Translate

Saturday, December 28, 2013

Books "THE FIRE CHRONICLE"

Books “BUKU-BUKU PERMULAAN : KITAB API”
Judul Asli : THE FIRE CHRONICLE
[ book 2 of THE BOOK OF BEGINNING Series ]
Text copyright © 2012 by John Stephens
Chapter-opening art copyright © 2012 by Grady McFerrin
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Editor : Barokah Ruziati
Desain & ilustrasi cover : Martin Dima (martin_twenty1@yahoo.co.id)
Cetakan I : Oktober 2013 ; 528 hlm ; ISBN 978-979-22-9989-2
Rate : 4.5 of 5

Ok, buku kedua dari seri ini langsung kulahap karena penasaran berat akibat ending yang bikin gregetan karena meski banyak hal yang terungkap, ternyata juga membuka pintu misteri lain yang tak kalah peliknya. Setelah berhasil selamat dari (percobaan) pembantaian yang dilakukan oleh pihak lawan, Dr. Stanislaus Prym mengambil langkah pengamanan, dengan mengirim kembali tiga bersaudara ke Panti Asuhan Edgar Allan Poe untuk Anak-Anak Yatim Piatu Tanpa Harapan dan Tidak Dapat Disembuhkan (meski ia harus memperdaya Miss Crumley).

Kate, Michael dan terutama Emma sangat tidak menyukai kondisi ini, namun tak memiliki kesempatan untuk mengambil jalan lain. Sembari menunggu dalam ‘persembunyian’ selama berminggu-minggu, menanti kabar dari Dr. Prym, mereka berusaha menyibukkan diri (entah mengapa jadi ingat nasib Harry Potter yang harus tinggal bersama keluarga Dursley selama liburan sekolah). Ketika waktu bergulir tanpa tanda-tanda ada pesan baru dari Dr. Prym, Kate yang paling sabar diantara ketiganya, mulai gelisah dan merasa was-was bahwa sesuatu akan terjadi ....



Musuh tiba-tiba datang menyerang dalam bentuk badai aneh, dan di saat-saat genting, Dr. Prym berhasil membawa mereka ‘melompat’ ke tempat yang sangat jauh. Sayangnya dalam pergulatan melawan musuh, Kate yang berusaha menyelamatkan adik-adiknya, melakukan ‘lompatan-waktu’ ke masa yang tak diketahui dan tidak kembali tepat waktu saat Dr. Prym memutuskan mereka harus pergi ke tempat yang lebih aman. Tanpa Kate, mereka harus melacak jejak yang akan membawa pada penemuan bagian lain dari Kitab-Kitab Permulaan.

Michael harus mengambil alih peran Kate dalam mengambil keputusan dan menjaga Emma. Hal yang telah ditekankan oleh Kate sebelum ia menghilang (ia memiliki kemampuan memimpikan bagian-bagian masa depan yang terburuk), menjadi beban tersendiri bagi Michael. Namun hal ini ternyata memang dibutuhkan karena ia adalah salah satu yang Terpilih untuk mencari salah satu dari ke-3 Kitab tersebut. Mampukah ia memenuhi takdirnya, yang berarti harus berhadapan langsung dengan bahaya yang mengancam nyawanya ? Dan bagaimana dengan nasib Kate yang ‘terlempar’ di masa lampau tanpa berhasil menemukan ‘pintu’ untuk kembali ke masanya ?

Kisah kali ini penuh dengan nuansa yang lebih kelam dan suram. Adegan menegangkan sekaligus (nyaris) membuat miris dan kecewa, karena kegagalan serta rintangan berat mewarnai perjalanan para tokoh utama kita. Meski demikian selubung misteri mulai terkuak dan bayangan kemana arah dan tujuan akhir kisah ini, sedikit banyak bisa diraba. Walau demikian, penulis tetap menyajikan rangkaian kejutan serta perubahan yang mencengangkan sepanjang kisah ini. Satu hal yang (sekali lagi) membuatku sangat jengkel, adalah menjelang akhir kisah hingga ending, suasana serta alurnya sangat-sangat menggantung, menimbulkan tanda tanya besar, bagaimana kelanjutan kisah ini ? (dan ternyata belum ditulis oleh sang penulis, masih dalam proses keluar judul buku di akhir tahun 2013, duh lama nian menunggunya nih ...)

[ more about this author and related works, just check at here : John Stephens | on Wikipedia | on Goodreads | at Twitter ]

Best Regards,

Hobby Buku

1 comment:

  1. Nisa | azzahra.annisa15@gmail.com | Alasan: Sudah punya buku pertamanya dan lagi nyari murah/gratisan untuk buku keduanya karena lebih tebal & lebih mahal buku kedua. :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...