Translate

Tuesday, September 25, 2012

Books "THE RED PYRAMID"



Judul Asli : THE RED PYRAMID 
( book 1 of THE KANE CHRONICLES )
Copyright © 2010 by Rick Riordan  
Penerbit Noura Books
Alih Bahasa : Aditya Hadi Pratama
Editor : Tendy Yulianes Susanto & Ananta A.
Desain Sampul : Altha & incen (ajbookdesign)
Cetakan I : September  2011 ; 524 hlm  

Sinopsis :
[ source ]
Carter Kane – pemuda berusia 14 tahun, tak pernah bermimpi bahwa kunjungannya bersama ayahnya Julius Kane ke London menjelang Natal, guna mengunjungi dan menjemput adiknya Sadie Kane, akan segera mengalami perubahan besar dalam kehidupan mereka. Dr. Julius Kane adalah seorang arkeolog terkemuka yang sangat pandai di bidang Egyptologist, namun kehidupannya berubah semenjak kematian aneh yang menimpa istrinya : Ruby Faust – arkeolog dalam bidang DNA kuno. Kedua anaknya, Carter yang baru berusia 8 tahun serta Sadie, gadis cilik berusia 6 tahun terpaksa terpisah, akibat perseteruan sengit antara Julius Kane dengan kedua orangtua Ruby, kakek dan nenek Faust yang sampai meminta pengadilan untuk mengalihkan perwalian Sadie kepada mereka. 

Carter yang mengikuti ayahnya berkeliling dunia akibat pekerjaannya yang mengharuskan ia senantiasa berpindah-pindah, menjadi anak yang berbeda dengan anak-anak seusianya. Sedangkan Sadie yang dibesarkan dalam kondisi anak-anak normal seusianya, bersekolah, memiliki teman-teman, mengikuti trend mode dan musik. Meski hanya berbeda usia dua tahun, namun karena kunjungan ke London hanya berlangsung dua kali selama setahun, membuat hubungan diantara ketiganya biasa-biasa saja, tidak terlalu akrab dan erat layaknya sebuah keluarga.


[ source ]
Dan kunjungan kali ini berlangsung sangat singkat. Setelah menjemput Sadie di kediaman keluarga Faust, Dr. Kane langsung membawa mereka menuju British Museum, ia mengatakan bahwa ini hanya akan memakan waktu sebentar, dan tidak bisa ditunda. Carter dan Sadie terpaksa mengikuti kemauan ayah mereka, meski mereka sedikit curiga dengan berbagai keanehan yang dilakukan oleh Dr. Kane. Ia berkali-kali menengok kebelakang sepanjang perjalanan, seakan ada yang mengikuti. Dan tas kerja yang ‘tak-pernah-boleh-dibuka-oleh Carter’ dipegang dengan erat. Sesampai di dalam, Dr. Kane diantar ke sebuah bongkahan batu besar yang dinamakan Batu Rosetta, ia memerintahkan Carter dan Sadie untuk mengunci sang kurotor museum di dalam kantornya, dan menanti dirinya diluar ruangan, sampai pekerjaannya selesai.

Carter akan selalu menuruti perintah ayahnya, tapi Sadie tidak pernah takut dan selalu penasaran, ia justru menyelinap masuk, mengintip kegiatan ayahnya. Carter tak punya pilihan lain kecuali mengikuti langkah adiknya. Kejadian yang mereka saksikan sungguh membuat nafas terhenti. Ayah mereka telah membuka tas kerjanya, dan mengeluarkan berbagai benda aneh yang mengeluarkan sinar saat bersentuhan dengan batu itu. 

