Translate

Thursday, July 31, 2014

Books "SPECIALS"

Books “SPECIALS”
Judul Asli : SPECIALS
[ book 3 of UGLIES Series ]
Copyright © 2006 by Scott Westerfeld
Penerbit Matahati
Alih Bahasa : Yunita Candra S.
Editor : Lulu Fitri Rahman
Proofreader : Tisa Anggraini
Desain sampul : vbi_djenggotten
Cetakan I : Agustus 2011 ; 392 hlm ; ISBN 978-602-85-9031-0
Rate : 3.5 of 5

~ WARNING : SNEAK PEEK ALERT !! ~

Tally Youngblood bukan lagi bagian dari kaum buruk rupa. Ia juga bukan merupakan bagian dari pemberontak Smoke yang musnah dihancurkan. Ia tak lagi sekedar kaum Rupawan Baru. Tally Youngblood kini adalah bagian dari Special Circumstances !! Dan sebagai agen dari kelompok Cutter yang dipimpin oleh Shay, mereka bertugas melacak para pemberontak Smoke Baru yang senantiasa berhasil menemukan cara untuk menyusup dalam lingkungan Kota Rupawan Baru. Pemerintahan serta para ilmuwan juga telah disingkirkan oleh agen-agen Special Circumstances dibawah pimpinan Dr. Cable. Ia bahkan memberikan wewenang khusus bagi kelompok Cutter untuk mengambil keputusan dan bertindak menghancurkan siapa saja yang menghalangi misi mereka. Kelompok Cutter merupakan anomali tersendiri, karena mereka memiliki penampilan fisik sebagai Rupawan namun tidak mengalami ‘hilang-ingatan’ bahkan memperoleh kekuatan super yang membuat mereka jauh lebih kuat, gesit, ahli bela diri serta memiliki daya tahan luar biasa saat menghadapi kondisi ekstrem.



Tally bekerja penuh semangat untuk memenuhi tuntutan Dr. Cable. Namun ada satu hal yang menjadi ganjalan dalam hatinya, kondisi Zane yang tidak ia ketahui secara pasti semenjak mereka ‘dibawa’ kembali ke Kota Rupawan Baru, kala kaum Smoke Baru tak mampu menolong Zane yang sekarat. Dr. Cable menjanjikan pemulihan kondisi Zane berkat ilmu pengetahuan dan tehnologi yang lebih maju. Tapi benarkah Zane telah pulih seperti sedia kala ? Dan bagaimana dengan David, yang samar-samar terkadang muncul dalam ingatan Tally. Seiring dengan perubahan total pada masyarakat, muncul pula aneka pemberontakan dan gerakan bawah tanah bukan saja dari kaum buruk rupa melainkan juga kelompok-kelompok rupawan yang telah terbuka ‘pikirannya’ – dipelopori oleh para mantan kelompok Crim. Ketika Tally berhadapan langsung dengan orang-orang yang pernah dekat dan menjadi sahabatnya ini, pihak manakah yang akan ia pilih dan keputusan apa yang ia ambil menyangkut nasib mereka serta dirinya ?

Kelanjutan kisah petualangan Tally Youngblood ini merupakan kisah yang kutunggu-tunggu terutama setelah episode yang menegangkan dan penuh intrik di buku kedua. Sayangnya, harapanku secara perlahan-lahan pupus sembari menelusuri halaman demi halaman. Bukan berarti kisah ini jelek, namun sama sekali diluar perkiraanku, karena alih-alih meneruskan konflik dan pengembangan dari situasi pembentukan lingkungan buatan yang berbeda-beda sepanjang kisah sebelumnya, topik tersebut tampaknya ‘ditutup’ dan lebih fokus pada konflik pribadi Tally seorang. Maka bisa kusimpulkan secara garis besar, serial ini berakhir dengan ending yang soooo tipikal distopia lainnya, berputar-putar pada kisah asmara tiga serangkai dan hanya menyisakan sedikit ruang bagi latar belakang serta konflik luar biasa yang susah payah dibangun sebelumnya ... *sigh* (and I was expecting something out of ordinary, something else about this series). Well, I’m just a reader not the writer. So in conclusion I’m only could gave an acceptable-response a.k.a 3 star for SPECIALS (that not so Specials for me).

[ more about this author & related works, just check at here : Scott Westerfeldon Goodreads | on Wikipedia | at Twitter  ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
174th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...