Translate

Friday, August 1, 2014

Books "SHIVER"

Books “BEKU”
Judul Asli : SHIVER
[ book 1 of  THE WOLVES OF MERCY FALLS Series ]
Copyright © 2009 by Maggie Stiefvater
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Caecilia Dian Pratiwi
Editor : E. Dian Anggraeni & Nina Andiana
Ilustrasi Sampul : Martin Dima
Cetakan I : September 2010 ; 432 hlm ; ISBN 978-979-2259-96-4
Rate : 3.5 of 5

~ WARNING : SPOILER ALERT !! ~

Aku jatuh cinta padanya pada musim panas, gadis musim panasku yang cantikDia tercipta dari musim panas, gadis musim panasku yang cantik Aku ingin sekali menghabiskan musim dingin dengan gadis musim panasku yang cantikTapi aku tak cukup hangat untuk gadis musim panasku yang cantik
Masa kecil Grace Brisbane tak dapat dikatakan cukup normal. Ia pernah hampir tewas dicabik-cabik segerombolan serigala saat bermain di halaman belakang rumahnya. Ia juga hampir celaka ketika sang ayah terlupakan akan putri cilik yang berada di bangku belakang mobilnya, terkurung dalam kendaraan yang tertutup rapat selama berjam-jam. Namun di luar perkiraan semua pihak, ia selamat !!



Dan kini ia menjalani kehidupan yang tampak normal dari penampilan luar, sehat dan aktif sebagaimana remaja seusianya, namun hanya Grace yang mengetahui bahwa kehidupannya tak pernah sama semenjak peristiwa masa kanak-kanak tersebut. Enam tahun setelah peristiwa itu terlupakan oleh hampir semua pihak, Grace menjalani kehidupan yang cukup sunyi, tanpa adanya perhatian dari kedua orang tuanya.

Mereka bukan orang tua yang buruk namun tak pernah menyadari bahwa putri tunggal mereka membutuhkan perhatian dan curahan kasih sayang yang berbeda dengan selama ini mereka lakukan. Grace terbiasa hidup mandiri, mengurus dirinya sendiri serta kebutuhan rumah tangga keluarganya semenjak usia dini, Ayah dan ibunya sibuk dengan kepentingan pribadi serta pergaulan sosial masing-masing, acapkali melupakan keberadaan Grace.

Satu-satunya yang cukup rutin dalam kehidupan gadis ini adalah persahabatan unik antara dirinya dengan seekor serigala bermata kuning yang telah menawan hatinya semenjak kejadian mengerikan yang menimpa dirinya semasa kecil. Serigala itu hanya muncul pada musim dingin yang panjang, dan kini, sebuah tragedi mengerikan terjadi di Mercy Falls, menyentak kembali ingatan masa silam pada diri Grace.

“Aku sendirian di dunia ini, tapi tidak cukup sendirian untuk bisa membuat setiap menit menjadi suci. Aku adalah makhluk rendah di dunia ini, tapi tak cukup rendah untuk menjadi milikmu, gelap dan hancur. Aku menginginkan tekadku dan aku ingin pergi bersama tekadku selagi tekad tersebut berubah menjadi tindakan. Dan aku ingin, pada  keheningan itu, yang entah bagaimana merupakan momen keraguan, bersama seseorang yang tahu, atau kalau tidak sendirian. Aku ingin merefleksikan segala sesuatu tentang dirimu, dan aku tidak pernah mau menjadi terlalu buta atau terlalu kuno untuk mempertahankan imaji samarmu yang begitu kuat. Aku ingin membuka diri. Aku tak ingin ditutup di tempat lain, karena di sana, ketika aku ditutup, aku adalah kebohongan.” [ ~ SHIVER | p. 225 ]
Salah satu teman sekolahnya, Jack Culpeper telah diserang oleh gerombolan serigaal dan diduga telah tewas karena tubuhnya tak pernah ditemukan. Sang ayah, Tom Culpeper, yang termasuk keluarga kaya di wilayah tersebut,  memiliki pengaruh besar sehingga ketika ia mengadakan perburuan untuk menghabisi gerombolan serigala liar itu, hampir sebagian besar penduduk ikut serta.

Dan ketika kegelapan mulai turun di wilayah Mercy Falls, disanalah Grace menemukan sosok yang selama ini senantiasa membayangi benaknya, sosok bermata kuning, tergeletak-terluka-tertembak peluru di belakang rumahnya. Hanya saja sosok ini berwujud seorang pemuda yang menawan. Ia bernama Samuel K. Roth asal Minnesota, salah satu korban gigitan serigala semasa kanak-kanak.

