Translate

Tuesday, November 12, 2013

Books "BONE VOL IV : THE DRAGON SLAYER"

Books “SANG PEMBASMI NAGA”
Judul Asli : BONE Vol. IV – THE DRAGON SLAYER
[ Trilogy II : Solstice Vol. IV ]
Copyright © 2005 by Jeff Smith
Map of The Valley © by Mark Crilley
Copyright Indonesian edition © 2007 by Pioner Jaya
Alih Bahasa : Ricky Sidharta
Tata Letak : Marina N. Sumardi & Asep Suparman
Editor : Sofian G. Sumardi
Cetakan I : September 2007 ; 176 hlm ; ISBN 979-542-223-5
Rate : 4 of 5

Dalam kisah sebelumnya telah diungkap rahasia masa lalu Thorn serta tragedi mengerikan yang menyebabkan kematian ribuan nyawa. Dahulu kala The Valley (lembah) diperintah oleh Raja dan Ratu Atheia, dimana kawasan pegunungan Barat bermukim kaum Naga dan kaum Monster Tikus hidup di kawasan Timur. Kemudian perang besar pecah, meninggalkan korban jiwa sangat banyak di semua pihak. Kekacauan yang terjadi memaksa diadakan tindakan baru berupa perjanjian antara para Naga, manusia serta kaum Monster Tikus, untuk tidak melakukan penyerangan dan pembunuhan, dan menjaga serta menjalani kehidupan masing-masing di kawasan yang telah ditunjuk. Salah satu kesepakatan yang membawa perubahan besar adalah kesetaraan menjadi jembatan bagi mereka semua, yang berarti tidak ada lagi kerajaan, terutama setelah semua keluarga dan kerabat kerajaan tewas terbunuh.



Rahasia yang disimpan rapat-rapat hingga kini mulai terungkap, sang putri yang masih kanak-kanak ternyata berhasil diselamatkan oleh sang nenek dan disembunyikan dalam lindungan para Naga. Rose Harvestar atau yang kini lebih dikenal sebagai nenek Ben adalah Ratu Atheia yang menyembunyikan jati dirinya demi melindungi cucunya Thorn Harvestar. Tragedi yang menyakitkan tentang kematian kedua orang tua Thorn akibat pengkhianatan orang kepercayaan mereka, hingga mereka semua tewas di tangan Kingdok – Raja Mosnter Tikus, semuanya dipendam rapat-rapat oleh nenek Ben, hingga Thorn mulai mendapat mimpi-mimpi yang merupakan ‘pesan’ tentang masa lalu serta masa depan yang harus ia hadapi. Jika sebelumnya nenek Ben selalu mampu mengalihkan perhatian Thorn kepada topik lain, kini ia tak mampu lagi mengelak dengan adanya bukti nyata dan keberadaan Fone Bone yang anehnya memiliki hubungan dengan mimpi-mimpi Thorn.

Akibatnya hubungan Thorn dan nenek Ben menegang, terutama Thorn yang merasa kecewa serta memendam amarah akibat ketidak-terus-terangan nenek Ben, meski ia telah berulang-ulang mengungkap mimpi-mimpi aneh yang ia alami. Puncaknya, saat mereka diserang Kingdok, hingga Thorn berhasil memenggal tangan Raja Monster Tikus itu ... Thorn melarikan diri dari nenek Ben, diikuti oleh Fone Bone yang mencemaskan dirinya. Di sisi lain, Phoney Bone dibantu dengan Smiley, sibuk melancarkan strategi demi memenangkan taruhan dengan Lucius Down – pemilik Barrel Haven, bar dan tenpat berkumpul penduduk desa. Sebuah kampanye baru diluncurkan, menetapkan musuh yang paling berbahaya dibandingkan Monster Tikus (sebuah fakta yang sebenarnya suatu kebohongan besar) adalah kaum Naga, dan Phoney Bone adalah Sang Pembasmi Naga yang terkenal (menurut pengakuan pribadinya).

Kisah yang merupakan perpaduan petualangan menakjubkan, ilustrasi yang menawan, humor-humor segar mewarnai sepanjang kisah disertai plot yang cukup kompleks dan penuh ketegangan. Antara pencarian jati diri yang dilakukan oleh gadis bernama Thorn, hingga ia menyadari takdirnya sebagai Thorn Harvestar – penerus kerajaan Atheia, yang harus menemukan jalan untuk memimpin kaum manusia melawan musuh lama yang telah sekian ribu tahun terkubur dalam wujud batu. Musuh yang mengerikan, disebut sebagai Raja Belalang – musuh utama kaum Naga yang menjaga mimpi, kini telah menemukan jalan keluar dan meraih kekuatannya kembali dengan bantuan sosok yang dikenal sebagai Tuan Berkerudung, yang mampu mengendalikan kaum Monster Tikus melalui Kingdok. Keunikan format kisah yang berbentuk komik strip dengan warna hitam-putih ini, menunjukan keahlian Jeff Smith sebagai ilustrator handal sekaligus penulis kisah fantasi yang tak kalah menariknya.

[ more about the author and related works, just check at here : Jeff Smith | Bone Series | Bone on Wikipedia | Boneville ]

Best Regards,

Hobby Buku 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...