Translate

Saturday, November 23, 2013

Books "BLACK POWDER WAR"

Books “PERTEMPURAN SANG NAGA”
Judul Asli : BLACK POWDER WAR
[ book 3 of TEMERAIRE Series ]
By Naomi Novik
Copyright © 2006 by Temeraire LLC
Penerbit Elex Media
Alih Bahasa : Ine Milasari Hidajat
Editor : Andriyani
Cetakan I : November 2013 ; 508 hlm ; ISBN 978-602-02-2587-6
Rate : 3.5 of 5

Temeraire – Naga Celestial dari Kerajaan China, yang jatuh ke tangan Inggris dalam pertempuran Eropa, antara Inggris dan Prancis, sempat menikmati kehidupan yang sama sekali berbeda bersama sang penunggang Kapten Will Laurence serta kru-nya, ketika mereka menjalani misi diplomatis di China. Namun kondisi berubah total ketika mereka terlibat dalam aksi kudeta yang hendak dilakukan oleh Pangeran Yongxing – saudara kandung Kaisar China. Percobaan-percobaan pembunuhan terhadap Laurence dan anggota pasukannya, berhasil digagalkan, dan akhirnya justru sang Pangeran tewas dalam aksi terakhirnya.



Kematian Pangeran Yogxing membawa dampak besar pada diri Temeraire, hingga ia bersedia meninggalkan tanah leluhur serta kerabatnya, untuk kembali ke Inggris bersama Laurence. Namun sebelum rombongan mereka berangkat, sebuah perintah khusus datang dari pimpinan di Inggris. Kapten Laurence beserta pasukannya, diharuskan menuju Kerajaan Turki secepat mungkin, untuk menjemput tiga buah telur Naga yang akan segera menetas. Tanpa mengetahui pasti kondisi sepanjang perjalanan jauh ke wilayah tak dikenal, Laurence mengambil seorang pemandu bernama Tharkay – pria aneh, penyendiri, namun diakui memiliki pengetahuan serta pengalaman menjelajah wilayah-wilayah tertentu, termasuk Turki.

Karena Kapal Allegiance sedang dalam perbaikan akibat kecelakaan kebakaran, maka satu-satunya cara, perjalanan tersebut harus ditempuh melalui jalur darat. Melewati perbatasaan dan kawasan Prancis cukup berbahaya, ditambah dengan medan yang panjang, sulit serta cuaca yang tak terduga. Mulai dari padang pasir, badai yang acapkali muncul dengan tiba-tiba, perompak sepanjang wilayah tak bertuan, kelaparan hingga kekeringan serta aneka kecelakaan aneh yang merenggut nyawa anggota pasukan satu demi satu, semuanya merupakan kisah petualangan yang menarik dan menegangkan.

Masuknya ‘kawan-lama’ dari China, Lien – Naga Celestial albino yang memiliki kekuatan aneh, menaruh dendam membara terhadap Temeraire yang dianggap sebagai penyebab kematian penunggangnya : Pangeran Yongxing. Kondisi Lien yang aneh, membuatnya dikucilkan oleh masyarakat China termasuk kaum Naga. Maka dengan kematian sang penunggang, yang juga merupakan satu-satunya teman, Lien meninggalkan China, menyeberangi Lautan untuk bergabung dengan pihak yang dibencinya : Kaum Barat, dalam hal ini pihak Prancis, guna membantu Napoleon mengalahkan Inggris sekaligus menyingkirkan Temeraire dan setiap pihak yang disayanginya ...

Jika dalam buku pertama, pembaca diajak menelusuri petualangan di kawasan Inggris, dan buku kedua memiliki nuansa kental Oriental akan kehidupan di China yang sama sekali berbeda dengan Inggris, maka buku ketiga sekali lagi memberikan sajian yang tak kalah menariknya. Perpaduan antara kondisi suram peperangan yang berkepanjangan, penderitaan para penduduk serta pasukan Prussia dalam melawan serta mempertahankan wilayah mereka dari serbuan pasukan Prancis, mampu menimbulkan rasa penasaran akan gambaran detil peperangan di kawasan Eropa.

Tugas awal yang semula merupakan misi menjemput telur-telur Naga, berubah kala pihak Kerajaan Turki bersekutu dengan Prancis demi menangguk keuntungan setelah menerima pembayaran dalam jumlah besar dari pihak Inggris. Keunikan lain dalam kisah-kisah tentang Naga yang selama ini kubaca, adanya dialog serta penuturan pola pikir Temeraire yang dalam serta lugas, sekaligus cukup polos, seputar politik, loyalitas, kejujuran serta misi, yang acapkali memancing Laurence untuk menggali pengetahuan hingga berusaha keras menjabarkan dunia ‘kaum-manusia’ terhadap sosok Naga yang sangat cerdas dan memiliki kepekaan tersendiri.

Bobot kisah buku ketiga ini jauh lebih serius dan mengulas aneka sudut pandang yang menarik. Namun entah mengapa, kembali pada kasus buku pertama, gaya tutur bahasa serta emosi dalam edisi ini terasa janggal dan kurang menarik. Saat buku kedua jauh lebih ‘merasuk’ , maka dalam buku ketiga ini kembali datar, bagai membaca kisah sejarah ala text-book tanpa melibatkan perasaan maupun emosi. Alhasil sampai pada akhir kisah yang cukup bikin penasaran sekaligus jengkel (karena endingnya benar-benar menggantung), kali ini cukup 3.5 bintang untuk Temeraire \(-__-)/

Note : terus terang diriku tidak termasuk ‘rewel’ soal desain sampul, tetapi jika melihat perbandingan dengan edisi-edis lainnya, kenapa jauh sekali berbeda ya ... membuat ‘iri’ dengan desain edisi luar negeri yang sangat menarik, coba saja lihat perbandingannya, seharusnya penerbit mampu membuat yang lebih bagus tanpa harus sama persis dengan versi aslinya, apalagi kisah tentang Naga selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi sesama penggemar kisah fantasi.

Tentang Penulis :
Naomi Novik, menjadi pembaca setia kisah-kisah fantasi sejak usia 6 tahun, ketika ia pertama kali membaca kisah The Lord of the Rings karya JRR Tolkien. Selain itu, ia juga menggemari karya-karya Patrick O’Brien dan Jane Austen, serta mempelajari sejarah khususnya sepanjang masa Napoleon Bonaparte. Lulusan Brown University dalam bidang literatur Inggris ini sempat melakukan graduate-work dalam bidang ilmu komputer di Columbia University, yang akhirnya ditinggalkan untuk menekuni proyek desain dan pengembangan game komputer bernama Neverwinter Nights : Shadow of Undrentide.

Setelah menjalani sepanjang musim dingin mengerjakan game tersebut di Edmonton, Kanada, ia menyadari bahwa dirinya lebih menyukai menulis daripada sebagai progamer. Maka sekembalinya ke New York, ia memutuskan untuk menekuni dunia penulisan, dan hasilnya adalah His Majesty’s Dragon sebagai novel pertama sekaligus buku pertama dari serial Temeraire. Kini ia tinggal dan menetap di New York bersama suami dan ke-6 komputernya. Untuk mengenal Naomi Novik lebih dekat, silahkan berkunjung di situs resminya di www.temeraire.org.

[ more about this author and related works, just check at here : Naomi Novik | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...