Translate

Monday, March 17, 2014

Books "THE LEAP"

Books “LOMPATAN”
Judul Asli : THE LEAP
by Jonathan Stroud
Copyright © 2001 by Jonathan Stroud
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Jonathan Aditya Lesmana
Editor : Primadonna Angela
Desain & ilustrasi cover : eMTe
Cetakan I : Oktober 2011 ; 240 hlm ; ISBN 978-979-22-7606-0
Rate : 4 of 5

Pernahkah dirimu bermimpi dan berharap agar mimpi-mipi tersebut menjadi kenyataan ? Hati-hati, karena suatu saat, hal itu bisa terwujud. Dan dunia mimpi menjadi realita kehidupan lain yang harus kau hadapi. Seperti halnya yang terjadi pada diri Charlie.

Charlotte Fletcher atau yang lebih akrab dipanggil Charlie, adalah gadis yang lincah dan selalu terlihat bersama sahabatnya Max. Entah sekedar bersepeda mengelilingi kota hingga ke bukit-bukit, atau menjelajahi bengkel penampungan mobil bekas hingga sekedar bersantai-santai di pinggir danau.



Dan di danau ini pula, sebuah musibah terjadi. Tiada yang mengetahui secara pasti bagaimana hal itu terjadi. Yang jelas Max dinyatakan terjatuh dan tenggelam di dasar danau, tanpa pernah dapat ditemukan. Sedangkan Charlie ditemukan dalam kondisi ‘shock’ berat dan basah kuyup akibat terjun ke danau guna menyelamatkan Max.

Tragedi ini menjadi bahan pembicaraan terutama setelah sebagian besar penduduk melihat kondisi Charlie. Diagnosa dokter yang menyarankan untuk terapi dan konsultasi kepada psikiater, demi membantu rasa kehilangan dan perasaan bersalah pada diri Charlie karena tak mampu menolong Max. Semua orang nyaris berusaha ‘menenangkan’ Charlie, termasuk ibunya.

Satu-satu orang yang melihat perubahan besar terhadap diri Charlie adalah James ‘Jamie’ – kakaknya. Jamie yakin Charlie tidak menceritakan keseluruhan kisah, terutama apa yang ada dalam benaknya. Dugaan tersebut nyaris benar, karena Charlie tahu sesuatu yang ia rahasiakan dari siapa pun. Bahwa Max belum meninggal, hanya tersesat di dunia lain.

Dan tugas Charlie untuk melacak jejak Max dan berusaha mengeluarkannya dari dunia tersebut. Permasalahannya, Charlie tidak memiliki petunjuk jelas, kemana ia harus mencari Max. Kemudian dimulailah mimpi-mimpi aneh yang mendatanginya setiap malam, menuntun dirinya menelusuri wilayah tak diketahui, dengan satu tujuan : mengejar Max.

Melalui pertemuannya dengan sosok bernama Kit dalam mimpi-mimpinya, Charlie memperoleh petunjuk dan arahan, untuk menemukan jalan pintas menuju Festival Raya – dimana Max akan muncul dan bergabung dengan semua pihak yang tertarik pada acara tersebut. Jika Charlie hendak menyelamatkan Max, ia harus hadir sebelum Pesta Dansa dimulai dan menarik Max keluar dari dunia itu.

Kisah ini sedikit berbeda dengan Bartimaeus Series yang mem-populer-kan nama Jonathan Stroud. Kesan ‘dark’ mewarnai sepanjang kisah, dan tema yang diangkat mengingatkan diriku akan kisah ‘The Book of Lost Things’ karya John Connolly, tentang bocah yang berada dalam dua dunia, realita dan fantasi berbaur menjadi satu, namun hingga menjelang akhir kisah, sebuah pertanyaan yang nyaris tidak terjawab muncul.

Apakah ini sebuah kisah fantasi ataukah drama suspense psikologis, tentang kondisi mental sosok bocah yang mengalami trauma dan kehilangan tanpa bisa mencari jalan keluar ? The Leap menjanjikan sebuah ‘jalan-keluar’ bagi mereka yang tak mampu menemukan jawaban yang dicari di dunia realita atau dunia yang mereka jalani. Pertanyaan selanjutnya, dimanakah sebenarnya dunia realita yang dimaksud ? Apa perbedaan antara dunia mimpi dan realita jika dalam keduanya semuanya terasa nyata ?

[ more about the author & related works, just check at here : Jonathan Stroud | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
45th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...