Translate

Wednesday, July 31, 2013

Books "SHADOW & BONE"

Judul Buku : SHADOW & BONE
[ book 1 of The Grisha Trilogy ]
by Leigh Bardugo                            
Copyright © Indonesian translation by Penerbit Bentang
Penerbit : Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Ambhita Dhyaningrum
Editor : Ika Yuliana Kurniasih
Proofreader : Pritameani & Septi Ws.
Desain Sampul & Ilustrasi Isi : Stormy Frangidae
Cetakan I : Juni 2013 ; 352 hlm 
Rate : 3,5 of 5

Kisah ini dimulai oleh kehadiran dua orang bocah, laki-laki dan perempuan, sama-sama yatim-piatu, sebatang kara hingga harus menetap di Panti Asuhan yang tak mengerikan karena mereka tak memiliki siapa pun di dunia yang keras. Keduanya saling menemukan persahabatan satu sama lain, tumbuh bersama tak terpisahkan hingga masa kanak-kanak berganti menjadi sepasang remaja yang mulai menginjak kedewasaan. Tiada yang menyangka bahwa sebuah perjalanan akan mengubah keseluruhan masa depan masing-masing. 

Persatuan hati serta persahabatan harus terpisahkan, karena masing-masing memiliki rahasia kekuatan yang tersimpan sekian lamanya. Dan kini muncul pihak-pihak tertentu yang hendak memanfaatkan kekuatan tersebut dengan mengatasnamakan kepentingan masyarakat dan negara. Namun bagaiaman dengan kepentingan pribadi masing-masing, siapakah yang berkenan mendengarkan keinginan hati mereka ? Haruskah mereka berjuang hinggatitik darah penghabisan, seorang diri, mempertahankan satu-satunya yang masih tersisa dalam diri masing-masing...



~ German Edition ~ [ source ]
Alina Starkov dan Malyen ‘Mal’ Oretsev adalah dua sahabat semenjak kanak-kanak semasa mereka tinggal di panti asuhan. Beranjak dewasa, Mal yang kurus dan lemah tumbuh menjadi pria tampan dan menarik, ramah serta gagah. Sedangkan Alina tumbuh menjadi sosok tinggi, kurus dan langsing, pendiam serta tertutup. Jika Mal memiliki banyak kawan, maka Alina sebaliknya, ia lebih suka berdiam diri daripada terlibat dalam keramaian, kecuali ada Mal disisinya. Keberadaan Mal merupakan penghibur kala Alina kesepian, dan hanya kepada dirinya ia mampu menceritakan isi hatinya, meski masih ada beberapa hal yang tetap ia sembunyikan dari Mal. Kemudian keluarlah perintah bagi mereka yang diwajibkan ‘menyeberang’ melalui Nirlaut yang berbahaya dengan adanya kegelapan Fold serta Volcra – monster mengerikan yang mampu mencabik-cabik tubuh manusia dalam sekejab. Rombongan yang berangkat hanya dapat berharap, tiada Volcra yang akan menyerang mereka.

Doa tersebut tak terkabulkan, serangan mengerikan yang secara cepat menghabisi sebagian besar awak kapal, nyaris menghabisi seluruh penumpang, hingga muncul ‘keajaiban’ yang menyelamatkan mereka semua. Sang penyelamat sekaligus ‘pembawa fenomena’ itu tidak lain adalah Alina. Namun hal ini justru membuat dirinya dibawa langsung menghadap Penasehat Raja yang dijuluki Sang Kelam – satu-satunya Grisha yang memiliki kekuatan mengendalikan Kegelapan. Dan kini, Alina – gadis biasa yang tak pernah menonjol, bisa memunculkan kekuatan Cahaya yang mengusir para Volcra. Seorang Grisha yang mampu mengendalikan Cahaya, disebut sebagai Pemanggil Matahari adalah kekuatan yang sangat langka, dan Alina kini adalah Grisha terbaru yang diharapkan akan membangkitkan negaranya yang telah sekian lamanya terpuruk dalam Kegelapan Fold.

~ UK Edition ~ [ source ]
Tema kisah ini bukanlah suatu hal yang baru, sosok yatim-piatu yang tak jelas asal-usulnya, mendadak memiliki kekuatan yang sangat langka, kemudian terjebak dalam intrik serta politik kotor pihak-pihak yang berambisi memperluas kekuasaan masing-masing. Namun sang penulis mampu memberikan daya tarik dengan menampilkan latar belakang kehidupan di wilayah Rusia yang dingin dan membeku, keindahan yang unik serta gambaran kehidupan khas masyarakat dengan komunitas terbatas. Istilah-istilah yang sedikit banyak mengingatkan drama romansa ala Rusia, disertai ilustrasi yang tak kalah indahnya, mampu menimbulkan kesan yang sama sekali berbeda. Melalui konflik serta alur yang berubah-ubah kecepatannya, menghanyutkan pembaca dalam alunan irama yang mengalir dan menggoda untuk mengikuti hingga akhir kisah. Yang jelas, diriku menantikan kelanjutan kisah ini, untuk mengetahui sejauh mana Alina dan Mal akan berjuang membebaskan rakyat yang tak berdosa dari cengkeraman tirani Penguasa serta pihak-pihak yang berniat mencari keuntungan pribadi.

[ PS : Why the translation edition never got "quite-good" on the design-cover *SIGHS* ]

[ source ]
Tentang Penulis :
Leigh Bardugo adalah penulis kelahiran Jerusalem, namun besar di Los Angeles, Amerika. Ia merupakan lulusan Yale University, dan novel perdananya ‘Shadow & Bone’ memperoleh tanggapan yang luar biasa di kalangan pembaca. Meski ia sangat menyukai menulis, ia juga senang menghabiskan waktu bergelut di dunia make-up artist dan bermain musik bersama band-nya Captain Automatic.

[ more about the author and related works, just check at here : Leigh Bardugo | on Goodreads | Leigh's Blog | on Tumblr ]


Best Regards,
* Hobby Buku * 

2 comments:

  1. ini saya lebih tertarik ke setting ceritanya daripada yang lain xD cover Indonya kayak kartu pos ya, bagus

    ReplyDelete
  2. suka sampul depan versi UK-nya... XD

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...