Translate

Monday, September 16, 2013

Books "A DASH OF MAGIC"

Books “SEJUMPUT SIHIR”
Judul Asli : A DASH OF MAGIC
[ book 2 of The Bliss Bakery Trilogy ]
Kathryn Littlewood
Copyright © 2012 by The Inkhouse
Cover art © 2012 by Iacopo Bruno
Indonesian translation © Noura Books Publisher
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Sujatrini Liza
Editor : @putronugroho
Cetakan I : Agustus 2013 ; 304 hlm
Rate : 3,5 of 5

Bliss Cookery Booke yang menjadi ‘sumber-kekuatan’ selama bertahun-tahun di kota Calamity Falls telah dicuri oleh Lily Le Fay dari keluarga Bliss – pemilik Follow Your Bliss Bakery serta penjaga rahasia sihir kuno yang telah bersumpah hanya menggunakan untuk kebaikan dan kepentingan orang-orang yang membutuhkan. Lily yang menggunakan cara licik telah menipu para kemenakannya yang diberi tugas menjaga kelangsungan toko kue mereka saat kedua orang tua mereka pergi melaksanakan panggilan tugas di luar kota.

Sembilan bulan telah berlalu, kehidupan penduduk di Calamity Falls secara perlahan namun pasti mulai menampakkan perubahan, karena ketiadaan ‘sihir’ yang bisa menguatkan dan memberikan semangat serta pandangan positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Satu-satunya orang yang didera perasaan bersalah selama sembilan bulan tersebut, adalah Rosemary Bliss – putri Purdita ‘Purdy’ dan Albert Bliss, yang sempat ‘terpukau’ dengan pesona dan hasutan Bibi Lily-nya untuk mengikuti jejak mengejar ketenaran dan kekayaan, alih-alih membantu pihak-pihak yang kesusahan.



~ German Cover ~
Penyesalan yang tidak pernah bisa hilang meski tak satu pun anggota keluarganya menyalahkan Rosemary pribadi atas hilangnya Booke, semakin memuncak ketika mereka mendapati Lily telah berbuat lebih jauh dari sekedar meraih popularitas sebagai penulis buku serta pemandu acara memasak di televisi yang sedang naik daun ’30 Menit Sihir Lily’ – ia telah memperdagangkan ‘ramuan-sihir’ di pangsa pasar luas, yang akan ‘mempengaruhi’ benak serta pemikiran siapa saja yang memakannya, akan ‘memuja’ dan ‘tergila-gila’ dengan Lily Le Fay.

Keluarga Bliss harus memutar otak untuk membuat Lily bersedia mengembalikan Booke, dan satu-satunya cara yang bisa dipikirkan adalah menantang Lily secara terbuka dalam acara Gala des Gâteaux Grands di Paris, Prancis – sebuah kompetisi pastry paling bergengsi di dunia. Sang penantang adalah Rosemary Bliss – gadis berusia 12 tahun melawan Lily Le Fay – ahli pastry yang sedang ‘naik daun’ ; bisa dipastikan mengundang perhatian khalayak umum. Demi mempersiapkan ‘kemenangan’ Rosemary, Albert dan Purdy harus menemui kakek buyut Purdy, Balthazar Bliss, satu-satunya kerabat yang memegang salinan dari Booke – yang memilih hidup menyepi di kawasan Meksiko.

[ source ]
Permasalahan pertama muncul karena salinan Booke yang ada, tertulis dalam bahasa Sassanian – yang hanya dipahami oleh suku dukun kuno di Bulan Sabit Subur, dan hanya segelintir manusia yang bisa memahaminya, termasuk Balthazar yang hanya sanggup menerjemahkan ribuan resep dalam buku ke bahasa Inggris sebanyak 9 buah saja. Maka jalan satu-satunya, Balthazar harus ikut berangkat ke Paris, bersama Asparagus Hijau atau yang akrab dipanggil Gus – kucing gendut bulat keturunan asli Scottish Fold yang bisa berbicara (gara-gara makan Biskuit Cheddar Mengoceh yang dibuat oleh Balthazar ketika ia masih berusia 15 tahun).

Kisah petualangan keluarga Bliss (Albert dan Purdy, serta keempat anak mereka, Thyme, Rosemary, Sage, dan Parsley ‘Leigh’) bersama Balthazar dan Gus di Paris dalam kompetisi pastry sedunia ini sangat menarik untuk disimak. Bukan saja pembaca disajikan dengan aneka resep unik nan menggiurkan, serta pertandingan antar para perwakilan ahli pastry terkemuka di dunia yang dijamin penuh intrik dan konflik, masih ditambah dengan kemunculan karakter-karakter baru, seperti tikus Paris bernama Jacques – yang setelah diberi Biskuit Cheddar Mengoceh, bersedia menjadi mata-mata untuk menyusup di kamar Lily Le Fay.

~ Finland Cover ~ [ source ]
Suasana menegangkan juga dimunculkan saat para anggota keluarga Bliss harus mencari ‘bahan-utama’ yang dibutuhkan agar sihir Bliss bekerja pada adonan yang akan mereka buat dalam setiap kompetisi. Mulai dari mengumpulkan air hujan murni di puncak menara Eiffel, menangkap rahasia senyum Monalisa di museum Louvre, hingga menyusup untuk mengambil ‘bunyi-lonceng’ menara Notre-Dame yang dijaga oleh para gargoyle yang mengerikan. Semua tema baru serta latar belakang yang menarik, muncul secara bergantian mewarnai kisah ini mulai awal hingga akhir. Anehnya, meski banyak hal baru dan unik yang muncul dibandingkan buku pertama, entah mengapa kisah ini terasa sedikit ‘hambar’ dan ‘datar’ ... tiada sebuah ‘greget’ yang membuatku benar-benar terkesan setelah selesai membacanya.

Sang tokoh utama Rosemary Bliss yang seharusnya mampu ‘menonjol’ justru tenggelam ditengah sekian banyak karakter baru yang bermunculan silih berganti (perasaan tidak percaya diri serta alasan merasa bersalah yang diungkapkan berulang-ulang sebagai setiap alasan dan tindakannya, semakin lama semakin terasa menjengkelkan). Ibarat menonton rombongan sirkus yang ‘gaduh’ serta ‘ribut’ keasyikan untuk menikmati sajian ini berkesan cukup dangkal tanpa ada kenangan khusus. Satu-satu karakter yang menarik adalah si kecil Leigh yang mengalami ‘transformasi’ akibat tak sengaja memakan kue dari ‘ramuan-sihir’ Lily Le Fay. Sungguh sayang, padahal ini adalah salah satu buku yang kunanti-nantikan kelanjutannya setelah membaca buku pertamanya (-__-)

[ more about the author, just check at here : Kathryn Littlewood | Bliss Game ]

Best Regards,

* Hobby Buku * 

2 comments:

  1. Vania | vaniautami31@gmail.com | alasan: saya pengen baca buku ini karena penasaran kelanjutan buku pertamanya yang sudah saya miliki sebelumnya. krn udah terlanjur baca yg pertama apa boleh buat walaupun kayaknya agak flat ya kalo diliat dari review ini.

    ReplyDelete
  2. Olivia | olive1412@gmail.com | saya sudah pernah membaca novel yang sebelumnya.. Penasaran dengan kelanjutan pertarungan antara keluarga Bliss Bakery dan Lily.. Walaupun disini dibilang agak hambar, tetep aja wajib punya buku ini, apalagi bakal ada seri 3 nya dengar-dengar sebentar lagi ;)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...