Translate

Saturday, November 23, 2013

Books "THRONE OF JADE"

Books “TAKHTA LANGIT”
Judul Asli : THRONE OF JADE
[ book 2 of TEMERAIRE Series ]
By Naomi Novik
Copyright © 2006 by Temeraire LLC
Penerbit Elex Media
Alih Bahasa : Ine Milasari Hidajat
Cetakan I : Oktober 2012 ; 536 hlm ; ISBN 978-602-02-1733-8
Rate : 4 of 5

Di tengah kancah pertempuran antara pasukan Napoleon dari Prancis dan pasukan Kerajaan Inggris, Kapten Will Laurence yang secara resmi telah diangkat sebagai anggota pasukan Angkatan Udara bersama naga Celestial-nya Temeraire, kini menghadapi masalah baru. Utusan khusus dari Kerajaan China datang untuk ‘meminta’ kembali Temeraire yang sebenarnya merupakan bingkisan dari Kaisar China kepada Kaisar Prancis Napoleon. Namun kapal fregat Prancis yang mengangkut Telur Naga itu kalah dalam pertempuran di laut sehingga kapal serta awak dan seluruh isinya, disita oleh HMS Reliant dari Inggris dibawah pimpinan Kapten Will Laurence (yang kala itu masih menjabat di Angkatan Laut).



Yang menjadi masalah, pemerintah Inggris membutuhkan kerjasama dari pihak China, guna menjamin mereka sebagai sekutu dalam Perang Eropa yang berkepanjangan. Maka demi menjaga hubungan baik antara kedua belah pihak, diputuskan untuk membawa serta Temeraire beserta seluruh kru dan sang Penunggang Naga untuk berkunjung ke China. Temeraire sendiri telah memutuskan untuk ‘melukai’ siapa pun yang memisahkan dirinya dengan Laurence. Hubungan antara Naga Celestial yang termasuk langka, dengan penunggangnya  Laurence, yang awam tentang Naga hingga ia bertemu dengan Temeraire, berjalan sedemikian erat hingga bisa dikatakan mereka telah mengikat jiwa satu dengan lainnya.

Perjalanan panjang ditempuh melalui samudra luas dengan medan berat karena harus melalui jalur pertempuran serta perbatasan kekuasaan Prancis, belum lagi kondisi cuaca yang bisa sewaktu-waktu memburuk. Hubungan antara Temeraire dan Laurence mengalami pasang-surut, terutama akibat kehadiran pihak ketiga di antara mereka. Utusan China dipimpin secara pribadi oleh Pangeran Yongxing – saudara kandung Kaisar China, yang semenjak awal pertemuannya dengan Laurence, saling tidak menyukai satu sama lain. Laurence yang dibesarkan dan dididik untuk membela diri dari aneka serangan, kini menghadapi lawan yang sama sekali berbeda. Adat dan kebiasaan bangsa China (terutama kaum Kerajaan) tidak akan menyerang secara langsung, hal itu dianggap kasar dan ‘barbarian’.

Jika ada yang mengusik Temeraire atau dirinya, Laurence sanggup mengusir mereka, namun bagaimana jika tipu muslihat dengan cara halus dijalankan ? Pangeran Yongxing berusaha menarik minat Temeraire dalam diskusi dan perbincangan seputar sastra, budaya dan tulisan China. Ia mengetahui keunggulan Naga Celestial bukan saja dari kekuatan ‘suara’ yang mampu menghancurkan benda apa pun, melainkan juga kehalusan budi pekerti, pemahaman serta kecerdasan di atas rata-rata untuk menyerap pengetahuan dengan cepat. Laurence mendapati dirinya harus menaruh minat pada hal-hal baru yang menarik perhatian Temeraire, atau ia akan kehilangan keakraban mereka. Dan bagaimana jika rombongan mereka akhirnya mendarat di daratan China ? Akankah Temeraire berubah pendapat, setelah menginjak tanah air serta bertemu kerabat dan keluarganya ?

Kisah kedua petualangan Temeraire dan Laurence, bisa dikatakan perpaduan petualangan yang seru dan menegangkan sekaligus unsur misteri yang menyelubungi sepanjang waktu, terutama usaha menyingkap siapa sebenarnya oknum dibalik layar yang hendak melenyapkan Laurence dalam berbagai aksi pembunuhan (yang berhasil digagalkan). Jika dalam buku pertama, unsur ketegangan dan petualangan seru muncul dari aneka pertempuran yang dialami oleh Temeraire serta rekan-rekan seperjuangan Naga lainnya, maka justru di buku kedua ini, ketegangan dibangun dalam nuansa serba misterius, tidak mengetahui siapa sebenarnya kawan dan lawan, di tempat yang asing bagi Temeraire maupun Laurence. Terjemahan dalam buku ini juga jauh lebih baik dibandingkan buku pertama, sehingga sayang ending kisah buku ini harus ‘menggantung’ untuk memperoleh jawaban yang diharapkan muncul di buku ketiga nanti ...

Tentang Penulis :
Naomi Novik, menjadi pembaca setia kisah-kisah fantasi sejak usia 6 tahun, ketika ia pertama kali membaca kisah The Lord of the Rings karya JRR Tolkien. Selain itu, ia juga menggemari karya-karya Patrick O’Brien dan Jane Austen, serta mempelajari sejarah khususnya sepanjang masa Napoleon Bonaparte. Lulusan Brown University dalam bidang literatur Inggris ini sempat melakukan graduate-work dalam bidang ilmu komputer di Columbia University, yang akhirnya ditinggalkan untuk menekuni proyek desain dan pengembangan game komputer bernama Neverwinter Nights : Shadow of Undrentide.

Setelah menjalani sepanjang musim dingin mengerjakan game tersebut di Edmonton, Kanada, ia menyadari bahwa dirinya lebih menyukai menulis daripada sebagai progamer. Maka sekembalinya ke New York, ia memutuskan untuk menekuni dunia penulisan, dan hasilnya adalah His Majesty’s Dragon sebagai novel pertama sekaligus buku pertama dari serial Temeraire. Kini ia tinggal dan menetap di New York bersama suami dan ke-6 komputernya. Untuk mengenal Naomi Novik lebih dekat, silahkan berkunjung di situs resminya di www.temeraire.org.

[ more about this author and related works, just check at here : Naomi Novik | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...