Translate

Monday, March 17, 2014

Books "THE LAST WORDS OF WILL WOLFKIN"

Books “PEWARIS TAKHTA WILL WOLFKIN”
Judul Asli : THE LAST WORDS OF WILL WOLFKIN
Copyright © 2010 by Steven Knight
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Debbie J. Christ
Desainer & ilustrasi sampul : Martin Dima (martin_twenty1@yahoo.co.id)
Cetakan I : Januari 2011 ; 344 hlm ; ISBN 978-979-22-6612-2
Rate : 3.5 of 5

Kisah kehidupan Toby Walsgrove, sedikit banyak mirip kisah Oliver Twist, karya penulis Charles Dickens. Meski cukup banyak pula hal-hal yang tidak mirip kecuali penggambaran betapa malang nasib bocah yang terlahir ke dunia untuk kemudian ditinggalkan oleh sang ibu, bahkan sebelum ia diberikan nama. Akibatnya, Toby diberi nama oleh para perawat yang menggantikan tugas sementara mengasuh bayi tanpa sanak keluarga. Hingga ia diserahkan dalam pengawasan dan pemeliharaan para biarawati dari biara Karmelit.  Kasus Toby cukup unik karena ia terlahir dalam kondisi ‘encephalopathy’ statis – dimana ia nyaris tidak melakukan gerakan apapun, pada anggota tubuh maupun indera bicaranya. Bagi orang awam, Toby bisa digambarkan sebagai bocah yang mengalami kelumpuhan total atau masuk kategori ‘idiot’.



Tiada yang mengetahui bahwa jauh di dalam dirinya, terutama benak dan pikiran, Toby adalah bocah luar biasa. Dengan kepekaan dan kecerdasan untuk mengenali dan mempelajari apa pun yang ada disekelilingnya. Di balik tubuh yang kaku dan terdiam selamanya, benak Toby melanglang buana, penuh dengan imajinasi akan tempat-tempat yang tak pernah ia kunjungi. Hanya Suster Mary yang senantiasa penuh kasih dan rajin untuk merawat serta memberikan hiburan berupa bacaan dan kisah-kisah menarik, menjanjikan petualangan yang tak pernah bisa dilakukan oleh Toby. Semuanya tetap akan berjalan seperti itu hingga suatu hari, di kala Toby berada dalam kondisi keputus-asaan dan penderitaan yang tak tertahankan, sebuah mukjizat aneh menghampiri dirinya.

Toby dibawa pergi meninggalkan biara oleh sosok bocah aneh yang mengaku bernama Egil menjelang tengah malam. Egil yang juga mengaku sebelumnya ia adalah Shipley – kucing hitam yang ditampung oleh biara dan menjadi sahabat Toby selama ini. Bukan saja kini ia berwujud ‘mirip’ dan bertingkah layaknya manusia (dengan telinag runcing dan tingkahlaku menyerupai kucing), ia juga membuat Toby ‘mampu bergerak’ secara normal, bukan sosok bocah lumpuh di atas kursi roda. Pada malam bulan purnama, Toby Walsgrove meninggalkan biara di wilayah Fincley, London, Inggris, menuju suatu tempat di Islandia, menemui Dokter Fellman – kakek Egil sekaligus wali Toby yang hendak memberikan kuasa warisan yang sangat besar kepada Toby, dengan catatan ia harus segera berada di suatu tempat dimana Kaum Fel tinggal di kawasan Islandia.

Menempuh perjalanan jauh ditambah dengan aneka petualangan menarik sekaligus mengerikan, kehidupan Toby tidak pernah kembali sama seperti sebelumnya. Kaum Fel yang diketahui telah ada di dunia, jauh sebelum keberadaan manusia, memiliki kemampuan unik yang berkaitan dengan sihir dan penggunaan energi alam semesta yang tiada batas. Namun seiring perkembangan waktu, manusia yang dianggap lemah, ternyata mampu berkembang dan menciptakan peralatan dan sarana untuk membantu kehidupan mereka. Kerjasama antara Kaum Fel dan manusia terbentuk, hingga keserakahan dan iri hati akibat kemampuan Kaum Fel, membuat perpecahan dan perang panjang antar keduanya. Demi kelangsungan kehidupan masing-masing, Raja Kaum Fel membawa kaumnya yang tersisa untuk menetap di wilayah Islandia yang terpencil dan tak berpenghuni (kecuali adanya anjing dan singa laut).

Berabad-abad kemudian, ketika Raja Agung Will Woflkin yang terakhir memerintah akhirnya wafat, kini seratus tahun masa berkabung hampir usai, dan saatnya memilih pewaris takhta selanjutnya, demi masa depan Kaum Fel. Dan Toby Walsgrove adalah salah satu dari ahli waris keturunan Raja Will Wolfkin dengan Gwendoline McShaffrey – wanita dari ras manusia biasa yang bertemu secara kebetulan dengan sang raja kala ia terdampar di pulau setelah diserang oleh perompak. Ia akan berhadapan dengan sepupunya Helva Gulkin yang memerintah dengan tangan besi pada masa-masa terakhir sepeninggalan Raja Will Wolfkin. Toby yang selama 14 tahun menghabiskan waktu ‘terpaku’ di atas kursi rodanya, kini harus mempelajari banyak hal, termasuk pengendalian kekuatan sihir dan energi demi melawan Helva.

Dan untuk itu ia akan dibantu oleh saudara kandungnya : Emma – gadis yang tak pernah ia kenal atau ketahui, berasal dari Sudan, Afrika, yang memiliki sifat dan temperamen bertolak-belakang dengan Toby. Mampukah keduanya memenuhi takdir yang digariskan oleh garis keturunan nenek moyang yang sama sekali asing bagi mereka ? Dengan keterbatasan waktu dan ketidak-percayaan yang memecah-belah keyakinan antar mereka, situasi semakin genting di saat masing-masing pihak tidak mampu mengenali siapa lawan dan siapa kawan yang sebenarnya. Apakah cukup layak perjuangan mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Kaum Fel dan rakyat Langjoskull yang tak pernah dikenal atau diketahui sepanjang kehidupan Toby maupun Emma ?

Ini adalah sebuah kisah petualangan yang mengundang rasa penasaran, penuh dengan misteri yang nyaris membuat ‘gregetan’ karena begitu banyak hal yang tak terjawab semenjak awal kisah, membuatku harus menebak-nebak kemana arah dan tujuan akhir sang penulis. Mengisahkan dua dunia yang berada dalam satu wadah, antara realita penggunaan nalar dan logika, disertai pengetahuan terlarang penggunaan energi alam semesta atau bisa juga dikatakan sebagai kekuatan ‘sihir’. Menjanjikan petualangan fantasi nan seru ala Narnia, meski terus terang beberapa detil tidak terungkap dengan jelas sehingga menimbulkan kebingungan, dan ending yang membuatku terkejut (sekaligus kembali bertanya-tanya, hanya satu hal yang terlintas setelah membaca kisah ini : apakah sang penulis berencana membuat suatu kisah serial yang memang acapkali membentuk selubung misteri pada awal kisah ... dan akhir kisah di buku pertama ?

[ more about this author & related works : just chaeck at here : Steven Knight | on Goodreads | on FantasticFiction | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
10th Book in What’s A Name Challenge
14th Book in Finding New Author Challenge
43th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...