Translate

Tuesday, November 12, 2013

Books "BONE VOL VII : GHOST CIRCLES"

Books “LINGKARAN SETAN”
Judul Asli : BONE Vol. VII – GHOST CIRCLES
[ Trilogy II : Harvest Vol. VII ]
Copyright © 2005 by Jeff Smith
Map of The Valley © by Mark Crilley
Copyright Indonesian edition © 2008 by Pioner Jaya
Alih Bahasa : Ricky Sidharta
Tata Letak : Marina N. Sumardi & Asep Suparman
Editor : Sofian G. Sumardi
Cetakan I : Mei 2008 ; 156 hlm ; ISBN 979-542-226-x
Rate : 4 of 5

The Valley telah musnah menjadi abu ! Kaum Monster Tikus telah mengawali perang dengan membakar pemukiman penduduk, namun kekuatan Gelap terbesar muncul dari kebangkitan Raja Belalang berkat bantuan Tuan Kerudung atau yang dikenal sebagai Briar – saudara kandung Rose Ben yang diduga telah tewas bertahun-tahun silam. Pasukan Venu – penjaga Dimensi Mimpi telah bangkit dan membantu penduduk, namun dengan lenyapnya Rose Ben serta ketidak-jelasan dimana gerangan Thorn Harvestar berada, pasukan rahasia ini berencana menarik diri, bersembunyi kembali hingga saat yang tepat untuk bangkit. Namun hal ini mendapat tentangan dari penduduk yang berhasil diselamatkan. 



Dipimpin oleh Lucius Down yang selamat meski terluka parah, mantan kapten pengawal Kerajaan Atheia, yang merasa berdosa akibat bujukan sosok Briar yang dirasuki Raja Belalang, justru menyebabkan kematian orang-orang yang ia kasihi. Musuh semakin kuat dan kebangkitan Raja Belalang tak diragukan akan mengancam kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia. Apakah mereka mampu menyatukan kekuatan atau justru terpecah-belah sebagaimana tujuan awal rencana yang dibuat oleh antek-antek Raja Belalang ? Di sisi lain dari The Valley (atau bekas dan reruntuhan dari The Valley), Nenek Ben, Thorn dan ketiga Bone, menempuh medan yang sangat berat dan berbahaya untuk menemukan lokasi Kerajaan Atheia. 

Lokasi Kerajaan ini satu-satunya harapan untuk memperoleh kekuatan dan bantuan dari leluhur, karena kaum Naga telah menyatakan untuk ‘bertapa’ dan tidak bersedia ikut campur dalam perang ini. Satu-satunya bantuan diberikan oleh Naga Merah Perkasa, yang terikat oleh sumpah hingga tak bisa keluar dan membantu secara fisik, namun mampu ‘mengirim’ pesan melalui mimpi-mimpi aneh pada Fone Bone dan Thorn. Perjalanan rombongan ini bukan saja tanpa halangan, karena Kingdok dan pasukannya serta Roque Ja tetap melacak jejak dan memburu mereka tanpa henti, hingga semuanya dimusnahkan. Satu-satu jalan keluar saat mereka terjepit, adalah menerobos ‘lingkaran-setan’ yang membuat kaum iblis dan monster tak mampu menembus dinding kasat mata. 

Namun bahaya baru menanti mereka, karena ‘lingkaran-setan’ menjebak siapa saja yang berada di dalamnya, ke suatu kondisi dimana ilusi mimpi buruk seakan menjadi kenyataan di depan mata masing-masing. Petualangan ini mengingatkan akan kisah ‘The Fellowship of The Ring’ karya JRR Tolkien (meski tentu saja tetap tak ada yang mengalahkan kisah epik Lord of The Ring), dan Jeff Smith mampe menyajikan humor menggelitik dalam adegan yang mencekam sekalipun. Seperti ketika mimpi buruk ketiga Bone terwujud dalam bentuk Phoney berubah menjadi Kapten Ahab (lengkap dengan satu kaki kayu dan satu mata), sedangkan Fone Bone menjadi Ishmael (lengkap dengan kostum pelautnya yang justru bikin imut), dan syukurlah Smiley tidak berubah (lagi) menjadi ikan paus bernama Moby Dick ... (^_^). 

Kekuatan Thorn sebagai Veni-Yan-Cari, pengendali mimpi sekaligus menyimpan sebagian kekuatan dari Raja Belalang ketika ia diserang pasukan Belalang, sebelum Fone Bone muncul menyelamatkan dirinya, menjadikan dirinya sebagai pemandu rombongan keluar dari lingkaran setan yang tak terlihat oleh mata telanjang. Uniknya, di saat-saat Thorn mengalami kesulitan Fone Bone selalu mampu datang dan menolongnya, hal yang ternyata diamati secara cermat oleh Smiley yang biasanya bersikap cuek dan tak pedulian. Benarkah bahwa sebenarnya Bone yang telah ‘ditandai’ adalah Fone Bone bukannya Phoney ? Dan karena itukah Naga Merah Perkasa selalu muncul dalam mimpi-mimpi Moby Dick-nya, memberikan bantuan dan petunjuk-petunjuk aneh ? Satu hal lain yang kusukai dalam kisah ini, Bartleby is back ... dan kini merupakan Monster besar bukan bayi lagi, sehingga mampu membantu rombongan Bone (terutama Smiley Bone yang sangat menyayanginya) – dan masih tetap imut meski tidak berwujud bayi hurrayy !!

[ more about the author and related works, just check at here : Jeff Smith | Bone Series | Bone on Wikipedia | Boneville ]

Best Regards,

Hobby Buku 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...