Translate

Monday, March 17, 2014

Books "WICKED LOVELY"

Books “PESONA YANG MENAWAN”
Judul Asli : WICKED LOVELY  
[ book 1 of  WICKED LOVELY Series ]
Copyright © 2007 by Melissa Marr 
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Monica Dwi Chresnayani
Editor : Dini Pandia 
Cover by Martin Dima 
Cetakan I : Juli 2009 ; 368 hlm ; ISBN 978-979-31201090027
Rate : 3.5 of 5

WARNING : SPOILER ALERT !

Gadis itu bernama Aislinn, masih duduk di bangku SMA, memiliki banyak teman dan disukai banyak orang, sungguh khas tipikal remaja pada umumnya. Namun ada sedikit perbedaan antara dirinya dengan orang lain, suatu rahasia yang disembunyikan dan hanya diketahui oleh keluarga terdekat, Aislinn memiliki kemampuan untuk melihat dunia ‘faery’ – suatu hal yang menakutkan karena tidak seperti kisah dongeng yang indah, para faery yang dapat dilihatnya justru tampak mengerikan karena mereka ‘hidup’ dari menghisap kehidupan dari manusia, paling tidak itu yang tampak oleh Aislinn.



Hidup berdua dengan Grams Elena–neneknya, yang senantiasa mengawasi ketat kehidupan cucu satu-satunya demi keselamatan nyawa Aislinn, di mana ia selalu diingatkan untuk bersikap dan bertingkah laku ‘biasa’ dan tidak pernah membongkar rahasia kemampuannya pada siapa pun juga. Elena tidak ingin nasib Moira – putrinya, ibu Aislinn yang memiliki kemampuan sama akhirnya tewas secara tragis akibat para faery, terjadi pula pada Aislinn. Namun pada saat-saat ini, Aislinn mendapati dirinya semakin terpojok karena pihak faery semakin berani mendekati dirinya, dan ia tetap harus berpura-pura tidak melihat bahkan merasakan pengaruh mereka terhadap dirinya.

Celakanya hal tersebut makin tak tertahankan saat sosok faery yang menyamar sebagai manusia yang menawan justru melakukan pendekatan langsung dengan dirinya. Faery yang memperkenalkan diri sebagai Keenan bahkan tampak bertekad kuat guna mendapatkan Aislinn. Ketakutan serta khawatir akan membuat neneknya semakin ketat dalam menjaga dirinya, akhirnya Aislinn mulai bercerita dan lebih terbuka pada Seth, sahabat karib sekaligus cowok yang menempati tempat khusus di hatinya. Di luar dugaan, Seth justru menyambut dan bersedia menolong Aislinn dalam kondisi apa pun.

Sebagai sahabat dekat, Seth tahu bahwa ia tak dapat memaksa Aislinn untuk lebih terbuka sampai dirinya siap, namun Seth memiliki kesabaran serta keteguhan hati jika hal tersebut menyangkut nasib Aislinn, gadis yang dikasihinya secara khusus.  Aislinn sendiri tak memungkiri bahwa dirinya sangat menyukai Seth, namun dari kehidupan Seth yang tampak mandiri, berkecukupan serta senantiasa dikelilingi banyak teman terutama para gadis, membuat dirinya tak mampu untuk membuka hubungan yang lebih intim, karena ia tak mau menjadi sekedar gadis-gadis Seth, ia ingin menjadi satu-satunya wanita dalam hidup Seth.

Sementara Aislinn sedang pusing dengan kehidupan pribadinya, di dunia para faery terjadi berbagai peristiwa yang menggelisahkan. Benturan serta konflik kian meningkat di antara mereka, hal ini terutama diakibatkan dengan adanya pertempuran guna memperebutkan kekuasaan antara Raja Musim Panas – Keenan, dengan Ratu Musim Dingin – Beira, ibu kandung Keenan yang ambisius dan kejam yang telah menyingkirkan suaminya, ayah Keenan demi memperkuat dirinya. Beira meneror kehidupan para Faery Musim Panas sehingga hanya rasa dingin yang menusuk dan membeku hati yang mereka rasakan.

