Translate

Wednesday, March 19, 2014

Books "THE LAST SIEGE"

Books “PENGEPUNGAN TERAKHIR”
Judul Asli : THE LAST SIEGE
by Jonathan Stroud
Copyright © 2006 by Jonathan Stroud
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ribkah Sukito
Editor : Primadonna Angela
Desain & Ilustrasi Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Oktober 2011 ; 288 hlm ; ISBN 978-979-22-7611-4
Rate : 3 of 5

Sebagai penggemar karya Jonathan Stroud, buku ini langsung menarik perhatianku, terutama desain sampul yang menarik dan ‘eye-catching’ disertai tema penjelajahan dalam kastil kuno ... historical meet fantasy – two favorite subject I could not resist. Maka dengan ekspektasi tinggi, ku-telaah dan kulahap kisah ini secepat kilat. Dan hasilnya, well – it mixed between two separated ways : interesting and dissapointed at the same time. But first, let me gave you a little-bit tour inside the castle.



Dimulai dengan keisengan beberapa remaja yang bermain di wilayah Castle Field – sebuah kastil kuno yang nyaris runtuh dan masih menjadi obyek pariwisata bagi beberapa turis atau penduduk yang ingin melakukan tur keliling. Keberadaan kastil yang sangat perlu direnovasi disertai larangan untuk masuk, plus penjaga yang galak, justru memicu rasa penasaran dan kenakalan sebagian remaja untuk menyusup diam-diam ke dalamnya. Salah satu dari mereka adalah Emily, Simon dan Marcus, tiga remaja yang bertemu secara kebetulan dan tertarik untuk melakukan petualangan kecil menelusuri bagian dalam kastil.

Dari sekedar ‘penyusupan-singkat’ – terbentik sebuah ide, akan sangat mengasyikkan jika mereka bisa bermalam secara diam-diam di dalam kastil. Sebuah rencana dibentuk dan ketika akhirnya mereka bertiga berhasil menyusup kembali untuk melakukan aksi petualangan seru, semuanya terasa sangat menarik dan menegangkan, hingga keesokkan hari mereka bertiga kelelahan dan kurang tidur, Emily bahkan terserang penyakit flu, membuat mereka bertiga berpisah selama beberapa hari untuk mengenang petualangan kecil mereka. Tiada alasan khusus bahwa mereka harus bertemu kembali, apalagi sebelumnya mereka nyaris tidak saling mengenal, terutama Marcus yang tinggal di wilayah lain.

Tanpa direncanakan atau diduga, Emily, Simon dan Marcus, akhirnya terseret pada daya tarik kastil dan bertemu kembali dalam petualangan yang mengerikan di dalam kastil. Petualangan yang melibatkan penyerbuan oleh pihak kepolisian, pemadam kebakaran dan dinas sosial. Marcus yang selalu memimpikan dan bercerita tentang kehidupan kastil pada jaman dahulu, bagaimana bangsawan Hugo – pemilik kastil mempertahankan diri dari serangan Raja John di dalam kastil selama berbulan-bulan, memimpin kedua temannya untuk ‘mempertahankan-diri’ di dalam kastil dan menyerang siapa saja yang berusaha menyusup atau mengusik keberadaan mereka. Sanggupkah ketiga bocah remaja melawan pasukan orang-orang dewasa yang menyerbu kastil dengan kekuatan penuh ?

Dari garis besar yang mampu kurangkum, kisah ini menjanjikan adegan seru nan menegangkan, yang memang merupakan salah satu daya tarik sepanjang kisah ini. Ibarat membaca karya Enid Blyton seri Petualangan (kisah sekawanan remaja yang terlibat dalam kegiatan spionase) disertai sekelumit sejarah masa lalu seputar kastil dan para penghuni, tak pelak kisah ini layak mendapat pujian khusus. Satu-satunya hal yang mengurangi ‘nilai-plus’ adalah ending yang terus terang cukup mengecewakan. Seakan-akan semua kegiatan seru, hanya sekedar permainan ‘bocah’ belaka yang akhirnya harus usai pada waktunya. Kesan melodrama dan konflik psikologis, justru lebih kuat menjadi tema kisah ini, dibandingkan petualangan ataupun fantasi yang muncul (yang nyaris tidak terlihat sepanjang kisah ini).

[ more about this author & related works, just check at here : Jonathan Stroud | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
51th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...