Translate

Thursday, December 26, 2013

Books "AWAKEN"

Books “YANG TERBANGKITKAN”
Judul Asli : AWAKEN
[ book 3 of UNDERWORLD Series ]
Copyright © 2013 by Meg Cabot, LLC
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Lucia Aryani
Editor : Ariyantri E. Tarman
Desain cover : Marcel A.W.
Cetakan I : Desember 2013 ; 368 hlm ; ISBN 978-602-03-22-0013-9
Rate : 3.5 of 5

Dengar, ketika roh lahir dari kuasa jahat
Datang ke hadapannya, mengaku sepenuhnya
Dan hakim terhadap pelanggaran ini
Melihat tempat yang layak baginya di Neraka ...
DANTE ALIGHIERI, Inferno, Canto V

Pierce Oliviera – kini adalah Ratu Underworld, setelah ia menerima kehadiran dan cinta John Hayden, sang Penguasa Underworld, dunia dimana jiwa-jiwa yang meninggal berada di persimpangan, untuk menaiki kapal yang akan membawa mereka ke tujuan berikutnya, apakah itu tempat yang disebut sebagai Surga, atau justru sebaliknya, Neraka yang mencekam ...

Dan pada petualangan sebelumnya, Pierce terpaksa kembali ke ‘dunia nyata’ serta memohon bantuan John untuk menyelamatkan Alex, saudara sepupunya yang terlibat dalam aksi yang dilakukan oleh Seth Rector serta kroni-kroninya. Meski mereka terlambat dan Alex tewas kehabisan udara akibat disekap dalam peti mati, John mampu ‘mengembalikan’ jiwa Alex dari kematian, tanpa menyadari hal ini mengganggu keseimbangan antar dunia.



Underworld yang selama ini merupakan ‘sanctuary’ dari gangguan kaum Fury, kini terguncang dan bibit-bibit kekacauan mulai bermunculan. Kala proses pemberangkatan jiwa-jiwa yang telah meninggal terganggu akibat rusaknya kapal-kapal pemberangkatan, maka harus dipikirkan alternatif lain. Hal ini semakin kacau kala John dalam kondisi ‘koma’ (mati-suri) saat melakukamn usaha penyelamatan. Maka Pierce harus mengambil alih kepemimpinan serta memutuskan langkah selanjutnya bagi mereka yang tinggal di Underworld.

Terlepas dari kisah legenda dan mitologi yangcukup menarik untuk disimak lebih dalam, entah mengapa justru kesan ‘hambar’ serta peran aneka karakter yang membingungkan mewarnai sepanjang kisah ini. Gambaran sosok Pierce justru mengingatkan diriku akan sosok Bella Swan (yang ababil dan emosional banget dalam menghadapi aneka konflik). Kehadiran sosok Alex turut membuatku ‘sebal’ dengan tindak-tanduknya yang kekanak-kanakan. Bahkan keberadaan John Hayden tak mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi diriku.

Ibarat membaca sebuah anti-klimaks, mungkin inilah yang bisa dibayangkan saat menuntaskan kisah ini. Harapan akan kisah fantasi sarat akan leganda dan mitologi, berlalu begitu saja tanpa kesan khusus. Satu-satunya karakter yang cukup menarik (untuk disimak lebih lanjut, seandainya saja penulis memberikan porsi lebih untuk dikembangkan) adalah para anggota kru John Hayden. Sebagai penutup, akhirnya sebuah paragraf menarik yang mampu merangkum inti dari keseluruhan kisah ini (dan membuatku bertanya-tanya, mengapa dibutuhkan sampai 3 jilid buku untuk menjelaskannya) ...
“Apa yang terjadi hari ini adalah kemenangan Fate atas Fury. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada pilihan. Untuk melakukan yang benar, tidak melakukan apa pun, atau melakukan hal yang salah. Kebanyakan orang lebih sering memilih untuk tidak melakukan apa pun. Dan itu tidak masalah. Itu pilihan yang lebih mudah. Terkadang sulit mengetahui apa yang benar dan salah. Tetapi masih ada sedikit orang yang memilih bersusah payah melakukan hal yang beanar ... Fate adalah mereka yang memilih sisi baik. Kalau ada cukup banyak orang yang mau bersusah payah membantu orang lain, semangat kebaikan akan mengalahkan kejahatan, seperti matahari yang bersinar di antara awan setelah badai, dan menyebabkan lebih banyak orang melakukan kebaikan. Aku selalu berharap suatu hari kebaikan akan menang dan tidak ada lagi Fury yang harus kita lawan.” 
[ ~ Mr. Smith to Pierce & friends | p. 337 – 338 ]
Tentang Penulis :
Meg Cabot ( nama aslinya Meggin Patricia Cabot ), lahir di Bloomington, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 1 Februari 1967. Ia merupakan penulis Amerika yang sangat produktif dalam menulis dan telah menghasilkan lebih dari 50 judul buku. Karyanya yang terkenal diantaranya seri The Princess Diaries, yang telah diangkat ke layar lebar oleh Walt Disneys Pictures dengan judul yang sama. Kemudian seri Mediator  tentang remaja yang memiliki kemampuan supranatural, serial detektif lewat Heather Wells Mystery, serangkaian chicklit, historical romance dan tentu saja seri Underworld yang merupakan adaptasi dari kisah Mitologi Yunani yaitu Persephone yang diculik oleh Hades – dewa penjaga gerbang kematian, dan dipaksa menemaninya tinggal di Underworld. Meg Cabot telah memperoleh banyak penghargaan atas karya-karyanya, hingga kini buku-bukunya terjual lebih dari 15 juta kopi, dan ia masih tetap giat menulis sampai kapan pun ...

[ more about this author and related works, just check at here : Meg Cabot ]

Best Regards,

HobbyBuku

1 comment:

  1. penasaran sama seri ini karena unsur romance dan mitologinya, semoga koleksiku cepat lengkap :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...