Keenan, Sang Raja Musim Panas yang baru tak memiliki kekuatan yang cukup guna melawan sang ibu, kecuali ia mampu menemukan sang Ratu Musim Panas yang hilang hingga kekuatan mereka berdua akan mengalahkan Ratu Musim Dingin. Dan setelah berkali-kali mencoba tanpa hasil kecuali tewasnya gadis-gadis calon ratu tersebut, akhirnya Keenan yakin bahwa dirinya menemukan calon ratu yang tepat, gadis manusia bernama Aislinn.

Tanpa mengetahui kemampuan Aislinn yang dapat melihat dirinya sebagai faery, Keenan melancarkan serangkaian ‘pendekatan’ serta berusaha sekuat tenaga guna membujuk Aislinn mengikuti dirinya. Keenan mendapati dirinya terdesak oleh waktu jika ia ingin menyelamatkan nasib bangsanya di bawah tindasan Beira, bahkan ia bersedia mencoba segala cara, termasuk cara-cara faery guna memikat kaum manusia. Walau hati kecilnya tidak terlalu menyetujui cara licik tersebut, Keenan merasa terdesak saat mengetahui mata-mata Beira telah mencium akan kemunculan calon Ratu Musim Panas yang baru, yang berarti ia harus bergerak lebih cepat serta agresif dalam pendekatannya termasuk menyamar masuk sebagai salah satu siswa sekolah di mana Aislinn berada.

Ketika mendapati bahwa Keenan masuk sebagai siswa baru dan senantiasa membayangi dirinya di manapun ia berada, Aislinn berjuang lebih keras guna melawan rasa tertarik yang aneh yang dipancarkan oleh Keenan. Aislinn tahu bahwa pengaruh faery sangat kuat akan membuatnya ‘jatuh’ suatu saat, maka dibantu dengan Seth, mereka berdua berusaha mencari jalan mengatasi masalah tersebut. Yang Aislinn tahu bahwa ia semakin mempercayakan hidupnya pada diri Seth. Hanya berada dekat dengannya, Aislinn merasa kuat bahkan dalam mengatasi pengaruh faery.

Keenan menjadi sangat penasaran karena penolakan yang dilakukan oleh Aislinn. Belum pernah ada manusia terutama para gadis yang mampu bertahan atas pengaruh Keenan terhadap diri mereka. Dan ketika akhirnya rahasia kemampuan Aislinn diketahui olehnya, Keenan semakin berani muncul mendekati gadis itu. Namun Aislinn justru bersikap waspada dan memilih menghabiskan waktunya dengan manusia pria lain bernama Seth – Keenan semakin gusar dan menyadari dirinya tertarik pada Aislinn dengan cara yang berbeda.

Dan di saat konflik memuncak, muncul tawaran bantuan tak terduga dari Donia – gadis Musim Dingin yang terpilih sebagai calon pengganti Beira jika telah tiba waktunya. Donia mampu mendekati Aislinn dan meyakinkan Seth bahwa ia dapat membantu mereka keluar dari masalah tersebut, karena dirinya dulu sama seperti Aislinn, gadis manusia yang terpikat menjadi ‘faery’ sebagai bagian dari gadis Musim Panas. Namun rasa cintanya yang besar untuk Keenan dan mewujudkan impian Keenan memperoleh kekuasaan penuh, membuat Donia memilih jalan yang berbeda.

Donia kemudia memutuskan untuk menjadi gadis Musim Dingin dengan pertimbangan bahwa kekuatannya akan mampu menopang Keenan. Namun justru hal tersebut menjadi boomerang karena kekuatan mereka berdua, terutama Keenan tak mampu membuat mereka bersatu tanpa melukai mereka berdua. Bagaimana kekuatan panas yang membara dapat bersatu dengan dingin yang membeku dan menusuk ? Apalagi masih ada Beira yang semakin besar kekuatannya akibat teror yang dilakukannya. 

