Translate

Monday, September 30, 2013

Books "PERCY JACKSON & THE OLYMPIANS : THE TITAN'S CURSE"

Books “KUTUKAN  BANGSA TITAN”
Judul Asli : THE TITAN’S CURSE
[ book 3 of Percy Jackson & The Olympian Series ]
Copyright © 2007, Rick Riordan
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Nuraini Mastura
Editor : Soehindrati A. Shinta
Penyelaras Aksara : Alfiyan
Ilustrasi Isi : Kebun Angan
Ilustrasi & Desain Sampul : Windu Tampan
Cetakan I :  Mei 2010 ; 370 hlm ; ISBN 978-979-433-5
Rate : 3,5 of 5

Kisah dibuka dengan adegan dimana Percy, Annabeth, Thalia dan Grover sedang menjalankan misi penyelamatan ‘anak-anak blasteran’ baru dari sekolah mereka, untuk dibawa ke Perkemahan Blasteran. Grover telah melacak dua bersaudara, Bianca dan Nico di Angelo, namun kesulitan untuk melakukan kontak langsung akibat campur-tangan monster mengerikan yang senantiasa mengawasi kegiatan Grover serta kedua bocah ini. Pada acara Pesta Dansa, dimana semua pihak sedang sibuk, kesempatan ini digunakan untuk menjemput kedua kandidat. Celakanya sang monster yang berwujud manusia Wakil Kepala Sekolah tersebut, mampu mengendus rencana mereka dan menyergap kedua bocah sekaligus mengalahkan perlawanan Percy, Annabeth, Thalia dan Grover.



Thalia – putri Zeus yang semula berada di dalam Pohon Thalia, penjaga lingkungan Perkemahan Blasteran, muncul dan hidup kembali setelah Pohon Thalia dipulihkan oleh kekuatan Bulu Domba Emas. Meski Thalia merupakan petarung tangguh dan kuat, ia tak mampu mengalahkan sag monster, hingga bala bantuan tak terduga muncul : Pasukan Pemburu yang dipimpin langsung oleh Dewi Artemis. Sang monster berhasil dikalahkan, namun kedatangan Pasukan Pemburu ini ternyata tidak mendapat tanggapan positif dari semua pihak, terutama Thalia yang nampaknya memiliki ‘rasa permusuhan’ dengan perwakilan Dewi Artemis, Zoë Nightshade. Bahkan ketika Pasukan Pemburu ikut serta menuju Perkemahan Blasteran, muncul permasalahan baru yang merupakan awal petualangan berbahaya bagi para Demigod.

Sebuah ramalan tak terduga dari Sang Oracle saat Zoë Nightshade menanyakan nasib Dewi Artemis yang menghilang, merupakan petunjuk awal bagi kelompok khusus yang dibentuk untuk mencari sang Dewi serta mencegah Kutukan Bangsa Titan. Dan ketika anggota kelompok sudah dibentuk, Percy tidak diikutsertakan dengan alasan Pasukan Pemburu Sang Dewi Artemis tak pernah menjalankan misi bersama seorang pria (atau bocah laki-laki sekalipun).

Meski Percy memberikan berbagai alasan, termasuk keinginannya untuk menemukan Annabeth yang juga menghilang, tiada yang bersedia mengabulkan permintaannya untuk bergabung, bahkan ia dilarang untuk ikut campur. Namun nasib Percy segera berubah karena campur-tangan Dewa Apollo – saudara kembar Artemis yang justru memilih Percy dalam misi menyelamatkan saudaranya. Melalui tipu-muslihat, Dewa Apollo menempatkan Percy untuk mengikuti rombongan Zoë Nightshade, Thalia, Grover dan sebagian Pasukan Pemburu. Maka dimulailah petualangan seru dan berbahaya, melibatkan kekuatan Bangsa Titan dan pasukan kegelapan, serta pertemuan kembali dengan ‘mantan’ sahabat Percy : Luke – putra Hermes yang membelot dan menjadi sekutu Kronos, yang merencanakan kehancuran Olympus beserta seluruh isinya.

Kisah ini menjadi semakin seru, namun yang paling menarik (sekaligus lucu) pertemuan Percy dengan aneka bala-bantuan unik yang dikirim oleh Dewa Apollo maupun sekutunya. Pertarungan antar para Dewa dengan bangsa Titan pengikut Kronos, telah berlangsung sepanjang abad, dan hal ini juga membawa korban dari kaum manusia yang tak mengetahui duduk permasalahan. Demikian pula status para Demigod atau anak-anak blasteran Dewa dengan manusia, yang terjepit pada kondisi yang tidak jelas dan sama-sama beresiko tinggi. Alhasil perpecahan yang mulai nampak pada penghuni Perkemahan Blasteran, menjadi salah satu konflik yang terjadi sepanjang kisah ini. Bukan hanya pada Demigod senoir, bahkan anggota baru, Bianca dan Nico di Angelo, dua bersaudara yang langsung terpisah karena memiliki perbedaan pendapat serta keyakinan pada pihak mana mereka harus berdiri...

Tentang Penulis :
Rick Riordan, semula menjalani profesi sebagai guru Sejarah dan Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah negeri dan swasta di kota San Fransisko, Bay Area serta Texas selama 15 tahun, hingga memperoleh anugerah Master Teacher Award dari sekolah Saint Mary’s Hall pada tahun 2002. Karya fiksi dewasa yang ditulisnya, memenangkan tiga penghargaan nasional untuk kategori misteri, mulai dari Edgar Award, Anthony Award hingga Shamus Award. Rangkaian cerita pendek karyanya juga dimuat dalam majalah misteri Mary Higgins Clark dan majalah misteri Ellery Queen.

Kesuksesan karya tulisnya melalui serial Percy Jackson & The Olympians, dimulai dari buku pertama The Lightning Thief yang masuk dalam daftar New York Times Notable Book di tahun 2005, dan hak cipta adaptasi filmnya dibeli oleh Twentieth Century Foxdan telah tayang pada Februari 2010. Menyusul buku kedua ‘The Sea of Monsters’ yang juga telah diadaptasi dan rilis pada bulan Agustus 2013. Serial yang terdiri dari lima judul buku yang membuat kumpulan penggemar petualangan para ‘Demi-God’ bahkan berlanjut pada serial Hero of Olympus, yang merupakan sekuel petualangan Percy Jackson dan kawan-kawannya.

Selain serial yang mengangkat sejarah dan mitologi Yunani, beliau juga menghasilkan karya lain yang mengambil tema sejarah  serta mitologi Mesir dalam serial ‘Kane Chronicles’ yang tak kalah menariknya. Kini Rick Riordan menjalani kehidupan full-time sebagai penulis aktif yang selalu menyajikan ide-ide serta tema menarik bagi kaum remaja hingga dewasa. Beliau tinggal di kawasan San Antonio bersama istri dan kedua putranya.

[ more about the author and related works, just check at here : Rick Riordan | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | Percy Jackson’s Site (UK) | Percy Jackson's Site (USA) ] 

Best Regards,

* Hobby Buku * 

2 comments:

  1. Ah Percy Jackson selalu suka dengan kisah2 yunani

    ReplyDelete
  2. Nama : Dian S
    Email : dian.sagit4@gmail.com
    Novel ini bestseller banget. Banyak yang udah ngomongin dia. Dan, karena g ada duit jadi blum bisa baca. Jadi, aku tulis dia jadi wishlistku di GA ini

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...