Translate

Friday, April 25, 2014

Books "THE CANDYMAKERS"

Books “PARA PEMBUAT PERMEN”
Judul Asli : THE CANDYMAKERS
Copyright © 2010 by Wendy Mass
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Maria M. Lubis
Editor : Jia Effendie
Proof Reader : Fenty Nadia
Lay-out : Husni Kamal
Desain & Ilustrasi Sampul : Atita Dwi Indarty
Cetakan I : Juli 2011 ; 556 hlm ; ISBN 978-979-024-482-5
Rate : 5 of 5

Pabrik permen LIFE IS SWEET sangat dikenal oleh anak-anak serta pecinta permen di Region Tiga, maka tak heran ketika diumumkan bahwa tempat tersebut terpilih menjadi salah satu lokasi untuk kompetisi membuat permen terbaik di dunia, banyak sekali calon peserta yang berminat dan mendaftarkan diri. Namun pada akhirnya terpilih empat orang anak berusia 12 tahun, mewakili Region Tiga dalam ajang kompetisi Internasional ini.

Miles O’Leary, Daisy Carpenter, Philip Ransford III dan Logan Sweet, empat orang anak yang diundang khusus memasuki bagian dalam pabrik Life Is Sweet, untuk mempersiapkan permen ciptaan masing-masing yang akan diikutsertakan dalam kompetisi. Empat orang anak yang memiliki sifat dan karakter berbeda-beda ini, menjelajahi dunia impian, melihat langsung proses pembuatan permen yang unik, menarik, menyenangkan dan menggiurkan, untuk memperoleh pemahaman lebih detil bagaimana cara membuat sebuah permen yang luar biasa.



Miles, bocah yang bertubuh kecil dan senantiasa membawa ransel besar dipunggungnya, selalu melontarkan aneka pertanyaan dan menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kematian. Philip, jelas terlihat dari keluarga terpandang, namun pembawaannya yang angkuh, sombong dan selalu ‘menghina’ orang-orang disekelilingnya, langsung saja tak disukai oleh Miles dan Daisy. Daisy – satu-satunya gadis yang terpilih, memiliki sifat pemberani dan blak-blakan, sekaligus sangat periang, tak heran jika ia segera menjadi akrab dengan siapa saja. Logan Sweet – putra tunggal pemilik pabrik Life Is Sweet, bocah unik yang ramah dan sangat meyukai kehidupannya seputar dunia pembuatan permen.

Sekilas, ke-4 bocah ini tampak bagai anak-anak normal berusia 12 tahun, namun dibalik semua tampilan dan ekspresi yang tampak polos, masing-masing menyimpan sebuah rahasia tentang tujuan sebenarnya, mengapa mereka berada dalam kompetisi tersebut. Tatkala mereka mulai disibukkan dengan aneka percobaan untuk menghasilkan permen yang akan memenangkan hadiah utama, sedikit demi sedikit hubungan yang terjalin antar mereka, mulai menunjukkan jati diri sebenarnya. Dari persaingan untuk memperebutkan posisi juara pertama, pada akhirnya masing-masing dari mereka, harus memutuskan, mana yang akan dilakukan ... meneruskan tujuan awal masing-masing, atau beralih bersatu-padu menggalang kekuatan dan kecerdasan untuk menyelamatkan sesuatu yang jauh lebih berharga dibandingkan kepentingan pribadi.

~ Draft ilustrasi awal cover ~ [ source ]
Awalnya kukira ini merupakan tipikal cerita anak-anak yang penuh dengan petualangan menarik, ternyata hingga menjelang akhir, sebuah kepuasan tersendiri mendapati kisah yang cukup kompleks sekaligus menyentuh, melalui karakter bocah-bocah berusia 12 tahun. Dari sebuah kompetisi untuk mencari pembuat permen yang sama sekali baru dan menarik minat para penggemarnya, kisah ini dibuka dengan prolog serta alur kisah yang dipandang dari setiap sudut pandang para karakter utama kisah ini. Dari sini, kita akan mengetahui, pemikiran, sifat, karakter serta latar belakang masing-masing. Diawali dengan Logan Sweet – bocah yang selalu tampil riang dan sangat menyenangkan, disayangi oleh semua orang yang hidup dan bekerja di pabrik tersebut. Seiring dengan perkembangan kisah, akan diketahui bahwa Logan bukan ‘bocah-normal’, demikian pula dengan Daisy, Philip dan Miles.

Masing-masing pernah mengalami peristiwa traumatik di masa lalu yang menyebabkan perubahan dalam kehidupan di masa depan masing-masing. Dan yang membuat kissh ini semakin menarik sekaligus menegangkan, tragedi atau peristiwa di masa lalu tersebut, ternyata berhubungan satu sama lain, tanpa pernah mereka sadari. Sebuah dendam kesumat selama bertahun-tahun, akhirnya berubah drastis tatkala kebenaran muncul di hadapannya. Phobia yang muncul akibat episode traumatik, akhirnya menemukan jawaban dibalik selubung misteri yang menjadi sumber ketakutan selama bertahun-tahun. Dan ambisi untuk menjadi mata-mata no.1 akhirnya berbenturan dengan hati nurani, manakah yang harus dipilih.

~ Draft Final ilustrasi cover ~ [ source ]
Sebuah kisah yang sarat dengan kombinasi menarik, mulai dari penjabaran dunia penuh fantasi dan imajinasi tentang pabrik permen yang asyik (mengingatkan diriku akan kisah Charlie & The Chocolate Factory karya Roald Dahl), misteri tentang rahasia yang disimpan dalam pabrik, dan juga rahasia yang tersimpan dalam hati ke-4 bocah ini, ketegangan dan kelucuan yang tampil silih berganti, menjadi satu paket bacaan yang layak untuk direkomendasikan bagi penikmat buku, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Jangan terkecoh dengan desain sampul edisi terjemahan yang berkesan kekanak-kanakan, karena kisah ini luar biasa untuk dianggap sebagai bacaan anak kecil (^_^) 

Favorite Quote :
“Mengapa kau sangat menyukai buku ?” “Kau tidak pernah tahu apa yang akan kau ketahui saat membuka sebuah buku. Dan jika isinya adalah suatu cerita, kau akan tenggelam ke dalamnya. Kemudian, kau akan tinggal di sana beberapa saat, bukannya – kau tahu – tinggal di sini.” [ ~ Logan & Miles | p. 146 ]
[ more about this author and related works, just check at here : Wendy Mass | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
28th Book in Finding New Author Challenge
85th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...