Translate

Friday, January 31, 2014

Books "INSURGENT"

Judul Asli : INSURGENT
[ book 2 of DIVERGENT Trilogy ]
Copyright © 2012 by Veronica Roth
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Nur Aini
Editor : Esti Budihabsari
Proofreader : Emi Kusmiati
Desain sampul : Joel Tippie
Penata sampul : BLUEgarden
Cetakan I : Desember 2012 ; 552 hlm ; ISBN 978-979-433-737-0
Rate : 4.5 of 5

Beatrice ‘Tris’ Prior dan Tobias ‘Four’ Eaton, bukan lagi Faksi Dauntless, terutama setelah mereka berhasil meloloskan diri dari konspirasi yang dilakukan atas perintah  Jeanine Matthews – anggota Dewan dari Erudite yang berpengaruh. Berkat ilmu pengetahuan yang diam-diam mereka lakukan, anggota Faksi Dauntless diperdaya, dijadikan alat pemusnah kelompok lain, dimulai dengan pemusnahan kaum Faksi Abnegation. Tris dan Four, yang sama-sama Divergent, tidak terpengaruh oleh serum yang mengendalikan sebagian besar kaum Dauntless. Kini, perpecahan mulai muncul ketika Faksi-Faksi lain mulai menyadari kondisi genting yang akan menimbulkan peperangan antar Faksi. Abnegation lenyap, terutama Anggota Dewan tertinggi yang terlebih dahulu dieksekusi.


Hanya segelintir dari mereka yang berhasil meloloskan diri. Sedangkan sisanya tewas memperjuangkan kebenaran, termasuk kedua orang tua Tris. Marcus Eaton –ayah kandung Tobias yang sangat dibenci oleh putra kandungnya, adalah salah satu anggota Dewan yang selamat, dan berusaha menggalang rencana bersama Johanna Reyes dari faksi Amity. Tris dan Caleb kembali bersatu, terutama setelah kematian tragis kedua orangtua mereka. Fakta bahwa sang ibu ternyata pejuang Dauntless dan mengorbankan nyawanya membebaskan putrinya yang ditawan,  disusul kematian ayahnya dalam pertempuran – sosok yang selama ini dikenal sebagai penganut Abnegation yang kuat, membuat Tris kehilangan pegangan dalam menghadapi hidup baru. Namun hal ini tidak dapat berlangsung lama karena Faksi Dauntless yang berada dalam kendali Faksi Erudite di bawah pimpinan Jeanine Matthews, kini memburu kaum Divergent.

Terlepas dari pengetahuan dan mitos masyarakat tentang kaum Divergent, Tris dan Tobias mulai menyadari bahwa keunikan mereka, juga menjadi teka-teki bagi Jeanine Matthews. Bahkan percobaan serum terbaru yang berhasil mempengaruhi Tobias dalam kendali kontrolnya, mampu di-hapuskan oleh Tris, tetap merupakan tanda tanda besar. Melalui Marcus Eaton-lah Tris memperoleh sekelumit keterangan bahwa Jeanine Matthews memburu sebuah informasi rahasia yang disimpan oleh para anggota Dewan selama turun menurun. Rahasia tersebut rencananya akan diungkapkan kepada masyarakat luas, sebelum pemusnahan dan perburuan oleh pasukan Jeanine Matthews dimulai. Tobias yang tak pernah memaafkan ayahnya, tak bersedia mendengarkan uacapan pria tersebut. Alih-alih ia membuka komunikasi dengan kaum factionless, yang diluar dugaan dipimpin oleh Evelyn – ibu Tobias yang diberitakan telah meninggal bertahun-tahun silam.

Kedamaian dan keteraturan yang selama ini dijaga melalui keberadaan 5 Faksi, kini terpecah belah, sistem porak poranda dan kehancuran serta kematian menyongsong di depan mata masyarakat. Di tengah semua kekacauan ini, masyarakat membutuhkan panduan dan pemimpin guna mengembalikan stabilitas mereka. Di sisi lain Jeanine Matthews memimpin pembentukan pemerintahan baru dengan agenda tersendiri, tanpa menghiraukan berapa banyak korban jiwa berjatuhan, semuanya demi tercapai tujuan utama. Di sisi lain, kaum pemberontak dan mereka yang selamat, menunjuk Tobias ‘ Four’ Eaton yang berkolaborasi dengan kaum factionless untuk menghadapi musuh dengan segala cara. Tris tahu ia harus berada di sisi Tobias, namun bagaimana jika hati kecilnya mengatakan bahwa kedua belah pihak yang siap berhadapan, sama-sama menjalankan misi yang tidak sepenuhnya benar. Bahwa ada cara lain yang bisa ditempuh demi keselamatan mereka semua. Permasalahannya, beranikah Tris mengambil langkah tersebut, meski ia harus mengkhianati kepercayaan dan cinta Tobias terhadap dirinya ?
Insurgent (noun) : orang yang bertindak sebagai oposisi terhadap otoritas yang mapan, yang tidak selalu dianggap sebagai orang yang suka berperang.” [ p. 478 ]
[ more about the author and related works, check at here : Veronica Roth | Divergent Series  | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
7th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...