Dari rasa penasaran karena buku ini masuk daftar buku New York Times Bestseller untuk kategori Fantasi – Romance, maka ku-coba mencari tahu tentang buku ini, apalagi ternyata telah diterjemahkan dalam versi Indonesia jadi lebih mudah dan jauh lebih murah (^_^) … apalagi sebagai percobaan awal membaca buku pertama dari novel trilogi ini. Setelah membaca separuh buku, dapat ku-pahami mengapa buku kategori ini dapat lolos sebagai bestseller. Penulis mengambil topik yang lebih cocok bagi khalayak remaja dengan membuat kisah romansa khas tipikal remaja namun dengan bumbu khusus melibatkan dua dunia yang berbeda, dunia manusia dan dunia faery di mana hampir tidak ada perbedaan dalam kehidupan diantara dua dunia tersebut bahkan tersirat bahwa tanpa disadari antara manusia dan faery terjalin hubungan yang saling membutuhkan walau dalam konteks yang berbeda.

Kisah ini semakin seru dengan terjadinya kisah cinta segitiga antara Seth-Aislinn-Keenan bahkan dengan kemunculan sosok Donia sebagai pihak pertama juga pihak ketiga dalam kehidupan Keenan yang akan mempengaruhi kehidupan Aislinn dengan Seth pula. Apalagi ditambahkan dengan konflik perebutan kekuasaan, permainan intrik serta tipu-muslihat turut mewarnai sehingga tema kisah cinta yang sederhana menjadi lebih berwana-warni … mengingat maraknya dengan kisah romansa akibat karya Stephenie Meyer lewat Twilight Saga maka membuka jalan bagi kisah-kisah lain yang sejenis –kisah romansa antara dua dunia yang berbeda, penggabungan antara romansa dengan fantasi serta fiksi ilmiah menjadi tema yang sedang trend saat ini. Paling tidak buku pertama ini membangkitkan rasa ingin tahu serta penasaran akan kisah dalam buku kedua, bagaimana kelanjutan nasib masing-masing tokoh tersebut. 

Tentang Penulis :
Melissa Marr adalah penulis novel-novel kategori remaja maupun dewasa yang tinggal di Washington, D.C. Novelnya yang terkenal adalah Wicked Lovely ( 2007 ) yang meraih berbagai penghargaan dan berlanjut menjadi serial novel yang banyak dinanti oleh penggemarnya. Kelanjutan dari sukses tersebut diikuti oleh Ink Exchange ( 2008 ), Fragile Eternity ( 2009 ), bahkan peluncuran Radiant Shadow ( 2010 ) yang merupakan pengembangan dari Ink Exchange telah dinanti banyak peminat. Tak puas merambah dunia novel biasa, penulis juga mengeluarkan seri komik manga untuk Wicked Lovely Desert Tales Series yang terdiri atas : Vol I - Sanctuary ( 2009 ), Vol. II - Challenge ( 2010 ), Vol. III -  Untitled ( 2011 ). Selain itu ia juga mengeluarkan karya-karya lain yang merupakan kumpulan tulisan dari berbagai penulis lain dalam buku “Love Is Hell” dan “Unbound”. Links situs resmi : www.melissa-marr.com  

Awards : A New York Times Public Library’s Books for the
Teen Age 2008  | Summer 2007 Book Sense Children’s Pick | Amazon’s Best Books of 2007 : Top 10 Editor Picks Teens Category | IRA Noteable Books 2008 : Young Adult Fiction


[ more about the author & related works, just check at here : Melissa Marr | on Goodreads | on Wikipedia | at Tumblr | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
16th Book in Finding New Author Challenge
47th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...