Translate

Monday, March 31, 2014

Books "EMMY & THE INCREDIBLE SHRINKING RAT"

Books “EMMY & TIKUS PENCIUT YANG MENAKJUBKAN”
Judul Asli : EMMY & THE INCREDIBLE SHRINKING RAT
[ book 1 of EMMY Series ]
Copyright © Lynne Jonnel, 2007
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Maria M. Lubis
Editor : Jia Effendie & Ida Wajdi
Lay-out : Enjang Gunawan
Desain & ilustrasi sampul : www.lalabohang.wordpress.com
Cetakan I : Juni 2010 ; 342 hlm ; ISBN 978-979-1411-96-7
Rate : 4 of 5 

Emmaline ‘Emmy’ Addison selalu melakukan semua hal dengan baik, bahkan terlalu baik. Nilai-nilainya selalu bagus, PR-nya selalu dikerjakan sebelum waktunya, menghabiskan makanan termasuk sayuran yang sangat menjijikan, membiarkan anak lain menyerobot antriannya atau mengganggu dirinya, tanpa pernah mengadu kepada sang guru. Namun tiada seorang pun memperhatikan dirinya, seringkali gurunya bahkan melupakan atau tidak ‘melihat’ dirinya saat absensi. Padahal keinginan Emmy hanya satu, menarik perhatian kedua orang tuanya, yang selalu bepergian ke luar negeri, tak pernah membalas satu pun surat-surat yang dikirim oleh Emmy. Seakan-akan bagi dunia sekelilingnya, Emmy tidak pernah ada. Kecuali sang pengasuh, Miss Barmy yang selalu mengingatkan Emmy untuk ‘tidak-pernah-puas-diri’ dalam mencapai sesuatu yang lebih tinggi, kesehariaan kehidupan Emmy sangat datar, menjemuhkan dan menyedihkan.



Hingga suatu hari, Emmy ‘berbicara’ dengan seekor tikus yang selama ini menjadi peliharaan di kelasnya. Tikus ini bukanlah sosok yang baik ataupun ramah. Ia sering mencela perbuatan ‘baik’ Emmy, dan mendorong gadis ini untuk berbuat ‘jahat’ membalas perlakuan dan ketidak-adilan yang ia alami. Perkenalan dengan sang Tikus yang diberi nama Ratty ini mendorong Emmy pada sebuah petualangan seru nan menegangkan. Menyangkut sebuah eksperimen yang melibatkan kawanan tikus dan juga manusia. Emmy dibantu dengan Joe – teman sekolahnya yang nakal, namun sangat pemberani (hingga ia menjadi salah satu korban akibat gigitan Ratty yang sebenarnya tikus percobaan yang melarikan diri). Emmy harus segera menemukan jalan keluar dari buruan Profesor Voltare yang mengerikan. Bukan saja untuk menyelamatkan Ratty dan Joe, tetapi juga mengembalikan kedua orang tuanya dari pengaruh ‘racun-aneh’ yang membuat mereka melupakan Emmy, putri tunggal mereka dan selalu bepergian keluar negeri selama berbulan-bulan.
“Tindakan paling jahat di dunia, adalah mengabaikan seseorang. Itu membuat seseorang merasa bahwa dia tidak benar-benar ada.” [ p. 17 ]
Ini adalah salah satu kisah fantasi yang menarik, sedikit banyak mengingatkan diriku akan kisah The Witches karya Roald Dahl serta I Was A Rat! Karya Phillip Pullman. Saat kaum dewasa tak menyadari ada ‘sesuatu’ yang janggal terjadi pada orang-orang tertentu, maka hanya anak-anak yang mampu melihat saat ‘sihir-jahat’ berupa hasil eksperimen yang keji, muncul ditengah-tengah masyarakat. Dan justru karena dianggap masih kanak-kanak, acapkali ucapan mereka tak dipedulikan. Bagaimana kedua orang tua Emmy, guru hingga psikolognya lebih mempercayai perkataan Miss Barmy – sang pengasuh, yang justru merupakan dalang dibalik semua penderitaan dalam kehidupan Emmy ? Atau hanya anak-anak dengan pikiran terbuka yang mampu mendengarkan ‘suara hewan’ terutama saat suatu kebenaran yang diucapkan. Terlepas dari ilustrasi sampul depan yang berkesan ke-kanak-kanakan, kisah ini termasuk cukup serius dari sekedar dongeng hiburan belaka, dan memiliki kesan serta pesan yang cukup dalam sepanjang kisahnya.

[ more about this author & related works, just check at here : Lynne Jonell | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
17th Book in What’s A Name Challenge
22th Book in Finding New Author Challenge
66th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...