Translate

Friday, January 31, 2014

Books "SLATED"

Judul Asli : SLATED
[ book 1 of SLATED Trilogy ]
Copyright © 2012 by Teri Terry
Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Alih Bahasa : Wahyu Nugroho
Editor : Agatha Tristanti
Proofreader & lay-out : Mursyidah & Veranita
Re-desain sampul : Yanyan Wijaya
Cetakan I : 2013 ; 548 hlm ; ISBN 978-602-249-237-5
Rate : 4 of 5

Namaku Kyla Davis, usia 16 tahun, memiliki ayah, David Davis, ibu, Sandra Davis dan kakak Amy Davis berusia 19 tahun. Kami tinggal di sebuah rumah di wilayah pemukiman yang menyenangkan. O’ya ada seekor kucing besar berbulu hitam bernama Sebastian yang tampaknya merupakan binatang peliharaan keluarga Davis. Semua ini adalah fakta yang baru kuketahui saat diriku keluar dari rumah sakit, tempat dimana diriku ‘terlahirkan’ sembilan bulan sebelumnya. Satu hal yang harus kau ketahui, meski berusia 16 tahun, diriku bagaikan ‘bayi’ yang baru lahir, karena aku adalah Yang Dihapuskan !!!


Pemerintah memberlakukan kebijaksanaan menyangkut sekelompok remaja yang terlibat dalam kasus-kasus kriminal, terutama pergerakan teroris menentang pemerintah. Alih-alih menghukum mereka seumur hidup atau melakukan vonis mati, para tersangka ini ditawarkan kesempatan kedua : hidup baru dengan menjalani Penghapusan Total. Hal ini berarti semua ingatan dan kenangan masa lalu akan dihapuskan, dan setelah itu mereka akan terlahir kembali menjadi manusia yang sama sekali berbeda, memperoleh keluarga baru dan menjalani kehidupan yang lain tanpa mengingat masa lalu mereka.

Kyla Davis adalah salah satu dari sekian banyak Yang Dihapuskan. Ia berusaha menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya. Namun jauh di dalam benaknya, ia merasakan ada sesuatu yang berbeda dengan dirinya. Salah satunya, mimpi-mimpi buruk yang mengguncang dirinya selalu mewarnai malam saat ia terlelap. Potongan adegan-adegan yang tak dimengerti, membuatnya senantiasa awas dan dalam pengawasan ketat pihak-pihak berwenang. Sebagai sosok Yang Dihapuskan, seharusnya ia tak memiliki ingatan apapun tentang masa lalunya. Serum kebahagiaan memungkinkan kaum Yang Dihapuskan untuk tidak merasakan ketakutan, kemarahan atau emosi-emosi negatif. Namun Kyla berbeda.

Kyla memiliki rasa ingin tahu, penasaran dan mampu melakukan kebohongan demi menyembunyikan perasaan atau hal-hal yang tak mau ia ceritakan pada setiap terapi. Yang Dihapuskan tak mungkin melakukan hal tersebut, mereka tak mampu berbohong jika Pengawas menanyakan hal apa pun. Kyla juga mampu melakukan hal-hal yang tidak ada dalam datanya, hal-hal yang bertentangan, seperti keahlian yang diperoleh di masa lalunya, meski ia tak mampu mengingat detailnya. Mulai menggambar dengan ahli menggunakan tangan kiri, sebagaimana ia juga mampu melakukannya dengan tangan kanan, hingga mengemudikan kendaraan secara lancar atau melempar pisau dengan jitu tepat pada sasaran.

Satu hal yang Kyla ketahui, mimpi-mimpi buruknya merupakan pertanda dari sesuatu yang sangat buruk, terjadi di masa lalunya. Ketika Kyla mulai menjalani kehidupan hari demi hari, ia mendapati ada kelompok-kelompok manusia yang senantiasa mengawasi dirinya, bahkan tak segan-segan melakukan ancaman agar Kyla tidak melakukan apa pun yang menyalahi peraturan yang berlaku. Kemudian ia bertemu dengan Ben – sesama Yang Dihapuskan dalam Kelompok Pendukung. Kedekatan mereka ternyata mengundang reaksi yang tak terduga dari berbagai pihak, keluarganya, pengawas di rumah sakit hingga guru pembimbing di sekolah. Kemudian orang-orang yang ia kenal dan berhubungan dekat, mendadak menghilang setelah ‘dibawa’ oleh Para Pengawas.

‘Slated’ merupakan novel perdana karya penulis Teri Terry yang memperoleh tanggapan positif dari kalangan pembaca, sekaligus masuk dalam nominasi The Branford Boase Award 2013. Mengangkat tema sci-fi dengan latar belakang dystopian, sebuah tema yang marak sepanjang penghujung dua tahun terakhir ini, pada awalnya diriku tidak memberikan sebuah ekspektasi tinggi, namun setelah selesai membaca buku pertama dari trilogi ini, pendapatku sedikit berubah. Memadukan unsur ketegangan dan suspense yang dimulai semenjak awal kisah, disertai misteri yang menggugah rasa penasaran untuk mengungkap kebenaran, kisah ini menyoroti karakter utama sosok gadis yang telah mengalami proses ‘penghapusan’ seluruh ingatan di masa lalunya.

[ more about the author and related works, check at here : Teri Terryon Goodreads | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
3rd Book in Finding New Author Challenge
8th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

1 comment:

  1. apakah hanya sampai di slated? apakah ada kelanjutannya?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...