Translate

Friday, March 14, 2014

Books "CAN'T TEACH AN OLD DEMON NEW TRICKS"

Books “TRIK KUNO UNTUK SI SETAN TUA”
Judul Asli : CAN’T TEACH AN OLD DEMON NEW TRICKS
[ book 2 of DEMON Series ]
Copyright © 2010 by Cara Lockwood
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Susan Meliana Husen
Cetakan I : April 2011 ; 368 hlm ; ISBN 978-979-27-9979-8
Rate : 4.5 of 5

Buku ini ternyata merupakan kelanjutan dari kisah ‘Every Demon Has His Day’ dan kali ini membahas tentang kehidupan Rachel Farnsworth – sahabat Contance Plyd / Garrett yang terlibat dalam kasus pembunuhan Jimmy hingga terbongkarnya skandal melibatkan bintang film ternama. Rachel yang telah menikah dengan Kevin – kekasih semasa sekolah dan menjalani hidup bahagia hingga kelahiran putra mereka. Tiada yang mengetahui secara pasti bahwa Kevin Farnsworth – pemain footbal berbakat dari Crockett High Cougars, yang selalu mampu memberikan kejutan kecil nan romatis terhadap Rachel, dan penuh perhatian sebagai pasangan hidup, berubah 180 derajat sepulang dari sebuah pertemuan bisnis di Phoenix. Menurut Rachel, seakan-akan Kevin telah diculik oleh alien dan ditukar dengan tiruannya yang aneh. Namun ia tak pernah mengeluhkan hal ini terhadap siapa pun , termasuk sahabatnya Constance.



Hingga Cassidy Henry Fransworth lahir, bocah cilik nan tampan yang kerap dijuluki ‘little-devil’ oleh sang ibu akibat tingkah lakunya yang nyaris membuat kekacauan di mana pun ia berada. Anehnya Rachel tidak pernah menaruh kecurigaan, meskipun Cassidy mampu naik di atas lemari es yang tinggi (seakan-akan bisa terbang), atau karpet dan tirai yang nampak bekas terbakar. Namun puncaknya pada perayaan ulang tahun Cassidy, ketika Rachel sedang dalam kondisi kebingungan dan jengkel akibat tingkah Kevin yang mendadak ‘menghilang’ tanpa bisa dihubungi dimana pun. Pesta yang berusaha keras diadakan dengan bantuan Constance, sahabatnya, berakhir dengan bencana ketika Cassidy meniup lilin di atas kue ulang tahunnya – karena yang muncul justru api besar, menimbulkan kebakaran dan kepanikan.

Kejadian ini pun tetap tidak menggoyahkan pemikiran Rachel bahwa ada sesuatu yang ‘salah’ dengan putranya. Hanya Constance yang kini telah menerima penuh berkat sebagai seorang Prophet, mampu melihat ‘sesuatu’ pada diri bocah lucu tersebut. Kejadian ini disusul dengan munculnya sosok menarik – pria yang merupakan gabungan antara sosok dewa yang menawan sekaligus aura berbahaya. Pria yang bernama Sam ini memang merupakan gabungan antara malaikat dan iblis, karena ia termasuk ‘malaikat-terbuang’ (fallen-angel), yang menderita hukuman berat dari Tuhan saat sayapnya dicabut karena melanggar perintah-Nya, demi melindungi nyawa seorang wanita dengan bayinya (ternyata Tuhan memang memiliki alasan kuat untuk perintah pembunuhan tersebut, yang dijelaskan pada akhir kisah).

