Translate

Thursday, January 31, 2013

Books "CHARLIE BONE & THE BLUE BOA"



Judul Asli : CHARLIE BONE and THE BLUE BOA
( book 3 of Charlie Bone Series )
Copyright © 2006 by Jenny Nimmo
Penerbit Ufuk Fiction
Alih Bahasa : Dhieni Purwandini
Editor : Uly Amalia & Tisa Anggriani
Desain Cover by Scott Altmann | Husni Kamal - Ufukkreatif Design
Cetakan I : Agustus 2012 ; 433 hlm
Rate  5 of 5

Charlie Bone terbangun di suatu hari mendapati Paman Buyut Paton yang tak pernah keluar dari kamarnya kecuali berjalan-jalan di malam hari, menghilang dan hanya meninggalkan pesan bahwa ia harus segera pergi untuk mencegah rencana jahat yang tak sengaja ia dengar dari percakapan saudari-saudarinya, para Bibi Buyut Keluarga Yewbeam. Hilangnya beliau disusul dengan kedatangan gadis cantik bernama Belle, yang tinggal di Darkly Wynd – kediaman para bibi buyut, dan bersekolah di Bloor’s Academy. Namun Charlie tak sempat berpikir lebih lama tentang Belle yang mampu menimbulkan perasaan aneh dalam dirinya, karena Benjamin Brown mendadak harus pergi bersama kedua orang tuanya ke Hongkong, dan meninggalkan Runner Bean – anjing kesayangannya dalam perawatan Charlie. Bukannya Charlie keberatan, ia suka dengan anjing itu, masalah Nenek Bone sangat membenci Runner Bean, ia khawatir apa tindakan sang nenek jika mendapati ia menyembunyikan Runner Bean di kediaman mereka.

Lalu Emma Tolly, tanpa sengaja menemukan sepucuk surat yang membongkar keberadaan gur seni mereka Mr. Boldova. Emma yakin bahwa guru mereka yang ramah, periang dan baik hati itu adalah kakak kandung Ollie Sparks, siswa Bloor’s Academy yang menghilang secara aneh di sekolah tersebut beberapa tahun silam. Maka suatu hari ketika Emma dan Charlie dihukum keluar ruangan kelas karena tak memperhatikan pelajaran, keduanya mencoba menelusuri jejak menghilangnya Ollie di loteng sekolah. Emma teringat akan kejadian saat pintu tahanannya mendadak terbuka tanpa terlihat sosok yang menolongnya. Dan di sanalah mereka menemukan Ollie Sparks, yang masih hidup namun ‘kasat-mata’ akibat dibelit oleh ular boa biru – mahkluk sihir yang menjadi legenda karena kekuatan sihirnya. Duh, sepertinya semakin banyak hal-hal yang harus diselesaikan oleh Charlie, dan tugasnya tidak semakin mudah karena ketiga nenek buyut Yewbeam sering sekali berkeliaran dan muncul pada saat-saat yang tidak menguntungkan. Terlebih dengan adanya Belle yang seakan-akan menempel erat pada Charlie. Dimana pun ia berada, disanalah Belle tampak. Lalu bagaimana ia bisa melakukan misi rahasianya jika selalu ‘diganggu’ oleh orang-orang tersebut??

Kisah ini semakin seru dengan terungkapnya berbagai latar belakang serta masa lalu yang selama ini menjadi misteri besar bagi Charlie. Seperti kematian ayahnya, yang tampaknya masih hidup namun entah dimana, lalu hubungan erat para keturunan Raja Merah yang mengalir pada dirinya serta sahabat-sahabat maupun musuh-musuhnya – menimbulkan konflik yang tak berkesudahan. Walau rahasia masa lalu muali terkuak, namun bermunculan pula teka-teki baru yang membuat penasaran, siapakah makhluk misterius yang senantiasa berada di loteng atas ?  Akankah Charlie bisa membantu Paman Patton yang menghilang, kemudian kembali dalam kondisi setengah mati karena lawannya adalah penyihir kuat yang mengerikan. Sungguh tak diduga Charlie harus mengumpulkan keberanian, menemui penyihir lain yang tak kalah mengerikan, guna meminta bantuannya menyembuhkan Paman Patton – permasalahannya, terakhir kali Chalie bertemu dengan makhluk mengerikan ini, ia diancam akan dibunuh karena ‘mencuri’ (istilah Charlie meminjam) sebuah tongkat sihir....

