Translate

Monday, August 4, 2014

Books "EDGAR & ELLEN : RARE BEASTS"

Books “SI KEMBAR NAKAL : HEWAN LANGKA”
Judul Asli : EDGAR & ELLEN - RARE BEASTS
[ book 1 of EDGAR & ELLEN Series ]
by Charles Ogden
Illustrations by Rick Carton
Text & Illutrations copyright © 2003 by Star Farm Production, Inc.
Penerbit Matahati
Alih Bahasa : Febry E.S.
Editor : Eka Santi Sasono
Layout : CaderaDesign
Cetakan IV : Maret 2008 ; 160 hlm ; ISBN 978-979-1141-07-9-20
Rate : 3.5 of 5

Selamat Datang di Nod’s Limbs. Sebuah kota yang tidak kecil tapi juga tidak terlalu besar. Memiliki Sungai Deras yang sebenarnya tidak terlalu besar ataupun deras arusnya, lebih menyerupai selokan yang cukup lebar. Ada pula tempat-tempat bersejarah serat pusat perbelanjaan yang lumayan menarik. Namun hal yang benar-benar menjadi salah satu kebanggaan warga kota adalah tujuh jembatan yang khusus dibangun di atas Sungai Deras sehingga pengungjung yang datang ke kota maupun yang meninggalkan kota akan menelusuri lokasi-lokasi unik sepanjang kota. Di atas atap jembatan tertutup itu ditulis pula ucapan selamat datang dan selamat jalan yang seharusnya menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Hingga ada yang memiliki ide berbeda untuk mencantumkan ‘dekorasi’ tambahan pada jembatan tersebut.



Semua penduduk kota Nod’s Limbs tampak normal dan biasa layaknya penduduk kota yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil pula. Dengan perkecualian dua orang diantaranya, atau lebih tepatnya dua orang bocah berusia 12 tahun. Edgar dan Ellen, si kembar aneh yang kerap membuat ulah dengan ide-ide yang bertujuan menghilangkan rasa bosan dan hampir seluruhnya bisa dipastikan mencelakakan orang lain. Mereka tinggal di sebuah bangunan tua berupa menara tinggi di pinggiran kota, tepat di dekat lokasi pembuangan sampah dan pemakaman kota. Kedua orang tua mereka berpergian keluar negeri dan tak bisa dipastikan kapan akan kembali. Si kembar hidup berdua bersama Pet – sejenis hewan peliharaan yang memiliki rambut di sekujur tubuhnya dan sepasang bola mata kuning di bagian yang seharusnya kepala, serta Heimertz – penjaga taman dan rumah, satu-satunya manusia yang ditakuti oleh si kembar.

Edgar & Ellen selalu dapat dikenali karena penampilan mereka yang lusuh dan kumal, mengenakan sejenis piayama bergaris-garis yang telah alam pudar warnanya. Meski hidup hanya berdua, mereka tak pernah putus asa atau kehilangan akal. Seperti ketika membutuhkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, sebuah ide muncul untuk memperoleh uang dalam jumlah besar. Edgar & Ellen memutuskan untuk menjual hewan-hewan langka !! Ide ini membutuhkan hewan tentu saja, maka dalam waktu semalam mereka sibuk ‘menculik’ aneka hewan peliharaan para penghuni kota untuk ‘dirubah’ menjadi hewan langka dan tentu saja dijual dengan harga tinggi bagi para kolektor. Apakah ide ini akan berjalan dengan lancar ? Dan bagaimana reaksi penduduk kota Nod’s Limbs yang kehilangan hewan-hewan peliharaan mereka dalam waktu bersamaan ?

Membaca kisah Edgar & Ellen yang luar biasa nakal ini, membuat perasaan jengkel sekaligus geli campur-aduk jadi satu. Kenakalan si kembar yang dipertunjukkan oleh penulis bukanlah teladan yang patut dicontoh oleh anak-anak atau siapa pun juga. Namun tak dapat dipungkiri penulis mampu menggelitik rasa humor pembaca (termasuk diriku) sembari geleng-geleng kepala ... bisa-bisanya si kembar muncul dengan aneka ide yang absurb, cerdik sekaligus nekad. Di sisi lain, ada kesedihan membayangkan kehidupan dua bocah yang harus berusaha menemukan jalan keluar dari aneka permasalahan kehidupan sehari-hari, karena ketiadaan sosok orang tua atau panutan yang bisa memberikan arahan, perhatian dan kasih sayang bagia kedua bocah yang sangat cerdik ini. Daya tarik lain yang membuatku penasaran untuk berlanjut pada buku berikutnya, unsur misteri dan teka-teki yang menyelubungi kisah serta karakter yang terlibat di dalamnya, so let’s move-on the next sequels, shall we (^_^)

[ more about the author & related works, just check at here : Charles Ogden | Rick Carton | on Goodreads | on Wikipedia | Edgar & Ellen ( TV Series 2007 ) ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
49th Book in What’s A Name Challenge
182th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...