Sam kini memilih menjadi pemburu bayaran yang mencari Setan-Setan yang melarikan diri dan berkeliaran di bumi. Salah satunya adalah Setan Kemalasan, yang diketahui menyusup dalam wujud manusia bernama Kevin Farnworth. Ketika ia sedang memburu Setan Kemalasan, mendadak muncul campur-tangan Iblis dan para Demon. Nama salah satu Demon yang sangat terkenal dan diketahui dalam tahanan sepanjang masa : Azazel – akibat ulahnya menghamili sebanyak mungkin perawan cantik agar melahirkan bayi-bayi keturunan khusus yang akan dijadikan laskar melawan Tuhan dan Iblis. Azazel  merupakan malaikat terbuang dan dalam tahanan yang tak diketahui lokasinya, kecuali Setan Kemalasan yang secara kebetulan mengetahui lokasi tersebut. Maka tak heran jika kediaman Rachel mendadak dikunjungi ‘manusia-manusia aneh’ – perwujudan Demon yang menyamar dan malaikat terbuang yang alih profesi sebagai pemburu Demon.

Buku ke-2 seri Demon ini jauh lebih seru dan sangat lucu. Sosok Sam yang terus terang mengingatkan kisah ‘City of Angels” (walau gambaran tentang Sam jauh lebih keren dibandingkan sosok Nicholas Cage), sangat asyik untuk disimak, kala ia yang senantiasa tangguh dan dingin, kelabakan menghadapi Rachel yang berapi-api dan tak kenal takut, bahkan nyaris selalu berada di depan bahaya besar. Selain itu, muncul ‘kawan-lama’ dari buku pertama, masih ingat dengan Frank – malaikat pelindung berwujud anjing buldog Prancis yang membantu Constance ? Kini ia telah naik pangkat jadi berhak memperoleh sayap. Tetapi sebagai newbie malaikat, ia masih harus ‘magang’ sebagai pengawas didampingi mentor bernama Si Gabriel Juga (bukan Gabriel yang terkenal, makanya ada embel-embel ‘Juga’ dibelakang namanya). Tingkah laku kedua malaikat ini mirip duo Agen T & J dari The Man In Black (dibintangi Tommy Lee Jones dan Will Smith) – so pasti selalu ribut demi menuntaskan sebuah misi.

Jika dalam buku pertama muncul Pastur Daniels yang ahli senjata dan pertempuran ala Rambo, kini ia kembali muncul akibat permintaan Constance yang kewalahan menjaga Cassidy (bocah ini memiliki kemampuan ajaib yang berkembang secara cepat, mirip mutan deh, mengingat ia blasteran manusia dan Iblis). Sementara Rachel bersama Sam mengejar Kevin, dibantu dengan Nathan Garrett, maka kisah semakin menegangkan dan seru abis kala pertempuran besar melawan laskar Azazel yang terdiri dari bayi-bayinya (sekedar info, hasil hubungan manusia dengan malaikat terbuang akan melahirkan makhluk Demon raksasa, mirip kisah bangsa Titan deh, akibatnya banyak wanita yang hamil dan melahirkan secara kilat langsung tewas), meski masih bayi tapi raksasa lho ... bayangkan klo lagi buang hajat – wuihhh. Mobil truk bisa disangka mainan, diangkat, dikocok-kocok, dilempar atau lebih parah, diduduki sampai penyet.

Sam yang anti Demon, sampai harus meminta bantuan Marcus – Kepala Demon yang menguasai sarang Demon di kota Dogwood, gara-gara Pasukan Khusus Malaikat Terkuat (PMKT) – tempat Sam dulu bertugas, menolak untuk ikut campur meski nyawa manusia tak bersalah bisa menjadi taruhannya. Nah, berhasilkah mereka memenangkan pertempuran, kolaborasi antara malaikat terbuang-pasukan Demon-manusia melawan Demon terkuat serta laskarnya, di kala sang Iblis akhirnya turun tangan untuk ‘meramaikan’ suasana ? Dijamin kisah ini bikin gregetan saking serunya, plus aneka anekdot yang bikin gemas saking gelinya (misal, mengapa tuhan menitahkan Abraham mengorbankan putranya ... ternyata itu kesalahan Malaikat Pengawas yang teledor, tidur saat rapat pengarahan, aslinya cuman kambing yang harus dikorbankan, untung Tuhan memiliki kemampuan ‘menghidupkan’ manusia mati hahaha #duh)

[ more about the author and related works, just check at here : Cara Lockwood | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
37th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...