Tentang Penulis :
Jenny Nimmo (15 januari 1944) adalah penulis asal Inggris yang terkenal melalui buku anak-anak berupa novel fantasi dan petualangan, dan buku bergambar serta ilustrasi untuk pembaca pemula hingga lanjutan. Lahir di Inggris namun menghabiskan masa hidupnya di Wales selama sekitar 40 tahun. Karya serial fantasinya yang terkenal adalah ‘The MagicianTrilogy’ (rilis selama 1986-1989) – sebuah kisah kontemporer yang berdasarkan dari Mitos Welsh, dan tentu saja ‘Children of The Red King’ (rilis 2002 – 2012), menampilkan sosok Charlie Bone serta anak-anak Sihir di sekolah asrama Bloor’s Academy.

Novelnya ‘The Snow Spider’ – buku pertama dari seri The Magician trilogy memenangkan penghargaan Nestl√© Smarties Book Prize, dan pada tahun 1987 memenangkan Tir na n-Og Award sebagai Buku Terbaik Berbahasa Inggris dengan latar belakang Welsh yang sangat autentik. Kemudian buku berikutnya The Stone Mouse mendapat rekomendasi sebagai penerima Carnegie Medal di tahun 1993. Dan ini diikuti dengan berbagai penghargaan atas novel-novel serta cerita pendek untuk anak-anak lainnya sepanjang tahun hingga kini. 

[ more about the author, books, adaptation and related isue, check on here : Jenny Nimmo’s Site | The Children of The RedKing | Wikipedia on Jenny Nimmo ]

~ Postingan ini dibuat dalam rangka EVENT SECRET SANTA bersama BBI ~
Secret Santa adalah program berbagi sesama BBI di penghujung tahun 2012 lalu, dimana para peserta saling memberi 'hadiah buku' wishlist dari masing-masing partner yang telah ditentukan. Dan untuk membuat event ini semakin seru, para penerima harus menebak siapakah Secret Santa yang telah berbaik hati memberikan 'buku wishlist' melalui sebuah teka-teki yang diberikan bersama dengan Kado Natal (ya anggap aja X'mas Present sesuai temanya) --- nah, untuk Secret Santa-ku ternyata sangat baik hati, alih-alih memberikan 1 buku, masih ditambah 1 buku lagi, jadi diriku mendapat 2 buku wishlist (tak terbayangkan rasa bahagia serta gembira waktu buka bungkusan paketnya). Nah, ini adalah salah satu buku yang kudapatkan, dan masih harus menebak siapa SS-ku ...lalu diriku terbentur masalah baru, ternyata teka-tekinya sulit (jika mau tahu isi teka-tekinya, simak postingan ini), dan hari ini deadline untuk menjawab "Siapakah SS-mu?"  --- dengan sedikit main tebak-tebakan inilah dugaan sang SS-ku : Dessy aka @coffecream (entah benar atau tidak nih, harus menunggu sampai dengan tgl. 1 Februari untuk membuka tabir misteri dibalik teka-teki)

List of participants on this event (just click on the linky):  
 


Best Regards,
* Hobby Buku *

11 comments:

  1. waks, riddlenya susaaah =D btw aku skip dulu reviewmu mbak, soalnya baru baca buku 1 doang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaan sama mba' Astrid skip dulu reviewnya... mau baca buku 1 & 2 dulu :)

      Delete
    2. haih...main "skip-skip" :D no spoiler at all in there xixixi, tdk bisa nebak riddlenya ya, sama >,<

      Delete
  2. Wew.. udah seri ketiga? *semaput

    ReplyDelete
  3. Hm, benar tidak ya SSnya mba Maria itu mb Dessy :P

    ReplyDelete
  4. salah satu yg riddle-nya ga bisa kutebak dgn yakin (kaya yg lain yakin aja :p)

    ReplyDelete
  5. Aku juga nyeraaahhh sama riddlenya mbak maria

    ReplyDelete
  6. Eh Santanya blom ngaku juga?

    Coba dekat ya mbak, aku pengen pinjem bukunya :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...