Translate

Saturday, March 12, 2016

[ 2016 | Review #08 ] : "THE LOST HERO"

Judul Asli : THE LOST HERO
[ book 1 of THE HEROES OF OLYMPUS Series ]
Copyright © 2010 by Rick Riordan
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Reni Indardini
Editor : Tendy Yulianes
Proofreader : Ananta A.
Layout : elcreative
Ilustrasi Isi : Sweta Kartika
Desain Sampul : Altha Rivan (Al James)
Cetakan I :  Januari 2012 ; 592 hlm ; ISBN 978-979-433-653-3
Harga Normal : Rp. 79.000,-
Rate : 3 of 5

Tujuh blasteran akan menjawab panggilan.
Karena badai atau api, dunia akan terjungkal.
Sumpah yang ditepati hingga tarikan napas penghabisan,
Dan musuh panggul senjata menuju Pintu Ajal.

Perjalanan panjang Percy Jackson bersama rekan-rekan demigod dari Perkemahan Blasteran berakhir pada kisah ‘The Last Olympian’ namun penulis meninggalkan ‘pertunjuk’ bagi para penggemarnya melalui ‘ramalan’ yang dikeluarkan oleh Oracle Delphi baru : Rachel Elizabeth Dare – teman sekolah Percy yang sempat membuat ketegangan dalam hubungan antara Percy dan Annabeth. Tiada yang tahu apa sebenarnya ‘ramalan’ tersebut, dan sambil menunggu petunjuk yang lebih jelas, Perkemahan Blasteran kembali berkumpul dan berusaha memulihkan kondisi yang porak-poranda akibat perang besar memperjuangkan Olympus di kawasan Manhattan.


Namun buku pertama seri ini justru bukan tentang para demigod yang pernah kita kenal. Kisah dibuka tentang perjalanan Jason Grace, Piper McLean dan Leo Valdez – murid-murid Sekolah Alam Liar – sekolah asrama khusus anak-anak bermasalah di kawasan Battle Mountain, Nevada. Dalam perjalanan ‘wisata khusus’ yang dipimpin oleh Pelatih Hedge, rombongan ini mengalami peristiwa aneh yang menjadi awal mula petualangan tiga demigod baru yang akan menghuni Perkampungan Blasteran. Melalui sergapan menakutkan dari kawanan ventus – roh angin, yang akhirnya ‘menelan’ Pelatih Hedge, ketiga bocah ini berhasil diselamatkan oleh Annabeth dan Butch.

Uniknya, baik Jason, Piper maupun Leo, memiliki rahasia serta agenda tersendiri. Jason Grace merupakan kasus yang paling anhe, karena ia mengalami ‘amnesia berat’ yang tak mampu mengingat masa lalunya hingga ia mendadak ‘muncul’ di tengah rombongan Sekolah Alam Liar. Sedangkan Piper mengalami mimpi-mimpi buruk tentang makhluk yang mengancam keselamatan ayahnya, kecuali Piper bersedia melakukan perintah makhluk tersebut. Leo Valdez yang sama sekali tidak bisa diam dalam sekejab, senantiasa penuh keceriaan dan kadar humor tinggi, menyimpan masa lalu kelam yang telah membuat hatinya tertutup rapat.

Seiring perjalanan waktu, muncul ‘klaim’ dari para dewa-dewi yang menunjukkan keturunan siapa ketiga demigod baru ini. Leo Valdez dengan jari-jemari yang lincah dan bertangan dingin dalam menangani aneka peralatan, diakui sebagai putra Hephaestus – Dewa Api dan Pandai Besi. Piper yang berpenampilan ‘tomboi’ ternyata putri Dewi Aphrodite – Dewi Cinta, sedangkan Jason mendapati hilang ingatannya bukan karena terhapus melain sengaja ‘dicuri’ oleh sosok yang dikenal sebagai Dewi Juno / Hera. Situasi berubah menjadi pelik tatkala sebuah penampakan anah menyebutkan tentang kondisi Hera yang ditawan dan membutuhkan bantuan segera sebelumnya kekuatannya sepenuhnya lenyap.

Putra petir, waspadalah terhadap bumi,
Balas dendam para raksasa, tujuh pendekar pun lahir,
Palu besi dan merpati ‘kan patahkan sangkar,
Dan kematian pun terlepas dari murka Hera.

