Translate

Wednesday, March 19, 2014

Books "HEROES OF THE VALLEY"

Books “SANG PAHLAWAN”
Judul Asli : HEROES OF THE VALLEY
by Jonathan Stroud
Copyright © 2009 by Jonathan Stroud
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Editor : Dini Pandia
Desain Sampul : Martin Dima (martin_twenty1@yahoo.co.id)
Cetakan I : April 2011 ; 488 hlm ; ISBN 978-979-22-6959-8
Rate : 4 of 5

Satu lagi karya Jonathan Stroud yang menarik minat dan perhatianku. Kali ini beliau mengusung tema kehidupan bangsa Viking (atau setidaknya mirip bangsa tersebut), dimana legenda dan mitos menjadi sumber keyakinan yang mampu mempengaruhi masyarakat sekitar, ketakutan akan pelanggaran yang akan membawa kutukan mengerikan hingga kematian yang menyedihkan.

Halli adalah putra bungsu dari Arnkel dan Astrid – Penguasa & Penegak Hukum Klan Svein yang tersohor. Sebagai putra bungsu, ia tak memiliki tanggung jawab dan perhatian khusus dari kedua orang tua maupun penduduk Klan Svein. Namun Halli tetap menarik perhatian karena tingkah-lakunya yang selalu mengundang ‘keributan’ dan berakhir pada ‘malapetaka’di sekitarnya.



Dibandingkan Leif – putra tertua dan ahli waris, serta Gudny – gadis cantik dan menarik, kakak Halli, keduanya memiliki fisik menawan sebagai keturunan Svein, namun Halli justru sangat berbeda. Bukan hanya secara fisik, pola pikir Halli selalu dipenuhi dengan keinginan untuk berpetualangan dan menjadi pahlawan sebagaimana leluhurnya Svein Yang Agung, namun ia selalu diberi tugas untuk bertani dan mengerjakan tugas-tugas harian membosankan. Maka jika Halli berusaha mencari cara untuk mengusir rasa jemunya, bisa dipastikan dalam waktu singkat akan muncul keributan.

Legenda perjuangan 12 Klan Pahlawan dalam mempertahankan wilayah mereka dari kaum Trow, merupakan kisah favorit yang senantiasa memenuhi benak Halli. Pertempuran Batu yang menandai wilayah batas kekuasaan Klan Svein, merupakan bukti sekaligus monumen dimana para pahlawan tewas dengan gagah berani membasmi kawanan Trow, dan kini kekuatan mereka menjadi pelindung kaumnya, asalkan tidak satu pun manusia melanggar perintah dengan melewati makam batu yang menjadi pagar pembatas wilayah Svein dengan dunia luar.

Semua legenda itu ibarat ‘agama’ dan ‘hukum’ yang selalu dipatuhi oleh masyarakat. Hingga suatu saat, kedamaian dan ketenangan terusik, dimulai dari keisengan Halli mengerjai Ragnar – putra Hord, Penguasa Hukum Klan Hakon, yang berbuntut pada perkelahian dan pembunuhan terhadap Brodir – adik Arnkel yang juga dianggap sebagai kambing hitam keluarga mereka. Meski demikian, Brodir merupakan paman kesayangan Halli, karena kegemaran mereka berdua yang nyaris serupa, menyukai tantangan dan petualangan.

Kematian Brodir yang bisa berdampak pada pecahnya Perang antar Klan, sesuatu yang ditakuti dan dihindari sebisa mungkin oleh para Penegak Hukum dari ke-12 Klan, membawa pada pembicaaan dan negosiasi berdasarkan undang-undang Hukum yang berlaku. Namun Halli tidak sudi menunggu, ia melarikan diri meninggalkan Klan Svein yang menjadi tempat bernaung selama hidupnya, menjelajahi wilayah asing dan tak dikenal, untuk membalas dendam pada para pembunuh Brodir : Penguasa dan Penegak Hukum Klan Hakon beserta kerabatnya.

Berbekal semangat tinggi dan tekad bulat, Halli menempuh perjalanan jauh mencari kediaman Klan Hakon. Sayangnya semua bayangan tentang petualangan yang seru dan menyenangkan, harus pupus dalam waktu singkat, ketika Halli menyadari sebuah kenyataan pahit, bahwa kehidupan di dunia luar ternyata sangat keras dan menakutkan, terutama bagi pemuda tanpa pengalaman atau pengetahuan sedikit pun. Mulai dari perampok hingga hewan-hewan liar yang cukup buas, ada sepanjang perjalanan.

Kesulitan mencari penginapan bahkan makanan yang layak, ketika semua bekalnya hilang dan lenyap. Halli sang Pahlawan gagah berani akhirnya menjadi pengembara terlunta-lunta, kelaparan dan berpenampilan bak pengemis jalanan. Ia bahkan diburu oleh Klan lain karena dituduh sebagai pembunuh. Bahkan ketika akhirnya ia mampu berhadapan dengan sosok yang diburu sekian lamanya, ia tak mampu mengangkat pedang untuk menghabisi nyawanya.

Perjalanan panjang nan berat yang dilaluinya, merubah pandangan dan perspektif Halli, bahkan di luar sana, terdapat dunia yang sangat luas dan tak diketahui keberadaannya, melebihi kehidupan di dalam komunitas Klan Svein atau gabungan dari 12 Klan. Didampingi oleh Aud – putri tunggal Ulfar (Penegak Hukum Klan Arne), gadis yang lincah sekaligus tomboi, pemberani sekaligus ahli bertempur yang sangat cerdas, Halli menempuh perjalanan lain untuk membuktikan keyakinan baru yang ia peroleh, tentang kebenaran dan fakta dibalik Legenda Pahlawan dari 12 Klan yang selalu didengungkan secara turun temurun dan menjadi sumber keyakinan utama masyarakat. Namun kini Halli tidak lagi yakin tentang kebenaran kisah tersebut ...

Kisah ini mau tidak mau mengingatkan akan perjalanan karakter Richard M dalam ‘Neverwhere’ karya Neil Gaiman. Halli yang merasa ‘serba-tahu’ dan sedikit merendahkan minat Kaum Svein, mendapati bahwa apa yang ia miliki ternyata sangat kecil bahkan nyaris tidak berarti di dunia luar wilayah Svein. Ibarat pepatah bagai katak dalam tempurung, akhirnya karakter Halli mampu menepis keragu-raguan dan rasa takut dalam dirinya, dengan membulatkan tekad untuk maju menyongsong masa depan (meski tidak ada bayangan sekecil apapun di benaknya) alih-alih berdiam diri atau mengurung ‘mimpi’ dalam batasan-batasan yang dibentuk oleh aturan turun menurun. Pesan moral yang kutangkap, beranilah bermimpi lebih dan mengambil resiko keluar dari zona kenyamanan, demi mewujudkan kebenaran jati diri masing-masing.

[ more about this author & related works, just check at here : Jonathan Stroud | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
46th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...