Translate

Wednesday, August 29, 2012

Books "DEAD GIRL DANCING"


Judul Asli : DEAD GIRL DANCING 
[ book 2 from The Dead Girl Series ] 
Copyright © 2008 Linda Joy Singleton 
Penerbit Atria 
Alih Bahasa : Maria Susanto
Editor : Diksi Dik ; Adi Toha 
Desain Sampul : Altha Rivan Cetakan I : Januari 2012 ; 384 hlm 

Maih ingat dengan Amber Borden, gadis yang suka salah arah sehingga saat mengalami ‘mati-suri’ keliru masuk ke tubuh orang lain ... nah, kali ini tugas Amber dengan Leah Montgomery sudah selesai. Dan ia harus segera kembali ke tubuhnya sendiri sebelum kedua orang tuanya memutuskan mencabut alat bantuan medis dari tubuh fisiknya, tentu saja kali ini dengan bantuan Grammy Greta, Amber tidak mungkin tersesat di dalam tubuh yang salah. 
 
Dan terbangunlah Amber sesaat setelah ia berciuman dengan Eli dan cahaya putih menyergap dirinya ... tapi, oh, no, sepertinya ada kekeliruan lagi. Amber melihat dirinya (tubuhnya) di cermin, dan itu adalah tubuh Sharayah Rockingham, kakak Eli – pacar baru Amber !! Waduh, bagaimana ini. Setelah mengingat-ingat, Amber memang menyetujui penawaran Grammy untuk menjadi Penghuni Sementara, membantu jiwa-jiwa manusia yang bermasalah, tapi bukan berarti ‘saat itu juga’ ia mau melaksanakan tugas tersebut. Sekarang apa yang harus ia lakukan ? Mengapa pula jiwa Sharayah tidak mau kembali ke tubuh fisiknya ?

Namun pertama-tama yang harus Amber lakukana adalah menghubungi Eli. Bayangkan bagaimana ia bisa berpacaran dengan Eli jika dirinya berada di tubuh kakak Eli ? Dan bagaimana kondisi tubuhnya sendiri, apakah kedua orang tuanya sudah merelakan dirinya atau mau mau menunggu, berjuang demi kelangsungan hidup Amber ? Mengapa pula Grammy atau Cola tidak memberikan petunjuk langkah apa yang harus ia lakukan sebagai Penghuni Sementara. Jika dengan Leah, paling tidak ia sedikit mengenal dirinya serta lingkungan pergaulannya. Sedangkan Sharayah, telah lama meninggalkan keluarganya, hidup di asrama di kota yang jauh dari kota asal keluarganya, yang berarti jauh dari kediaman Amber pula, jauh dari sahabat-sahabat yang bisa membantunya ... 



Kesan : Masuk ke dalam tubuh kakak pacarmu ? Euww ... entah bagaimana rasanya. Tapi sungguh menarik melihat pengalaman ini dari sudut pandang Amber yang masih ‘high-school’ kemudian langsung meloncat ke dalam kehidupan serta pergaulan bebas ‘college-student’. Meski di Amerika pergaulan lebih bebas dibandingkan di Indonesia, namun pada dasarnya Amber digambarkan sebagai gadis baik-baik yang tidak pernah ‘berulah’  kecuali pemberontakan kecil-kecilan terhadap keluarganya. 
Lalu bagaimana jika ia masuk sebagai Sharayah, gadis yang jauh lebih dewasa, dengan penampilan ala gothic, dengan teman-teman yang mengajaknya pesiar di pantai, bertemu dengan cowok-cowok asing dan langsung ‘tidur’ dengan siapa saja yang dianggap menarik ? (sekedar informasi, kelihatannya kondisi waktu ini saat ‘summer-break’ – masa liburan panjang bagi para siswa, ajang perploncoan serta pembuktian kedewasaan dengan tantangan seperti melepas keperawanan, atau mengikuti ajang kontes ‘wet-shirt’ bahkan pose ‘toples’, dan lain-lain).

source
Kisah ini tidak hanya mengumbar kebiasaan muda-mudi selama liburan panjang ini, tapi juga menunjukkan bahwa Sharayah memiliki rahasia kelam di masa lalunya, sesuatu yang membuatnya berubah total, dan mulai menjauh dari keluarga serta sahabat-sahabat dekatnya. Karena tiada satu pun yang mengetahui duduk permasalahannya, termasuk Eli yang dulunya cukup dekat dengan sang kakak, maka Amber harus memutar otak untuk mencari jalan mengatasi hal ini, karena jika tidak maka bisa-bisa ia akan selamanya di dalam tubuh Sharayah. Dan kali ini Amber / Sharayah benar-benar dalam bahaya besar karena ada Penghuni Kegelapan yang sudah lama mengincar mereka.

Penuh dengan ketegangan serta alur yang lumayan cepat, membuat buku kedua ini semakin menarik. Apalagi dengan kondisi misterius yang dialami oleh Sharayah di masa lalu. Namun ada sedikit ‘ganjalan’ yang juga ada di buku pertama. Jika di buku pertama konflik terbentuk lewat problematik intern dalam keluarga Leah Montgomery, maka ada sedikit rasa kecewa mengapa tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana perkembangan Leah dengan keluarganya. Namun karena Amber keburu ‘meloncat’ ke tubuh yang lain, tentunya pembaca tidak akan pernah mengetahui hal itu. 

Nah, untuk kasus Sharayah ini masih kurang jelas bahkan setelah diriku selesai membaca. Apakah penyebab ia berubah dan menjadi kalut hanya karena satu peristiwa yang didalangi oleh oknum yang disusupi oleh kekuatan lain ? Rasanya sungguh janggal, dan masih timbul berbagai pertanyaan di benakku ... apakah pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab seiring dengan kelanjutan kisah ini ?  
Tentang Penulis :  
Linda Joy Singleton tinggal di bagian utara California. Dia memiliki dua anak yang sudah beranjak dewasa dan suami yang sangat mendukung, yang suka membantunya menemukan cerita-cerita tidak biasa. Dia telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku, termasuk di antaranya serial Regeneration, My Sister the Ghost, Cheer Squad, Strange Encounters dan The Seer. Kunjungi situs webnya di : www.LindaJoySingleton.com
Best Regards, 
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...