[ source ]
Tampaknya Dr. Kane akan membuka dan mengeluarkan sesuatu dari dalam batu, kemudian kejadian berlangsung dengan cepat ... Batu Rosetta meledak berkeping-keping, muncul Manusia Api yang tampak mengerikan, berhadapan dengan Dr. Kane. Perlawanan yang dilakukan oleh Dr. Kane tak mampu menjatuhkan si Manusia Api, bahkan dalam sekejap ia justru ‘dikurung’ dalam peti tembus cahaya yang membawanya tenggelam ke dasar bumi. Carter dan Sadie berusaha melawan dan menyelamatkan ayahnya, sebelum jatuh pingsan sesaat sebelum si Manusia Api hendak memusnahkan mereka juga. 

Saat keduanya sadar, mereka mendapati polisi telah menyelidiki kasus peledakan dan pengerusakan museum, karena Dr. Kane lenyap tanpa jejak, ia dicurigai melarikan diri, meninggalkan anak-anaknya sebagai saksi sekaligus tersangka yang membantu kejahatan tersebut. Tanpa mampu memberikan penjelasan yang dapat meyakinkan pihak kepolisian, muncul bantuan tak terduga dari orang yang belum lama berselang terlihat bersiteru dengan sang ayah. Orang tersebut adalah Amos Kane, saudara Julius Kane, paman Carter dan Sadie, dan ia memiliki kemampuan sihir yang mampu membawa keduanya dalam perlindungannya, karena kedua anak itu mengemban tugas yang tidak kalah pentingnya. 

[ source ]
Carter dan Sadie dibawa ke kediaman Amos di New York dari London hanya dalam sekejap mata, ke sebuah apartemen bertingkat lima yang sangat besar, berada di puncak bangunan pabrik yang rusak, sehingga tidak tampak oleh pandangan mata biasa. Di sana ada seekor babun memakai kaus Lakers bernama Khufu yang bertindak sebagai penjaga dan pelayan, ada juga buaya raksasa albino bernama Philip dari Makedonia

Mereka berdua hanya membawa perlengkapan seadanya, serta tas kerja ajaib milik Dr. Kane yang tertinggal di museum, serta Muffin – kucing peliharaan Sadie, pemberian ayahnya saat mereka berpisah pertama kali. Dan siap atau tidak, Amos Kane berusaha memberikan penjelasan kepada mereka, apa yang sedang terjadi dan apa yang harus mereka persiapkan dalam menghadapinya. Dan sejarah tentang masa lalu keluarga mereka yang dirahasiakan, hingga kini.

[ source ]
Dr. Kane telah melakukan hal terlarang dan berbahaya. Akibat perbuatannya, lima Dewa yang memiliki kekuatan tinggi telah lepas dari kurungan. Salah satunya Osiris yang merupakan pemimpin para Dewa, terperangkap dalam raga Dr. Kane dan dikurung oleh saudaranya sendiri : Set – sang Dewa Kejahatan dan Kekacauan, yang tampak oleh mereka berdua sebagai wujud si Manusia Api. Sedangkan Dewa-Dewa yang lain Isis, Horus dan Nephthys, mereka berlima adalah dewa-dewa terkuat, putra-putri Geb sang Dewa Bumi dan Nut sang Dewi Langit. Ada pun tujuan Dr. Kane melakukan itu semua, hanya dapat diduga-duga oleh Amos bahwa ia hendak meminta bantuan Osiris untuk menghidupkan kembali istrinya.

[ source ]
Bukan saja Set – Dewa Kejahatan yang telah terlepas ke dunia dan segera merencanakan pemusnahan seluruh makhluk hidup yang harus mereka waspadai, tetapi juga kemarahan anggota Dewan Kehidupan – kelompok penyihir yang telah memutuskan hubungan dengan para Dewa, dan kali ini dilanggar oleh Dr. Kane, dalam dua kali peristiwa, yang pertama pada saat kematian Ruby kane, dan yang kedua adalah kejadian di museum. Amos segera pergi mencari petunjuk yang lebih jelas, meninggalkan Carter dan Sadie di kediamannya, dijaga dan ditemani oleh Khufu si babun Lakers, Muffin si kucing mungil dan Philip dari Makedonia si buaya albino. Dan tanpa diduga, musuh justru menyusup masuk dan menyerang mereka berdua. Perintah yang diberikan cukup jelas : musnahkan dua bersaudara Carter dan Sadie Kane dari muka bumi !!!