Semenjak itu ia mengalami transisi menjadi seekor serigala, terutama saat suhu udara turun berubah menjadi sangat dingin. Ia pula yang telah menyelamatkan Grace semasa kecil ketika diserang oleh gerombolan serigala lainnya. Semenjak itu, diantara keduanya terjalin hubungan yang tak dapat dijelaskan selama 6 tahun, hingga Sam muncul di hadapan Grace, terluka dan nyaris tak sadarkan diri.
Dunia kata hilang di antara yang hidup
Aku mengambil tempatku di antara mayat berjalanSuara yang selalu kuberikan diambil paksa
Ribuan kata untuk ketakutan tak bernama ini.
[ p. 346 ]
Grace menemukan satu-satunya hal yang menjadi perhatiannya sepenuh hati, terutama karena Sam sendiri telah memberikan ‘perkenalan’ batin selama enam tahun sebelumnya. Seiring dengan perkembangan waktu, Grace mencoba mencaritahu bagaimana proses perubahan Sam, dan apa yang bisa ia lakukan demi mempertahankan keberadaan Sam sebagai sosok manusia.

Cuaca buruk serta suhu udara dingin mencekam melanda kota tersebut, mengancam perubahan permanen pada diri Sam. Belum sempat keduanya menemukan solusi, muncul permasalahan baru. Jack Culpeper masih hidup dan telah berubah menjadi seekor serigala buas dan pemarah, yang mengancam keselamatan manusia lainnya. Sementara itu Sam juga bergulat dengan nuraninya, yang menolak untuk berada dalam posisi sebagai serigala.

Hal ini bertentangan dengan gerombolan serigala lain yang bangga dan menerima kondisi mereka. Salah satunya Shelby – gadis korban gigitan serigala yang terobsesi memiliki Sam sebagai pasangan hidupnya. Dan ia mengincar Grace sebagai saingan yang harus dilenyapkan. Apalagi semenjak Sam menolak menerima kenyataan bahwa masa depan bersama Grace adalah hal mustahil untuk mereka jalani bersama ...
Dan meninggalkanmu (tak ada kau untuk menguraikannya)
Kehidupanmu, penuh ketakutan, luas, dan sedang mekar,
Sehingga terkadang merasa frustasi, namun kadang memahami,
Terkadang hidupmu bagaikan batu didalam diri, namun berikutnya, menjadi bintang __Rilke
Di antara konflik-konflik tersebut, Grace berjuang untuk mempertahankan pemikiran serta rasa percaya diri Sam untuk bersama dirinya, sebagai manusia, bukannya menyerah kondisi dan menghilang dari kehidupan Grace. Akan tetapi kesulitan muncul dari berbagai sudut kehidupannya. Mulai dari serangan langsung oleh Shelby di dalam kediamannya.  Kecurigaan Isabel – adik Jack Culpeper, bahwa Grace terlibat dalam menghilangnya Jack.

Disusul menghilangnya Olivia – salah satu sahabatnya yang memiliki kegemaran fotografi, dimana salah satu proyek akhirnya adalah memotret kawanan serigala yang berkeliaran di kawasan hutan Mercy Falls. Bahkan ketidak-pedulian kedua orang tuanya selama ini, lebih terasa ketika orang-orang lain yang mulai dekat dengan dirinya, satu persatu menjauh atau menghilang tanpa jejak.

Dan hal terberat justru menjalani perpisahan walau hanya sejenak dari diri Sam, seperti ketika ia harus memilih untuk tetap masuk sekolah atau bersama dengan Sam. Karena jauh di dalam hatinya, Grace khawatir saat membayangkan kehidupan masa depan dirinya tanpa adanya Sam di sisinya. Keduanya, baik Sam dan Grace berusaha keras menikmati kebersamaan mereka, karena tiada yang tahu kapan saatnya Sam akan berubah menjadi seekor serigala kembali – Selamanya ...
“Mata ini akan tetap sama. Ingat itu saat kau melihatku. Ingat bahwa itu aku. Kumohon.” 
Kumohon jangan pergi
Terbawa kekosongan yang bergetar
Mengulurkan tanganku padamu
Kehilangan diriku kepada penyesalan dingin
Apakah cinta rapuh ini
Merupakan cara
Untuk mengatakan
Selamat tinggal

[ more about the author & related works, just check at here : Maggie Stiefvater | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
69th Book in Finding New Author Challenge
175th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...