Translate

Thursday, January 17, 2013

Books "MIDNIGHT FOR CHARLIE BONE"



Judul Asli : MIDNIGHT FOR CHARLIE BONE
( book 1 of The Children of The Red King Series )
Copyright © 2002 by Jenny Nimmo
Penerbit Ufuk Fiction
Alih Bahasa : Iryani Syahrir
Editor : Siti Aenah & Uly Amalia
Desain Cover by Scott Altmann | emw - Ufukkreatif Design
Cetakan I : November 2010 ; 412 hlm
Rate : 5 0f 5

Konon hiduplah sang Raja Merah yang menguasai kekuatan sihir terbesar di dunia. Ia hidup bahagia  dengan istri dan kesepuluh anaknya yang juga mewarisi kekuatan sihir. Kemudian sang istri meninggal dunia, sang Raja berduka sekian lama dan untuk mengurangi kepedihannya ia berkelana ke penjuru dunia. Ketika sang Raja pergi, kesepuluh anaknya terpecah, lima orang berubah menjadi jahat dan memanfaatkan kekuatan sihir untuk menyengsarakan makhluk lain, dan kelima anak lainnya tetap pada jalan lurus dan berusaha mencegah perbuatan jahat saudara-saudaranya. Ketika sang Raja kembali, peperangan dan pertempuran tealh terjadi antara anak-anaknya. Mereka berpisah dan menempuh jalan masing-masing. Hingga berabad-abad kemudian, keturunan kesepuluh anak Raja Merah ini masih saling berperang, membela tujuan masing-masing.

Charlie Bone bocah berusia 10 tahun, menjalani hidup bersama sang ibu dan kedua neneknya. Yang satu Nenek Jones yang lebih suka dipanggil Maisie – ibu dari ibunya yang periang dan cerewet namun sangat menyayangi cucu satu-satunya. Kemudian ada Nenek Bone yang angkuh, dingin, ketus, selalu mengkritik apa pun dan siapa pun. Ia memandang rendah keluarga Jones yang dianggap tidak setara dengan garis keturunan keluarganya Yewbeam yang memiliki sejarah kuno hingga berabad-abad. Charlie tak pernah mengenal ayahnya dengan dekat, karena Lyell Bone telah meninggal dalam kecelakaan. Lalu suatu hari saat Charlie melihat hasil foto Runner Bean – anjing Benjamin Brown, sahabat sekaligus tetangga depan rumahnya, terjadi peristiwa aneh yang mengawali perubahan total dalam kehidupan Charlie beserta keluarganya.

[ source ]
Dengan paksaan para bibi buyut keluarga Yewbeam yang tiba-tiba muncul, Charlie diwajibkan pindah ke Sekolah Asrama  Bloor’s Academy yang hanya menerima siswa jenius dan berbakat, dan sangat mahal. Charlie mampu diterima karena ia memiliki kekuatan khusus yang baru muncul saat ia melihat sebuah foto yang keliru dikira sebagai foto Runner Bean. Charlie mampu mendengar percakapan yang terjadi pada saat pemotretan foto itu, dan kini ia mengemban tugas rahasia untuk menemukan bayi yang hilang, bayi yang terdapat di dalam foto dan kini telah beranjak remaja, menjadi salah satu siswa di Bloor’s Academy. 