[ source ]
Kesan :
Begitu membaca halaman pertama, diriku langsung tertarik dengan gaya penuturan yang tidak biasa. Kisah tentang petualangan Carter dan Sadie Kane ini ibarat kejadian nyata, dan pada akhir petualangan mereka memutuskan membentuk bala bantuan memerangi kejahatan, dengan menghubungi anak-anak keturunan / titisan para Dewa dan memiliki kemampuan sihir. 

Caranya dengan meninggalkan tape rekaman kejadian yang bisa diakses oleh orang-orang pilihan, dan jika Anda membaca buku ini berarti bisa jadi  Anda juga termasuk orang-orang pilihan tersebut (^_^) ... cukup menarik bukan? 

Cara ini mengingatkan diriku akan serial Darren Shan yang mirip autobiografi perjalanan anak manusia yang menjadi Vampir dan akan memimpin Kerajaan Vampir, siapa sangka Darren Shan adalah nama penulis novel itu sendiri ... ( yang ingin tahu ini kisah tentang apa, tunggu tanggal mainnya ya, pasti kubuatkan reviewnya hehe )

[ source ]
Ok, kembali ke kisah Carter dan Sadie Kane ... buku ini ‘lumayan-tebal’ tapi benar-benar tidak terasa karena alur kisah yang cepat, apalagi Carter dan Sadie bergantian bercerita kepada kita, jadi tidak ada kesempatan untuk bosan apalagi mengantuk, adrenalin dan ketegangan yang intens mengalir dengan deras. Dan semuanya berkaitan dengan mitologi Mesir ( salah satu dari kesukaanku selain mitologi Yunani ), tentang Dewa-Dewa Mesir serta makhluk-makhluk mitos – nah, siapa bilang pelajaran sejarah membosankan jika seperti ini ... hahaha.   

[ source ]
Tentang Penulis : 
Richard Russell “Rick” Riordan, Jr., lahir di San Antonio, Texas pada tanggal 5 Juni 1964. Dia adalah penulis serial “Percy Jackson & The Olympians” yang masuk daftar bestseller dan telah diangkat ke layar lebar untuk buku pertama The Lightning Thief. Rick Riordan lulus dari Universitas Texas di Austin pada tahun 1986, tempat ia mendalami bidang Bahasa Inggris dan Sejarah. Selama lima belas tahun, ia mengajar di sekolah-sekolah di California dan San Antonio. Rick sangat suka membaca, berenang, bermain gitar dan bertualang bersama keluarganya. Dia juga suka menemani anaknya bermainvideo games. Saat ini lebih dari 30 juta eksemplar karyanya telah terjual di Amerika Serikat dan diterbitkan di lebih dari 35 negara di dunia. Sekarang Rick Riordan menjadi penulis full-time. Dia tinggal di San Antonio bersama istri dan dua anaknya.  

Best Regards,
* Hobby Buku * 

3 comments:

  1. Septianto | seplucid@gmail.com | akhir_akhir ini suka sama cerita yang ada dewa-dewi dari mitos, tapi belum sempat punya dan baca buku karya Rick Riordan ini. :)

    ReplyDelete
  2. Rizki Wulandari | kacamataque@gmail.com | Aku sudah mengoleksi seri Percy Jackson and The Olympians. So pengen ganti suasana, ngebaca buku Riordan dengan tokoh yang berbeda. :)

    ReplyDelete
  3. Maryana | amz_ochi_gnz@yahoo.co.id | Tahun lalu nyaris punya buku ini. Menang kuis tapi bukuny atak pernah sampai :(

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...