Translate

Monday, June 16, 2014

Books "FIRELIGHT"

Books “FIRELIGHT”
Judul Asli : FIRELIGHT
[ book 1 of FIRELIGHT Series ]
by Sophie Jordan
Copyright © by Sharie Kohler, 2010
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Ferry Halim
Editor : Ida Wajdi
Lay-out : Aniza
Desain & Ilustrasi Sampul : Indra Bayu
Cetakan I : April 2011 ; 426 hlm ; ISBN 978-979-024-475-7
Rate : 3.5 of 5
Kalau kau sudah pernah mencicipi rasanya terbang, maka kau selamanya akan menapaki bumi dengan mata terpaku pada langit, karena kau pernah berada di atas sana, dan ke sanalah kau akan selalu mendamba untuk kembali __ Leonardo da Vinci
Berbagai kisah dongeng maupun fantasi yang mengangkat tema sosok makhluk magis yang menjadi simbol mitos di berbagai kebudayaan bangsa-bangsa, sosok Naga yang perkasa. Namun baru kali ini diriku membaca perpaduan antara Naga dan manusia, bukan secara simbolik melainkan dalam wujud fisik ... yang diutarakan oleh sang penulis dalam serial Firelight ini.

Konon, saat manusia dan makhluk lain berlomba-lomba memburu Naga, hingga kaum mereka secara perlahan namun pasti mengalami kepunahan. Sebuah rencana demi menjaga kelangsungan hidup kaum ini, dengan menjalin hubungan yang lebih erat antara manusia dan Naga, maka lahirlah Kaum Draki – manusia keturunan Naga, hasil dari perpaduan dua makhluk yang berbeda.



Sebagai leluhur mereka, Draki memiliki jenis yang berbeda-beda, ada Draki Air, Draki Phaser, Draki Onyx, Draki Visiokriptor yang mampu menyamarkan penglihatan. Namun Jacinda justru memiliki kemampuan langka sebagai Draki Penyembur Api, yang juga dikenal sebagai Firelight – jenis yang sudah punah sekian lama. Dan hal ini yang senantiasa mengusik hati Jacinda, karena bakat dan kemampuannya ini justru membawa ketidak-bahagiaan dalam kehidupannya.

Bertentangan dengan kemauannya, Jacinda dipasangkan dengan Cassian – putra Severin, pemimpin kelompok Draki, dan semenjak itu kebebasannya terenggut sedikit demi sedikit. Kala ayah tercinta menghilang tanpa jejak, akhirnya dianggap meninggal di tangan pemburu, hidup bersama sang ibu serta saudara kembarnya, Tamra, tak lagi membuat Jacinda betah bersama-sama keluarganya. Kemudian terjadilah peristiwa yang merubah total bayangan masa depan Jacinda.

Saat menyelinap keluar bersama sahabatnya Azure, berubah wujud menjadi sosok Naga yang bermain-main di alam bebas, ia terperangkap oleh kawanan manusia pemburu. Nyaris tertangkap, anehnya pemuda yang menemukan dirinya, manusia menawan bernama Will, justru melepaskan dirinya. Bahaya berlalu untuk digantikan bahaya lainnya. Keselamatan Jacinda terancam oleh rencana Kaumnya, membuat sang ibu bertekad bulat melarikan diri bersama kedua putrinya, hidup jauh dari kelompok draki, berusaha membaur di kalangan manusia.

Mereka melarikan diri dan menetap di kota Chaparral – yang terletak di tengah gurun, 150 km dari kota Las Vegas. Iklim yang kering dan gersang ini tak cocok bagi kehidupan draki, namun sang ibu dan Tamra – saudara kembar Jacinda yang sama sekali tidak memiliki kemampuan sebagai draki, ini adalah situasi yang tepat bagi mereka. Sedangkan Jacinda, ia sangat merindukan suasana dan kebiasaan kelompoknya, sesama draki. Dan kini ia harus menyesuaikan kehidupan baru sepenuhnya di kalangan manusia, seperti gadis remaja yang sibuk dengan urusan sekolah dan aktifitas lainnya.

Sayangnya, sekali lagi masalah baru muncul dalam hidupnya. Sosok pemuda bernama Will yang tertanam di dalam benaknya saat berwujud sebagai Naga, kini muncul di sekolahnya. Will Rutledge – pemuda populer serta sepupunya Xander dan Angus, terkenal karena keluarga mereka bukan saja kaya raya dan berpengaruh, melainkan juga tampan dan menarik perhatian para gadis. Namun Jacinda mengetahui kebenaran dibalik ketenaran mereka, sosok pemburu berdarah dingin yang senang membantai kaumnya.

Kondisi semakin memburuk kala Jacinda ‘bereaksi’ untuk berubah setiap kali berada di dekat Will. Anehnya Will juga merasakan ada sesuatu yang berbeda dengan gadis itu, walau ia tak pernah mengetahui wujud manusia Naga yang pernah ia lepaskan. Tatkala keduanya tak mampu menolak ‘magnet’ yang menarik mereka satu sama lain, aneka permasalahan baru muncul. Dari kondisi keluarga Rutledge yang merupakan pemburu dan pembasmi Naga, hingga Caspian yang tiba-tiba muncul, melacak jejak Jacinda. Apakah akan terjadi pertempuran besar-besaran kala rahasia tersebut terbongkar ?

Kisah tentang Naga selalu menarik perhatianku, walau untuk kali ini ada dua hal yang sedikit mengganjal seusai membacanya. Pertama, ternyata baru kuketahui ini merupakan sebuah serial (yang bisa dipastikan sulit dicari kelanjutannya), dan ending kisah dalam buku pertama ini mengundang rasa penasaran tingkat tinggi. Kedua, secara garis besar, ini lebih condong ke arah paranormal fantasy / paranormal romance, sehingga terus terang menurutku ‘terlalu’ banyak adegan ala ‘Twilighter’ karakter yang bikin gregretan ... yang membuatku juga sedikit ragu apakah berniat untuk melanjutkan kisah ini (-__-)

[ more about this author & elated works, just check at here : Sophie Jordan | on Goodreads | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
41th Book in Finding New Author Challenge
108th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...