Translate

Monday, October 7, 2013

Books "FIRE"

Judul Asli : FIRE
[ book 2 of GRACELING REALM Series ]
Copyright © 2009 by Kristin Cashore
Map illustrations by Jeffery C. Mathison
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Angelic Zai 
Editor : Primadonna Angela
Desain sampul : Martin Dima
Cetakan I : Oktober 2013 ; 504 hlm ; ISBN 978-979-22-9548-1
Rate : 4 of 5

Kisah dibuka dengan kelahiran seorang bayi laki-laki yang diberi nama Immiker – putra Larch, seorang penjaga hutan milik bangsawan di Kerajaan Monsea. Sang ibu yang meninggal saat melahirkan, membuat Larch harus membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus bayinya. Namun Immiker merupakan bayi ajaib, yang menimbulkan kecurigaan bahwa ia merupakan salah satu bayi Graceling. Kekhawatiran Larch terbukti saat Immiker berusia 3 tahun, warna mata sebelah kanan dan kiri berubah, berbeda satu sama lain. Menurut peraturan, semua keturunan yang terbukti Graceling harus diserahkan dan menjadi milik Kerajaan. Namun Larch terlalu mencintai putranya hingga memilih melarikan diri dan bersembunyi demi sang bayi. Perjalanan yang sangat berat dan berbahaya, membawa Larch dan putranya memasuki sebuah terowongan gua bawah tanah yang berujung di sebuah kawasan tak dikenal bernama Kota Dells.



Kota Dells dihuni oleh makhluk-makhluk unik, perpaduan antara manusia, monster dan makhluk-makhluk gaib. Wilayah yang sangat luas ini diperintah oleh Raja Nax Tua yang bijaksana, serta panglima militer yang tangguh dan cemerlang : Brocker. Hingga sang raja mangkat digantikan Raja Nax muda memerintah Kota Raja, yang memerintahkan penangkapan Brocker dan meremukkan kedua belah kaki panglima gagah perkasa, kemudian mengirimnya dalam kondisi nyaris tewas kepada istrinya. Kondisi semakin memburuk saat Raja Nash memilih penasehat baru, Lord Cansrel – pria tampan nan menawan yang menyembunyikan sosok aslinya sebagai monster yang kejam. Semenjak itu perpecahan terjadi, para bangsawan mulai memberontak dan membentuk persekutuan dan pemerintahan tersendiri. Dari Lord Mydogg di belahan utara hingga Lord Gentian di selatan, Dells mengalami masa-masa suram yang panjang.
“Cinta dan hasrat adalah dua hal yang sama sekali berbeda, karena cinta akan memberikan kebebasan sedangkan hasrat justru membelenggu dan menyimpan demi ke-egois-an semata.”
Kisah yang mengambil periode waktu semasa Immiker masih merupakan bocah, namun sudah memiliki kekuatan mematikan. Immiker yang berganti nama menjadi Leck setelah membunuh ayah kandungnya, tersesat memasuki dunia Dells tanpa berhasil kembali ke Monsea. Dan di sinilah ia mengasah kemampuannya memanipulasi benak makhluk hidup demi kepentingan pribadinya. Kisah ini juga tentang gadis bernama Fire – terlahir sebagai monster, keturunan Cansrel yang sangat ditakuti dan dibenci di wilayah Dells. Namun Fire meski memiliki kekuatan sama dengan ayahnya, sifatnya justru bertolak belakang dengan jiwa monster sang ayah yang menyukai penderitaan atas aneka siksaan pada makhluk lain. Dengan seting waktu peperangan yang berkecamuk di semua wilayah Dells, perpecahan yang terjadi dimana-mana akibat kerusakan moral yang terjadi selama bertahun-tahun, hingga muncul sosok yang akan menjadi pemersatu bangsa yang tak lagi memiliki kepercayaan satu sama lain.

Keunikan kisah ini, dimulai dari karakter Graceling yang diwakili bocah Leck – yang sangat berbeda dengan karakter Katsa maupun Po di buku pertama. Kemampuannya yang sangat menakjubkan ternyata diiringi dengan jiwa monster yang menyukai penderitaan makhluka lain, dan tak segan-segan menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya. Sedangkan Fire – seumur hidup harus memikul beban sebagai keturunan monster, namun memiliki hati yang lembut dan perasa, meski memiliki kemampuan memanipulasi siapa pun, ia menolak melakukannya dan berpegang teguh pada prinsipnya. Sepanjang kisah ini, penulis menuturkan rangkaian serta jalinan hubungan unik antara individu yang berbeda karakter dan pengembangan masing-masing di kala mereka dihadapkan pada ujian berat dalam kehidupannya.
“Sejak dulu kau selalu jauh lebih takut pada dirimu daripada terhadap teror apa pun di dunia ini.” [ ~ Archer to Fire | p. 291 ]
Pemilihan karakter utama Fire yang sangat kompleks, menjadi sebuah bahan pertimbangan tersendiri bagi pembaca, terutama pada adegan saat ia bercermin, apa yang terlihat di sana, sedikit banyak mengingatkan diriku akan Cermin Tarsah dalam kisah Harry Potter ... Bagaimana perjuangan sosok Fire – gadis yang memiliki kecantikan memukau hingga mampu membuat siapa pun (terutama kaum pria) tergila-gila hingga menimbulkan perselisihan dan pembunuhan, sebuah kelebihan yang dianggap sebagai kutukan bagi dirinya, karena ia melihat sisi ‘monster’ yang ada dalam dirinya saat menatap cermin... Jika Lech ‘menerima’ bakatnya dengan tangan terbuka, namun digunakan untuk melakukan kejahatan, maka Fire ‘menolak’ bakatnya, menganggapnya sebagaimana kutukan, hingga seseorang membuka mata hatinya, untuk ‘menyambut’ kemampuan itu dan melakukan kebaikan bagi makhluk lain.
“Apa yang kau pikirkan dalam benakmu itulah dirimu sebenarnya, jadi sebelum bercermin, ubahlah pemikiran dalam benakmu terlebih dahulu, bukan berusaha keras merubah penampilan luarmu” (at least that’s how I think about this story).
Tentang Penulis :
Kristin Cashore dibesarkan di pedesaan sebelah timur laut Pennsylvania sebagai putri kedua dari empat saudara perempuan. Ia menerima gelar sarjana dari William Colllege dan gelar master dari Center for the Study of Children’s Literature di Simon College. Ia pernah bekerja sebagai penjaga anjing, pengemas di pabrik permen, asisten editor, asisten legal, dan penulis paruh waktu. Ia pernah tinggal di banyak tempat (termasuk Sydney, New York City, Boston, London, dan Austin, Texas), dan sekarang ia tinggal di Massachusetts. Novel debut Kristin Cashore “Graceling”, timbul dari lamunannya tentang gadis yang memiliki kekuatan luar biasa – dan menjalin persahabatan dengan pemuda yang tidak bisa dinikahinya. 

[ more about the author and related works, just check at here : Kristin Cashore | on Goodreads | on Wikipedia ]

Best Regards,

Hobby Buku 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...