-barang aneh, dan ketika sebuah buku dengan halaman-halaman kosong, serta secarik foto yang diberikan oleh Abraham kepada mereka bertemu, mendadak ketiganya ‘terlempar’ di waktu yang berbeda. Inilah awal petualangan Kate, Michael dan Emma dalam mengungkap misteri dibalik menghilangnya kedua orang tua mereka dan takdir yang membawa Buku-Buku Permulaan (The Book of Beginning) ke tangan mereka.

Kisah bergulir dengan cepat, membawa pembaca bersama tiga bersaudara menjelajahi dimensi dunia sihir yang terselubungi dari pandangan manusia awam. Peri, goblin, kurcaci dan kaum penyihir serta makhluk-makhluk gaib ternyata merupakan kenyataan bukan dongeng semata. Selama berabad-abad, masing-masing hidup dalam dunia yang terpisah tanpa gangguan. Hingga muncul sekelompok makhluk yang mengincar kekuatan sihir terbesar yang berada di dalam Buku-Buku Permulaan (The Book of Beginning). Kitab yang mengungkap semua rahasia kekuatan sihir, terbagi dalam 3 buah kitab yang tersembunyi tanpa satu pun mengetahui keberadaannya.

Namun sebuah legenda akan ramalan kuno yang mengatakan bahwa akan muncul tiga sosok terpilih dengan kekuatan untuk menemukan dan membuka kitab tersebut.  Siapakah gerangan yang dimaksud dalam legenda tersebut dan apa hubungannya dengan Kate, Michael dan Emma ? Bagaimana mereka bisa menemukan jalan keluar dari belitan misteri yang menyelubungi kehidupan mereka semenjak kanak-kanak ? Bagaikan serangkaian teka-teki yang unik dan mengundang rasa penasaran, kisah ini akan menarik perhatian pembaca (terutama diriku) untuk melahap halaman demi halaman tanpa sempat beralih, untuk mengetahui jawaban dari aneka misteri ... (hanya untuk berlanjut pada buku kedua *sigh*)

~ BOOK TRAILER ~ ( source : www.youtube.com )


[ more about this author and related works, just check at here : John Stephens | on Wikipedia | on Goodreads | at Twitter ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...