Kekuatan baru Charlie ini mengundang kedatangan berbagai orang-orang aneh, seperti Mr. Orvil Onimous dengan tiga ekor kucing besar bernama Aries, Leo dan Sagittarius yang memiliki kekuatan Api Sihir. Dan ada Manfred Bloor – pemuda yang bertampang keji, dan ternyata putra Kepala Sekolah Bloor yang memiliki kemampuan hipnotis untuk merubah seseorang menjadi bonekanya. Lalu sang paman yang selama ini berdiam diri dan tak pernah keluar dari kamarnya, kecuali malam hari - Paton Yewbeam, yang juga memiliki kekuatan sihir tersembunyi. Di sekolah yang baru ini, Charlie mendapati berbagai keanehan yang secara perlahan membuka tabir rahasia tentang sejarah keluarganya. Terutama yang berkaitan dengan kematian sang ayah, foto-foto serta semua benda peninggalannya yang mendadak hilang dari rumah saat kematiannya. Dan Charlie harus belajar dan meningkatkan kemampuannya, karena ada pihak-pihak yang berniat melenyapkan dirinya, sama seperti nasib ayahnya. Di asrama Bloor’s Academy, di antara pewaris dan keturunan sang Raja Merah, akan terjadi pertempuran besar satu sama lain, dua kubu kekuatan yang berbeda tujuan, saling mempertahankan keyakinan masing-masing, dan Charlie terjebak di tengah-tengah ...

Kesan :
[ source ]
Sudah lama memiliki buku ini, tetapi sengaja menunggu kelanjutannya rilis baru membaca semua, apa daya ternyata antara buku satu dan seterusnya lumayan lama, setahun sekali baru rilis, padahal versi aslinya sudah sampai no.  – berhubung buku ketiga kuperoleh sebagai hadiah Secret Santa, maka wajib dibaca dan dibuat reviewnya di bulan Janusri 2013 ini. Dan ternyata kisah ini sangat bagus, benar-benar mengingatkan akan alur kisah Harry Potter, dengan konflik serta sejarah masa lalu keluarga serta rahasia yang disembunyikan, perseteruan selama berabad-abad, sekolah asrama khusus penyihir, dan tentunya tokoh-tokohnya yang unik dan menarik. Alhasil ketiga buku yang lumayan tebal ini habis kulahap hanya dalam tempo semalam. Jadi penasaran berat kelanjutannya ... apa mencari versi aslinya saja ya, duh ini penyakit parah jika membaca serial, tapi apa daya, justru kisah-kisah yang bagus rata-rata berseri  \(^0^)/ 


Tentang Penulis :
Jenny Nimmo (15 januari 1944) adalah penulis asal Inggris yang terkenal melalui buku anak-anak berupa novel fantasi dan petualangan, dan buku bergambar serta ilustrasi untuk pembaca pemula hingga lanjutan. Lahir di Inggris namun menghabiskan masa hidupnya di Wales selama sekitar 40 tahun. Karya serial fantasinya yang terkenal adalah ‘The MagicianTrilogy’ (rilis selama 1986-1989) – sebuah kisah kontemporer yang berdasarkan dari Mitos Welsh, dan tentu saja ‘Children of The Red King’ (rilis 2002 – 2012), menampilkan sosok Charlie Bone serta anak-anak Sihir di sekolah asrama Bloor’s Academy.

Novelnya ‘The Snow Spider’ – buku pertama dari seri The Magician trilogy memenangkan penghargaan Nestl√© Smarties Book Prize, dan pada tahun 1987 memenangkan Tir na n-Og Award sebagai Buku Terbaik Berbahasa Inggris dengan latar belakang Welsh yang sangat autentik. Kemudian buku berikutnya The Stone Mouse mendapat rekomendasi sebagai penerima Carnegie Medal di tahun 1993. Dan ini diikuti dengan berbagai penghargaan atas novel-novel serta cerita pendek untuk anak-anak lainnya sepanjang tahun hingga kini. 

[ more about the author, books, adaptation and related isue, check on here : Jenny Nimmo's Site | The Children of The Red King | Wikipedia on Jenny Nimmo ]



Best Regards,
* Hobby Buku *

2 comments:

  1. buku seri charlie bone edisi bahasa indonesia susah carinya. dimana anda membelnya ? mhn info

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAsih ada kok, Anda domisili di daerah mana ? Jika kesulitan bisa cek dan kontak via HobbyBukuShop di sini : http://hobbybukushop.blogspot.com

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...