Translate

Wednesday, June 20, 2012

Books "SCAREDY KAT"


Judul Asli : SUDDENLY SUPERNATURAL – SCAREDY KAT
( book 2 of Suddenly Supernatural Series )
Copyright © 2009 Elizabeth Cody Kimmel
Penerbit : Atria
Alih Bahasa : Barokah Ruziati
Editor : Pujia Pernami
Cetakan III : Februari 2012 ; 162 hlm 

Sinopsis : 
Liburan baru dimulai, namun Kat sudah merasa bosan. Apalagi tak ada orang yang bisa diajak bicara atau sekedar ngobrol, tentu saja sang ibu senantiasa ada bersamanya, tapi di saat-saat seperti ini, saat ibunya sibuk ‘bercakap-cakap’ dengan berbagai tanamannya ( ya benar, ibu Kat seorang medium dan biasa bercakapcakap dengan tumbuhan juga ). Sahabatnya, Jac sedang bepergian menghadiri konferensi musisi selo ( Jac, selain sahabat sejati, ia juga gadis jenius di bidang musik, terutama dalam memainkan selo ). Maka Kat iseng-iseng memotret rumah kosong di depan rumahnya, untuk salah satu proyek tugas sekolahnya, dan saat ia selesai memotret dan membuak file-filenya di komputer, tampak sesuatu yang ganjil di antara foto-foto itu. Ada sosok wajah bocah laki-laki yang terekam dalam foto di dalam jendela rumah kosong itu !! 

Antara rasa takut dan penasaran, yang terakhir akhirnya menang, maka Kat melakukan penyelidikan di rumah kosong itu. Saat mulai memasuki rumah kosong itu, Kat langsung menyadari ada ‘sesuatu’ yang berada di dalamnya. Dan ketika akhirnya ia berhasil ‘melihat’ sosok bocah yang diduga sebagai hantu, anehnya bocah itu tak merespons pertanyaan Kat, bahkan seakan-akan ia tak melihat keberadaan Kat.  Belum selesai masalah itu, Kat juga harus berhadapan dengan ‘sosok’ mengerikan – dalam arti sosok ini menimbulkan ketakutan serta kengerian pada sekujur tubuhnya. Kat tahu bahwa ‘sesuatu’ itu tidak memiliki maksud baik, meski ia tak tahu dengan jelas apa sebenarnya keberadaan ‘entitas’ tersebut.

Dengan kepulangan Jac dari konferensi, mereka berdua segera melakukan penyelidikan latar belakang rumah kosong berhantu itu. Dan ternyata memang pernah terjadi peristiwa tragis yang menyebabkan kematian salah satu putra pemilik rumah itu, dan satu putra yang selamat, masih dalam keadaan koma selama bertahun-tahun akibat kecelakaan tragis yang menimpa dua bersaudara itu. Masalah Kat tidak berputar pada hal ini saja. Munculnya sosok pria aneh yang tampak pertama kali berada di rumah kosong itu, disusul dengan kehadirannya di kediaman Kat, dan ia mengaku sebagai ‘teman lama’ ibunya, membuat perasaan Kat semakin resah. Apalagi pria itu ternyata memiliki ‘kemampuan’ melihat diri Kat sebenarnya, terutama kemampuan Kat yang disembunyikan, bahkan dari ibunya sendiri. 

Kesan : 


Kelanjutan kisah Kat, sang medium cilik, yang siap bertualang dengan sahabatnya Jac, dalam menangani kasus-kasus hantu serta arwah gentayangan semakin menarik untuk disimak. Pada kasus ini, tantangan terberat yang harus dilakukan oleh Kat adalah menerima kekuatannya serta berusaha mengendalikannya, bukan justru ‘menutup’ diri serta membentengi kekuatannya dari para hantu. Kat belajar untuk menjadi lebih dewasa dalam hal kemampuan mediumnya. Alih-alih berteriak meminta bantuan pada sang ibu, ia bersikeras untuk menyelesaikan masalahnya seorang diri – sesuatu yang sangat tidak mudah.

