Translate

Thursday, June 5, 2014

Books "VIOLET WINGS"

Books “VIOLET WINGS”
Judul Asli : VIOLET WINGS
[ book 1 of ZARIA TOURMALINE Series ]
Copyright © 2009 Victoria Hanley
Penerbit Ufuk Fiction / Fantasious
Alih Bahasa : Istiani Prajoko
Proofreader : Merry Riansyah
Desain Sampul : Apung Donggala – Ufukreatif Design
Lay-out & re-desain : Husni Kamal – Ufukreatif Design
Cetakan I : Maret 2012 ; 512 hlm ; ISBN 978-602-9346-35-0
Rate : 4 of 5

Tahukah dirimu bahwa semua dongeng tentang peri, kurcaci dan jin yang selama ini diceritakan, ternyata sama sekali tidak benar, bahwa kenyataan yang terjadi memang ada dunia lain di luar dunia manusia ... dan mereka ‘sengaja’ dibuat tak mampu melihat dunia lain demi kepentingan keamanan dan kedamaian kehidupan  di dunia masing-masing. Namun apa yang terjadi jika hal tersebut berubah, bahwa garis batas yang menghubungkan antar dunia terbuka lebar, memungkinkan siapa saja atau apa pun bebas melintasi dan menjelajahi keberadaan dunia-dunia yang berbeda ?



Syahdan Feyland adalah dunia dimana makhluk-makhluk yang dikatakan memiliki kemampuan supranatural atau sihir, tinggal dan menetap sepanjang sejarah keturunan mereka. Dan peraturan utama yang diketahui oleh para generasi muda, yang diturunkan oleh ketua dewan terhormat dan senantiasa didengungkan oleh kerabat serta leluhur masing-masing, agar para penghuninya tidak ‘berhubungan-langsung’ dengan manusia. Dunia manusia merupakan tempat terlarang dan sangat berbahaya bagi makhluk supranatural, sehingga walau mereka terkadang ‘berkunjung’ – keberadaannya harus tak diketahui alias ‘kasat-mata’.

Tyrfeyne – dimana Zaira Tourmaline tinggal sepanjang hidupnya, juga memiliki aturan tersebut. Dan pada usianya ke-14, dimana seluruh kaum remaja Feyland (terutama kaum peri) dinyatakan layak untuk menerima tongkat sihir serta pembelajaran lebih lanjut, kunjungan ke Bumi atau dunia manusia adalah salah satu yang ditunggu-tunggu olehnya, demikian pula dengan rombongan teman-teman seusianya. Zaira memiliki ikatan khusus dengan dunia terlarang itu, karena disanalah kedua orang tua serta kakaknya menghilang dan dinyatakan tewas saat ia baru berusia 9 tahun.

Dibesarkan dan dirawat oleh guru serta sahabat orang tuanya, Beryl Danburite yang sangat memegang teguh adat istiadat serta peraturan, Zaria tak pernah menduga hidupnya akan berubah drastis dalam waktu singkat. Dari perjalanan diam-diam menuju Bumi menemani sahabatnya Leona, disanalah ia mulai mengenal manusia, tepatnya seorang cowok bernama Sam serta adiknya Jenna yang ‘tanpa sengaja’ mampu melihat kehadiran dua peri ini. Pelanggaran yang mereka lakukan nyaris mendapat ‘hukuman berat’ dari Anggota Dewan.

Jika Leona mampu ‘lolos’ dengan mudah karena pengaruh keluarganya, maka Zaira mendapati dirinya dalam status yang sama sekali tak menyenangkan, terutama semenjak ia dimasukan sebagai anak didik Lily Morganite – anggota Dewan yang sangat berpengaruh dan terkenal. Anehnya, Zaira tidak menyukai bahkan merasa curiga dengan maksud Lily, dan hal tersebut terbukti saat wanita itu ‘mencoba’ untuk melalukan sihir yang dapat mengendalikan Zaria. Status dan kedudukan Lily memungkinkan dirinya melakukan apa saja tanpa menimbulkan kecurigaan.

Maka Zaria harus menemukan jalan keluar kala akhirnya ia seorang yang menyadari bahwa Lily Morganite menyembunyikan rahasia besar menyangkut nasib para peri serta sihir di Feyland. Namun mampukah Zaria seorang diri membuka kedok Lily, yang juga dicurigai berada dibalik ‘lenyapnya’ seluruh anggota keluarga Zaria ? Bagaimana ia, seorang gadis berusia 14 tahun, bisa menyelamatkan diri dari jebakan mematikan yang dirancang oleh Lily, memanfaatkan kendali sihir terhadap setiap orang di sekeliling Zaria, hingga satu demi satu mereka berbalik melawan dan menghancurkan Zaria ...

Terus terang awalnya kukira ini merupakan tipikal kisah fantasi romance antara peri dan manusia, terutama gara-gara desain sampul yang notabene tipikal cerita-cerita sejenis dugaanku. Ternyata sama sekali berbeda, dan mulai halaman pertama, diriku langsung suka dengan perjalanan sosok Zaria usaha menemukan jati dirinya, hingga mendapati bahwa masa lalu keluarganya tidak seperti yang selama ini ia ketahui. Dari sekedar menacritahu tentang kebenaran dibalik lenyapknya ayah, ibu serta kakaknya, ia juatru menemukan adanya konspirasi menyangkut sosok terkemuka dalam Dewan pemerintahan.

Hubungan persahabatan antara Zaria dengan ketiga orang peri lainnya, juga tak kalah menarik untuk disimak lebih jauh. Kala kedudukan dan status sosial keluarga mereka masing-masing membawa pada sebuah perbedaan nyata yang sangat lebar, dan berpotensi untuk memisahkan persahabatan mereka, ujian yang sangat berat hingga perlawanana mempertaruhkan nyawa masing-masing, membuktikan kekuatan dan keyakinan akan kebenaran. Penggambaran dunia peri dan dunia manusia, diskriminasi antar dunia yang dilakukan demi politik memecah belah dan mearih keuntungan pribadi, merupakan bonus tersendiri yang sekali lagi menggugah rasa penasaran sepanjang kisah ini. Semoga kelanjutan kisah ini akan diteruskan oleh penerbit Indonesia.

Tentang Penulis :
Victoria Hanley melakukan banyak perjalanan untuk mencari lokasi hotspot para peri. Dia bepergian dengan mobil, pesawat, bus, kereta api dan sepeda, hingga berjalan kaki. Sepanjang perjalanan itu, dia tinggal di California, Massachusetts, Winconsin, New Mexico, Oregon dan Colorado.novel-novelnya telah diterbitkan ke dalam sepuluh bahasa. Kantor pusat fantasinya kini terletak di Loveland, Colorado, di kaki Pegunungan Rocky Mountains – sebuah tempat yang selalu terbuka bagi para peri, jin, pixie, trolls, jembalang dan manusia.

[ more about the author & related works, just check at here : Victoria Hanley | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
37th Book in Finding New Author Challenge
100th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...