Translate

Monday, March 14, 2016

[ 2016 | Review #14 ] : "FROSBITE"

Judul Asli : FROSBITE
[ book 2 of VAMPIRE ACADEMY Series ]
Copyright © 2008 by Richelle Mead
Penerbit Matahati
Alih Bahasa : Harisa Permatasari
Editor : Lulu Fitri Rahman
Proofreader : Mery Riansyah
Layout : MAB
Desain Cover : vbi_djenggotten
Cetakan I : Juli 2010 ; 380 hlm ; ISBN 978-602-8590-16-7
Harga Normal : Rp. 65.000,-
Rate : 4.5 of 5

Usai percobaan penculikan yang nyaris membuat nyawa Lissa melayang, berhasil digagalkan berkat kemampuan Rose ‘memasuki’ benak Lissa. Hal ini juga membuat pihak berwenang St. Vladimir semakin ketat memperlakukan pengamanan yang dibutuhkan bagi para penghuninya. Di sisi lain Rose Hathaway yang kini menginjak usia 17 tahun, diakui kemampuannya sebagai ‘calon’ pendamping Lissa secara resmi. Namun untuk mendapatkan pengakuan tersebut, masih banyak langkah-langkah yang harus ia jalani. Di antaranya menjalani ujian penentuan oleh Arthur Schoenberg – sosok yang dianggap legenda sebagai pembantai Strigoi terhebat sepanjang sejarah di kalangan pengawal.


Namun saat Rose bersama Dimitri hendak bertamu di kediaman sang legenda, mereka mendapati seluruh penghuni telah tewas dibantai secara brutal. Kematian sekaligus pembunuhan yang berani ini, mengguncang kalangan pengawal sekaligus para petinggi Moroi. Tampaknay kaum Strigoi semakin nekad dan berani memasuki kawasan terlindung kediaman mantan ketua dewan pengawal. Situasi Akademi St. Vladimir semakin panas, tatkala pihak berwenang menyetujui kedatangan sejumlah wakil-wakil terpilih yang akan memberikan bimbingan langsung bagi kaum muda Moroi dan para pendampingnya. Hampir seluruh siswa-siswi menyambut gembira kesempatan bertatap muka langsung dengan tokoh-tokoh dengan reputasi tinggi.

Kecuali tentu saja bagi Rose Hathaway, karena salah satu wakil yang terpilih tidak lain Janine Hathaway – pengawal dan pelindung Klan Szelsky yang ternama, sekaligus ibu kandung Rose. Hubungan antara ibu dan putri tidak pernah erat, terlebih Janine lebih banyak menghabiskan waktu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya sebagai pengawal utama. Rose memiliki kenangan pahit nyaris sepanjang masa kanak-kanak, kekecewaan dan kepedihan akibat ketidak-pedulian sang ibu. Sudah cukup berat sebagai keturunan dhampir, dengan ibu yang merupakan vampire super tangguh, serta keberadaan ayah mortal yang sama sekali tak diketahui siapa atau dimana keberadaannya, kini kilasan mimpi-mimpi buruk kembali muncul di hadapan Rose.

Seakan ujian belum cukup, munculnya Tasha Ozera – bibi Christian yang ternyata menarik serta kedekatan hubungannya dengan Dimitri, nyaris membuat Rose mendidih dan bersikap sangat dingin terhadap wanita yang mudah disukai dan penuh kehangatan. Hubungan antara Rose dan Christian telah mencapai titik perdamaian terutama setelah penculikan Lissa. Apalagi saat terungkap bahwa otak dibalik rangkaian peristiwa serangan Strigoi justru sosok yang disayangi sebagai keluarga oleh Lissa, maka peran serta Christian melawan musuh nyaris menghapus catatan hitam keluarganya, setidaknya dalam pandangan umum saat itu.

Jika hubungan antara Christian dan Lissa kini jauh lebih terbuka dan berani tampil bersama di khalayak umum, maka Rose menghadapi dilema besar, mengatasi ketertarikan terhadap mentornya Dimitri, yang jelas-jelas tidak boleh terjadi. Cinta terlarang harus bisa ia sisihkan, karena Mason Ashford – sahabat karib Rose, kini telah berani mengungkap perasaan hati sebenarnya. Sudah tentu semua pihak meliaht dirinya sangat cocok dengan Mason, namun bisakah Rose menyerahkan hati sepenuhnya, sementara benaknya acapkali berlari pada sosok yang lain ?

Saat para siswa-siswi St. Vladimir menjalani masa liburan musim dingin di kawasan wisata mewah di Idaho, sekaligus tempat perlindungan eksklusif yang telah dipersiapkan secara matang oleh pihak berwenang St. Vladimir demi keamanan dan kenyamanan kaum Moroi, Rose harus keluar menembus pertahanan tersebut demi menyelamatkan kawan-kawannya. Kali ini, Rose terpaksa meminta bantuan Christian Ozera karena situasi memaksa mereka melanggar sekian banyak peraturan. Dan mereka harus berlomba dengan waktu karena musuh bisa menghabisi teman-temanya yang tidak berpikir panjang menceburkan diri masuk ke sarang musuh. Salah satu diantara mereka adalah Mason Ashford – sahabat karib yang telah dilukai hatinya oleh Rose.

Buku kedua ini sedikit lebih tipis dibandingkan buku pertama, namun semenjak awal suasana seru nan menegangkan telah membuka jalan petualangan yang dijamin memaksa pembaca untuk terpaku hingga akhir. Bahkan ending kisah ini  benar-benar penuh kejutan dan sangat menyentuh. Rose Hathaway boleh jadi merupakan sosok remaja belia berusia 17 tahun, yang memiliki masalah serius dengan sang ibu, membenci semua jenis peraturan, dan tergoda menjalani cinta terlarang, hal-hal normal yang terjadi pada remaja seusianya. Namun Rose juga sosok dhampir pelindung keluarga Dragomir, pengawal yang dilatih secara pribadi oleh Dimitri Belikov, sekaligus sosok ‘shadow-kissed’ karena pernah bangkit dari kematian berkat kemampuan Lissa.

Penutup kisah yang dijamin meningkatkan adrenalin, pertempuran hingga penghabisan yang harus Rose lakukan melawan Strigoi-Strigoi berpengalaman, semuanya demi melindungi teman-temannya, benar-benar mampu membuat bulu-kuduk-ku meremang membayangkan ‘adegan’ tersebut. Pertanyaan selanjutnya, mampukah Rose mengatasi ‘luka’ akibat pertempuran yang merenggut sosok yang ia kasihi ? Para pengawal memperoleh ‘namanya’ tercatat dalam sejarah usai menorehkan pengalaman tak terlupakan dan dijamin meninggalkan bekas permanen di hati dan pikiran sepanjang kehidupan mereka. Anugerah dan penghargaan yang dielu-elukan, bukan sesuatu yang patut dibanggakan. Dan Rose menyadari hal itu dalam usia sangat muda ...

[ more about this author & reletd works, just check at here : Richelle Mead | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...