Translate

Wednesday, April 30, 2014

Books "THE MARVELOUS LAND OF OZ"

Books “THE MARVELOUS LAND OF OZ”
Judul Asli : THE MARVELOUS LAND OF OZ
[ book 2 of WIZARD OF OZ Chronicles ]
Copyright © L. Frank Baum
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Justine Tedjasukmana
Editor : Ida Wajdi
Proof Reader : Fenty Nadia
Lay-out & desain sampul : Aniza
Ilustrasi Sampul & ilustrasi buku : Ella Elviana
Cetakan I : Januari 2012 ; 206 hlm ; ISBN 978-979-024-494-8
Rate : 3.5 of 5
~ Re-Blogged from HobbyBuku’s Classic ~

Kisah ini merupakan bagian dari kisah ‘The Wizard of Oz’ – yang menuturkan kehidupan di dunia Oz, dunia penuh keajaiban, pertarungan antara Sihir Jahat dan Sihir Baik. Sebelumnya kita telah menelusuri dunia ini melalui pengalaman gadis cilik bernama Dorothy beserta anjingnya Toto, yang tak sengaja ‘terbawa’ angin puting beliung dari Kansas ke Negeri Oz.

Ini kisah yang sama sekali berbeda, bertutur tentang bocah bernama Tippetarius, yang lebih dikenal dengan panggilan Tip. Ia tinggal bersama perempuan tua bernama Mombi – yang ditakuti dan tak disukai oleh penduduk negeri Gilikin, sebelah utara Negeri Oz. Tip sebatang kara dan tak pernah mengetahui siapa gerangan kedua orang tuanya, dan dibesarkan oleh Mombi yang keji dan semena-mena, membuat Tip selalu mampu mencari jaln keluar bagi keselamatan dirinya.



Dimulai dari keisengan Tip untuk menakut-nakuti Mombi, dengan membuat Manusia Labu yang ditempatkan di ujung jalan. Tapi justru Tip yang terkejut kala Mombi menaburkan serbuk sihir sembari marapl mantra, sehingga Manusia Labu itu menjadi hidup. Ketika Tip memutuskan untuk melarikan diri dari rencana Mombi yang akan menjadikan dirinya sebagai kelinci percobaan perangkat baru sihirnya. 

Tak lupa ia membawa serta Manusia Labu yang rencananya akan dijadikan budak pengganti Tip, dan juga Kuda Kayu yang tanpa sengaja ditemui dalam perjalanan (yang juga  dihidupkan berkat serbuk sihir Mombi yang diambil oleh Tip) dalam petualangan menuju Kota Zamrud untuk menghadap Yang Mulia Boneka Jerami. Sayangnya saat mereka tiba di Kota Zamrud, Yang Mulia Boneka Jerami dalam kesulitan besar.

Sebuah pemberontakan terjadi di kota itu, yang dipimpin oleh Jenderal Jinjur bersama pasukannya, gadis-gadis cantik yang menuntut kekuasaan dan kehidupan mewah dengan memerintah kaum pria. Demi keselamatan Yang Mulia Boneka Jerami, Tip dan kawan-kawannya bersama-sama melarikan diri menuju negeri para Winkies, untuk meminta bantuan Tin Woodman yang diangkat sebagai penguasa negeri itu setelah petualangannya bersama Dorothy. Mampukah mereka menemui Tin Woodman menempuh perjalanan yang cukup berbahaya ? Dan bisakah mereka mengalahkan Jenderal Jinjur beserta pasukannya ?

Kisah ini sedikit lebih menarik dibandingkan The Wizard of Oz dengan tokoh utama Dorothy yang sangat terkenal. Mungkin karena kisahnya lebih kompleks dengan alur yang lebih panjang, memungkin masing-masing karakter berkembang lebih dalam, tanpa meninggalkan pesan-pesan moral dengan atraksi aneka karakter yang unik dan menarik. Dan sekali lagi, diriku sangat menyukai illustrasi karya Ella Elviana, deskripsi serta detil masing-masing karakter, Tip si bocah pemberani, Manusia Labu yang suka mengeluh, Kuda Kayu yang tak sabaran, bahkan kemungkinan Boneka Jerami dan Tin Woodman terasa lebih mengena sepanjang kisah ini berkat ilustrasi yang merekam ‘adegan’ sepanjang kisah ini.

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
27th Book in What’s A Name Challenge
92th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...