Translate

Wednesday, April 30, 2014

Books "THE WIZARD OF OZ"

Books “THE WIZARD OF OZ”
Judul Asli : THE WIZARD OF OZ
[ book 1 of WIZARD OF OZ Chronicles ]
Copyright © L. Frank Baum
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Alva Indriani
Editor : Jia Effendie
Proof Reader : Ida Wajdi
Lay-out & desain sampul : Aniza
Ilustrasi Sampul & ilustrasi buku : Ella Elviana
Cetakan I : Oktober 2010 ; 206 hlm ; ISBN 978-979-024-459-7
Rate : 3 of 5
~ Re-Blogged from HobbyBuku’s Classic ~

Si kecil Dorothy hidup bersama Paman Henry dan Bibi Em di padang rumput Kansas yang kering dan kelabu. Meski kehidupan mereka sangat berat, baik Paman Henry maupun Bibi Em hampir tak pernah tertawa atau tersenyum, Dorothy selalu mampu memikirkan hal-hal yang menggembirakan dan tertawa lepas bersama Toto – anjing kecil sahabatnya. Dan suatu hari yang kering, muncul angin puting beliung yang mengerikan, membawa terbang pondok mereka dengan Dorothy serta Toto di dalamnya.

Ketika akhirnya angin tersebut reda, pondok tersebut mendarat di tempat yang aneh, sebuah negeri antah berantah yang disebut sebagai Tanah Oz yang sangat indah, subur dan penuh dengan penghuni yang menarik. Dorothy bertemu dengan para Munchkin – yang tinggal di tanah Timur dalam kekuasaan Tukang Sihir Jahat dari Timur, sebelum ia tewas tertimpa pondok Dorothy. Ia bertemu pula dengan Penyihir Utara yang baik hati, yang menyarankan agar Dorothy pergi menemui Penyihir Agung Oz untuk meminta bantuan agar ia bisa kembali ke Kansas. 



Dengan menggunakan sepatu perak ajaib milik Penyihir Timur yang telah tewas, maka dimulailah petualangan Dorothy dan Toto menuju Kota Zamrud dimana Penyihir Agung  Oz memerintah. Sepanjang perjalanan inilah, ia bertemu dengan aneka makhluk bahkan menjalin persahabatan dengan beberapa diantaranya. Mulai dari Boneka Jerami yang menginginkan otak agar lebih cerdas, Tin Woodman yang berharap memiliki hati agar bisa merasakan kebahagiaan, serta Singa Penakut yang ingin jadi pemberani tanpa pernah takut-takut lagi. Semuanya berharap agar Penyihir Oz mengabulkan permintaan mereka, apakah tujuan perjalanan jauh yang mereka tempuh akan terkabulkan ?

Hmmm ... kisah ini memang sangat cocok untuk bacaan anak-anak (baca : anak kecil) yang berisikan dongeng akan negeri penuh keajaiban, makhluk-makhluk unik serta kekuatan sihir baik melawan sihir jahat. Salah satu yang kusukai untuk edisi terjemahan ini adalah ilustrasi yang dibuat oleh Ella Elviana, yang mampu menangkap imajinasi akan karakter-karakter unik sepanjang kisah ini. Pembelajaran untuk pengetahuan moral, baik dan buruk, menjadi tema utama kisah ini. Meski demikian, diriku kurang puas dengan versi singkat ini, dan terpaksa kuberikan hanya 3 bintang, mungkin jika membaca kisah versi lengkapnya, akan lebih terasa menarik kisah di dunia Oz yang penuh keajaiban ini.

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
26th Book in What’s A Name Challenge
33th Book in Finding New Author Challenge
91th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...