Translate

Monday, September 30, 2013

Books "PERCY JACKSON & THE OLYMPIANS : THE BATTLE OF THE LABYRINTH"

Books “PERTEMPURAN LABIRIN”
Judul Asli : THE BATTLE OF THE LABYRINTH
[ book 4 of Percy Jackson & The Olympian Series ]
Copyright © 2008, Rick Riordan
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Reni Indardini
Editor : Soehindrati A. Shinta
Penyelaras Aksara : Alfiyan
Ilustrasi Isi : Kebun Angan
Ilustrasi & Desain Sampul : Windu Tampan
Cetakan I :  Maret 2010 ; 448 hlm ; ISBN 978-979-433-566-6
Rate : 4 of 5

Back again with Percy Jackson, Annabeth, Grover, Tyson and all Demi-God at Half-Blood Camp !!!  Kisah dibuka dengan masuknya Percy di sekolah baru (lagi) dan surprise-surprise, siapa yang ia jumpai di hari pertama sekolahnya ? Yep, again the same ‘old-song’, Percy meets with the ‘Troubles’. Pertama dengan Rachel Elizabeth Dare – gadis remaja, manusia biasa yang memiliki kemampuan melihat ‘menembus-Kabut’ yang ia jumpai pada petualangan sebelumnya di Bendungan Hoover.  Dan kali ini keduanya berjumpa dengan Ketua Cheerleader Goode High School, Tammi dan Kelli yang ternyata sejenis ‘empuosa’ – pelayan Hecate yang gemar memangsa pria muda.



Akibatnya bisa diduga, Percy sekali lagi menimbulkan keributan sekaligus bencana di sekolah barunya (pada hari pertama ia masuk sekolah). Pelarian Percy (diikuti oleh Rachel) bertumbukan dengan Annabeth yang hendak berkunjung, dan akhirnya menimbulkan ‘salah-sangka’ sehingga Annabeth bersikap ‘dingin’ terhadap Percy. Namun mereka tak bisa berlama-lama karena Grover Underwood – sahabat mereka mengalami masalah besar di Perkemahan Blasteran. Diakibatkan dari berita yang dibawa Grover bahwa ia ‘mendengar’ panggilan Dewa Alam : Pan, justru menyebabkan dirinya harus disidang oleh para Tetua. Kejujuran dan kepolosan Grover justru membawa dirinya terlibat dalam masalah lebih besar, menyangkut masa depan serta Impiannya.

Percy meski tak pernah serius menanggapi misi Grover sebelumnya, kini ia bersikeras memutar otak untuk mencari jalan keluar guna membantu sahabatnya. Sebuah ide serta petunjuk muncul ketika Percy dan Annabeth tanpa sengaja terjatuh dalam lubang bawah tanah yang membawa mereka menelusuri lorong-lorong gelap. Ketika mereka berhasil ditemukan, misi baru muncul, untuk menyelidiki lorong yang diduga sebagai Labirin Daedalus – yang diciptakan oleh sosok jenius dibalik ketenaran Labirin milik Raja Minos, yang mengadakan sayembara mengundang siapa saja untuk menemukan jalan keluar dari Labirin sebelum dimangsa Minotaur. Menurut legenda satu orang berhasil menemukan jalan keluarnya, Theseus, yang dipandu oleh ‘benang’ yang diberikan oleh Ariadne – putri Raja Minos yang jatuh hati pada pemuda itu.

Pencarian Labirin Daedalus bertujuan menemukan ‘benang’ yang digunakan oleh Putri Ariadne, sekaligus mencegah Luke mendapatkan ‘kunci’ Labirin yang akan membuka jalan rahasia bagi para monsters dan antek Kronos memasuki Perkemahan Blasteran. Namun bagaimana mereka harus mencari sosok legenda yang tak diketahui keberadaannya sekian abad ? Apakah ia masih hidup atau telah tewas setelah perburuan tiada henti yang dilakukan oleh Raja Minos yang sangat membenci sang penemu, yang dianggap mengkhianati dirinya ? Percy, Annabeth, Grover dan Tyson berpetualangan memasuki labirin yang terkenal telah ‘menelan’ banyak korban, dimana tak satu pun berhasil keluar dengan selamat, tersesat selamanya ... jika pun ada yang berhasil keluar, hanya menjadi sosok yang ‘terganggu-ingatannya’ alias ‘gila’ akibat kengerian yang mereka alami.

Sekali lagi penulis menyajikan sekelumit ‘legenda’ yang menarik dari sejarah mitologi Yunani dengan memadukan unsur fakta serta imajinasi, dan jangan lupa para karakter yang unik. Dalam kisah ini, perjalanan empat sekawan yang kemudian terpisah ditengah perjalanan, Percy dengan Annabeth, Grover dengan Tyson, menjanjikan aneka petualangan tersendiri yang menegangkan sekaligus mampu mengundang tawa (terutama duet Grover dan Tyson, yang pada awalnya saling tidak ‘terlalu’ menyukai satu sama lain, namun pada akhirnya saling mengerti bahkan bersahabat sangat erat, just imagine duo ‘satyr’ with ‘cyclops’ ... so hillarious !!).  Satu-satunya hal yang sedikit kurang kusukai hanya pada ending yang seakan-akan anti-klimaks dengan ditemukannya sang penemu serta fakta mengenai siasat Luke yang mampu mengelabui Percy dan kawan-kawan. Dan jawabannya tentu saja harus ditemukan pada kelanjutan kisah ini ...

Tentang Penulis :
Rick Riordan, semula menjalani profesi sebagai guru Sejarah dan Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah negeri dan swasta di kota San Fransisko, Bay Area serta Texas selama 15 tahun, hingga memperoleh anugerah Master Teacher Award dari sekolah Saint Mary’s Hall pada tahun 2002. Karya fiksi dewasa yang ditulisnya, memenangkan tiga penghargaan nasional untuk kategori misteri, mulai dari Edgar Award, Anthony Award hingga Shamus Award. Rangkaian cerita pendek karyanya juga dimuat dalam majalah misteri Mary Higgins Clark dan majalah misteri Ellery Queen.

Kesuksesan karya tulisnya melalui serial Percy Jackson & The Olympians, dimulai dari buku pertama The Lightning Thief yang masuk dalam daftar New York Times Notable Book di tahun 2005, dan hak cipta adaptasi filmnya dibeli oleh Twentieth Century Foxdan telah tayang pada Februari 2010. Menyusul buku kedua ‘The Sea of Monsters’ yang juga telah diadaptasi dan rilis pada bulan Agustus 2013. Serial yang terdiri dari lima judul buku yang membuat kumpulan penggemar petualangan para ‘Demi-God’ bahkan berlanjut pada serial Hero of Olympus, yang merupakan sekuel petualangan Percy Jackson dan kawan-kawannya.

Selain serial yang mengangkat sejarah dan mitologi Yunani, beliau juga menghasilkan karya lain yang mengambil tema sejarah  serta mitologi Mesir dalam serial ‘Kane Chronicles’ yang tak kalah menariknya. Kini Rick Riordan menjalani kehidupan full-time sebagai penulis aktif yang selalu menyajikan ide-ide serta tema menarik bagi kaum remaja hingga dewasa. Beliau tinggal di kawasan San Antonio bersama istri dan kedua putranya.

[ more about the author and related works, just check at here : Rick Riordan | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | Percy Jackon’s Site (UK) | Percy Jackson's Site (USA) ]  

Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...