Misi khusus untuk membebaskan Hera merupakan teki-teki yang cukup pelik. Bukan saja hampir sebagian besar demigod, terutama Annabeth sangat tidak menyukai Hera, yang terkenal gemar ‘menyengsarakan’ keturunan putra-putri Zeus lainnya, tetapi juga keterpaksaan yang dialami Jason karena Hera / Juno memegang kunci untuk pemulihan ingatannya. Piper dihadapkan pada dilema untuk membantu teman-teman barunya, terutama Jason yang menempati tempat khusus di hatinya, namun ia juga dipaksa untuk berkhianat demi keselamatan nyawa ayahnya. Leo Valdez boleh jadi senantiasa berpenampilan cuek dan tidak memperdulikan siapa pun, namun jika ada yang menaruh dendam besar terhadap Hera / Juno, maka ia berada dibarisan terdepan.

Munculnya ketiga karakter baru yang juga menjadi tokoh utama sepanjang kisah ini, memberikan ‘angin segar’ yang tak kalah menarik dibandingkan petualangan Percy Jackson dkk. Dan tokoh yang menarik perhatianku justru sosok Leo Valdez – yang memberikan hiburan dan dipastikan memicu gelak tawa saat mengikuti sepak terjangnya yang hampir dipastikan tidak mengikuti aturan yang berlaku. Karakter Jason yang diselubungi tabir misteri, sudah bisa kuduga sebagai keturunan Zeus / Jupiter, namun pertalian saudara dengan Thalia Grace cukup mengejutkan, ditambah alasan sebenarnya mengapa Hera / Juno mencuri ingatan Jason. Di sisi lain keterlibatan Piper disini kurang terasa kuat selain sebagai pendamping setia Jason.

Jika sempat kusinggung, kisah ini cukup menarik sekaligus berbeda, entah mengapa daya tarik yang kuharapkan justru tidak muncul hingga usai kisah ini. Selain rasa penasaran untuk mengetahui kelanjutan nasib serta perjalanan para demigod ini, tiada hal lain yang mampu membuatku ‘tertarik’ untuk membaca ulang buku ini untuk kedua kalinya. Antara alur yang terasa melompat-lompat dan janggal, kekuatan emosi para karakter kurang terjalin dan hanya menimbulkan serangkaian tanda tanya besar bagi diriku usai menuntaskan buku ini. Apakah pengaruh terjemahan atau memang gaya penulisan yang berbeda, sejujurnya diriku berharap lebih pada awal pembuka serial ini ...

Tentang Penulis :
Rick Riordan, semula menjalani profesi sebagai guru Sejarah dan Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah negeri dan swasta di kota San Fransisko, Bay Area serta Texas selama 15 tahun, hingga memperoleh anugerah Master Teacher Award dari sekolah Saint Mary’s Hall pada tahun 2002. Karya fiksi dewasa yang ditulisnya, memenangkan tiga penghargaan nasional untuk kategori misteri, mulai dari Edgar Award, Anthony Award hingga Shamus Award. Rangkaian cerita pendek karyanya juga dimuat dalam majalah misteri Mary Higgins Clark dan majalah misteri Ellery Queen.

Kesuksesan karya tulisnya melalui serial Percy Jackson & The Olympians, dimulai dari buku pertama The Lightning Thief yang masuk dalam daftar New York Times Notable Book di tahun 2005, dan hak cipta adaptasi filmnya dibeli oleh Twentieth Century Foxdan telah tayang pada Februari 2010. Menyusul buku kedua ‘The Sea of Monsters’ yang juga telah diadaptasi dan rilis pada bulan Agustus 2013. Serial yang terdiri dari lima judul buku yang membuat kumpulan penggemar petualangan para ‘Demi-God’ bahkan berlanjut pada serial Hero of Olympus, yang merupakan sekuel petualangan Percy Jackson dan kawan-kawannya.

Selain serial yang mengangkat sejarah dan mitologi Yunani, beliau juga menghasilkan karya lain yang mengambil tema sejarah  serta mitologi Mesir dalam serial ‘Kane Chronicles’ yang tak kalah menariknya. Kini Rick Riordan menjalani kehidupan full-time sebagai penulis aktif yang selalu menyajikan ide-ide serta tema menarik bagi kaum remaja hingga dewasa. Beliau tinggal di kawasan San Antonio bersama istri dan kedua putranya.

[ more about the author and related works, just check at here : Rick Riordan | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter ]

Best Regards,

@HobbyBuku


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...