“Ya ampun. Aku jadi depresi.” Kata Jac. “Bayangkan bagaimana perasaanku, Jac. Aku dikelilingi orang mati.” Jac menatapku dengan penuh simpati. ( p. 73 ) 

Munculnya beberapa karakter baru, memberikan variasi serta kejelasan akan dibawa kemana kisah ini, terutama dalam mematangkan karakter Kat. Dan penulis tetap mampu memberikan hiburan yang menarik dan menyegarkan lewat bacaan tipis. Jika Kat mendapatkan hal-hal baru yang bisa menjadi pelajaran, sebagai pembaca diriku juga mendapat masukan, terutama tentang hal yang berhubungan dengan istilah ‘koma’ atau ‘mati-suri’ ...mengingatkan akan kisah nyata seseorang yang ‘bangkit’ dari kematian, tapi ia sadar menjelang kematian hingga berangkat ke tempat yang mirip surga, dan akhirnya kembali ke tubuhnya ... ( itu cerita yang lain yang akan dibagikan suatu waktu ), namun intinya, alam bawah sadar manusia, tubuh fisik serta keberadaan roh itu benar-benar ada, bukan sekedar kisah isapan-jempol atau khayalan.  Namun semuanya kembali pada Anda, apakah mempercayainya atau tidak. Untuk diriku, hal-hal ini tetap kuterima dengan pikiran terbuka, karena apa pun bisa terjadi di dunia ini (^_^) 

“Baiklah, aku bingung, Voodoo Mama. Kalau Tank masih hidup, lalu bagaimana dia bisa ... bagaimana kau bisa ...” “Aku tahu. Bagaimana aku bisa melihat hantu orang yang masih hidup ?” ( p. 117 )

Note : dengan banyaknya kisah tentang hantu dan arwah serta kekuatan medium, banyak pual film serta serial TV yang diadaptasi dari berbagai kisah ini, tapi ada satu yang kisahnya cukup mendekati kisah sosok Kat dalam Suddenly Supernatural ini, yaitu serial TV “Ghost Whisperer” yang dibintangi oleh Jennifer Love Hewitt, jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana petualangan seorang medium, silahkan tonton serial ini (^_^).

Tentang Penulis :
Elizabeth Cody Kimmel yang biasa dipanggil Beth, lahir di New York City, dan menghabiskan masa kecilnya di Westchester County, sebelum kemudian pindah ke Brussels, Belgia. Semenjak kecil ia dalah seorang pembaca, pembeli dan pengagum buku-buku yang sangat aktif. Karena sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan bangunan gothic serta program simulasi interaktif, ia memasuki Emma Willard School di Troy, New York serta meneruskan ke Kenyon College di Gambier, Ohio.  


Memiliki banyak kegemaran serta akal untuk mendapatkan keinginannya, Elizabeth berhasil mengatur agar ia bisa bekerja di tempat-tempat yang menjadi subyek kegemarannya dalam berbagai buku yang ditulisnya. Elizabeth sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Antartika, cerita hantu, sejarah abad pertengahan, penguin, dan dunia penulisan, semuanya dapat dijumpai dalam berbagai karakter dan plot dalam semua buku-bukunya yang telah diterbitkan. 

Elizabeth Cody Kimmel kini tinggal dengan keluarganya di wilayah New York’s Hudson Valley. Ia juga berperan aktif sebagai pembicara tamu di berbagai sekolah di berbagai negara. Beth, sosok yang humoris dan suka berinteraksi langsung dengan para pembaca dari berbagai usia. Ia membagi waktunya sehari-hari  antara membaca, hiking, menyanyi dalam kelompok paduan suara, melakukan panjat tebing, atau sekedar melakukan tugas harian seperti mencuci pakaian serta berusaha melakukan ‘hubungan telepati’ dengan anjing beagle-nya. 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang berbagai karya Elizabeth Cody Kimmel silahkan kunjungi website www.codykimmel.com atau kunjungi pula website www.suddenlysupernatural.com 

Best Regards,
* Hobby Buku * 
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...