Translate

Friday, April 11, 2014

Books "PARANORMALCY"

Books “PARANORMALCY”
Judul Asli : PARANORMALCY
[ book 1 of PARANORMALCY Trilogy ]
Copyright © 2010 by Kiersten White
Penerbit Laluna and Friends
Alih Bahasa : Silvero
Editor : Jenny M. Indarto
Cetakan I : Mei 2013 ; 412 hlm ; ISBN 978-602-97197-2-7
Rate : 4 of 5

Namaku Evelyn tapi akrab dipanggil Evie. Sepanjang hidupku, tak pernah mengenal atau mengetahui siapa kedua orang tuaku, dan dimana gerangan mereka. Yang kutahu hanyalah IPCA (The International Paranormal Containment Agency – Badan Pengendalian Paranormal Internasional) yang telah menjadi tempat tinggal sekaligus pengasuh dirinya semenjak usia 8 tahun, tepat setelah diriku diketahui memiliki kemampuan khusus yang sangat unik. Aku mampu ‘melihat’ wujud asli makhluk-non-manusia dibalik glamour yang selalu menyelubungi sebagian besar makhluk-makhluk tersebut. Dan sejak usia 8 tahun itu pula, diriku telah direkrut menjadi salah satu agen handal yang bertugas melacak dan menangkap makhluk-makluk yang melanggar ketentuan IPCA, demi keamanan dan kelangsungan hidup bersama di dunia.



Namun suatu hari, hal itu berubah. Ketika muncul penyusup aneh di dalam markas IPCA, tertangkap saat berusaha mencuri data dan informasi rahasia. Makhluk yang memiliki wujud sangat ‘indah’ dimata-ku (Evie), bernama Lend – pemuda menarik yang memberikan masukan pengetahuan baru tentang kehidupan di luar IPCA. Dan bahwa IPCA yang berkedok menjaga stabilitas dan keamanan, justru memusnahkan hampir sebagian besar makhluk supranatural, terutama yang tak bersedia tunduk pada aturan dan dikendalikan oleh IPCA. Hak asasi dan kebebasan makhluk supranatural dirampas dan banyak pihak yang ‘memberontak’ di dunia luar tembok bangunan IPCA – dunia dimana diriku (Evie) selama ini menjalani kehidupannya, dan para pemberontak ini tidak semuanya ‘monster’ atau makhluk jahat yang harus dibasmi. Pemahamanku serta keyakinan yang selama ini ku-pegang teguh, mulai goyah !!

Tatkala diriku berusaha mencari informasi tambahan, guna memperjelas fakta-fakta baru (yang menarik sekaligus mengerikan), muncul serangkaian peristiwa aneh yang terjadi bukan saja pada IPCA melainkan pada makhluk-makhluk supranatural. Dari gangguan oleh kaum faerie (terutama secara spesifik sosok yang dikenal sebagai Reth) – peri yang selalu berusaha memikat dan mempengaruhi-ku untuk mengikutinya ke Alam Faerie (yang sebenarnya tidak terlalu memikat sebagaimana digambarkan dalam dongeng, apalagi justru bisa berbahaya bagi manusia fana), hingga serangan terhadap kaum werewolf penjaga keamanan IPCA dan serbuan kaum vampire (yang juga nyaris membuat diri-ku menjadi salah satu korbannya). Bahkan Raquel – pimpinan IPCA yang serba tahu, kini pun tampaknya (nyaris) putus asa mendapati kekacauan yang melanda sistem mereka.

Dan di saat yang tepat, diam-diam diri-ku bukan saja berteman dengan tahanan terlarang : Lend – makhluk supranatural yang mampu berubah wujud menyerupai siapa saja, tetapi juga merencanakan untuk membebaskan dirinya. Ternyata diri-ku terlalu memandang enteng musuh yang diam-diam telah menyusup di kediamanku. Bahkan dengan bantuan Lend serta Tasey (sahabat karib-ku, senjata taser berwarna pink), tak mampu menghadang lawan yang akhirnya berhasil ‘menanamkan’ sesuatu ke dalam tubuh-ku. Dan kini, diri-ku bukan hanya Evie – gadis remaja yang suka sekali menonton Easton Heights –tayangan opera sabun yang terkenal, serta mengidamkan kehidupan normal sebagai seorang pelajar, dan terkadang berperan sebagai pelacak makhluk supranatural yang membandel bagi IPCA, karena muncul makhluk lain bernama Vivian, yang ternyata memiliki kemampuan serupa dengan diri-ku : The Empty One ... dan ia mulai memburu diri-ku !!

Kisah fantasi supranatural dengan bumbu romansa bukanlah suatu tema yang baru, terutama bagi kalangan pecinta kisha fantasi. Namun ada ‘sesuatu’ yang berbeda dengan cara penyajian Kiersten White melalui serial Paranormalcy ini. Dimulai dengan karakter yang unik, gadis remaja yang memiliki keingin-tahuan serta gejolak khas remaja seusianya, namun karena dibesarkan dengan cara yang ‘tidak lazim’ dan bergaul dengan kaum supranatural, ditambah dengan kemampuan uniknya yang mampu ‘melihat’ keberadaan makhluk-makhluk yang senantiasa menggunakan ‘glamour’ (sungguh kemampuan yang sama sekali tidak kuminati) serta kehadiran karakter protagonis dan antagonis yang silih berganti tampaknya seakan bertukar posisi (dengan kata lain, pembaca tidak akan mengetahui kebenaran kisahnya hingga menjelang akhir ...), membuat rasa penasaran tingkat tinggi !!

Nilai plus juga harus kuberikan berkat penyajian kisah serta dialog-dialog yang ‘segar’ serta penuh gaya ‘humor’ yang memicu rasa geli hingga akhirnya tertawa terbahak-bahak (bahkan dalam adegan yang seharusnya menegangkan), terutama salah satu favorit-ku kala adegan ala ‘sensor’ dalam kalimat-kalimat mengandung makian di alihkan menjadi ‘Bleep-Bleep’ (hahaha, coba dihitung ada berapa banyak ‘Bleep-Bleep’ dalam buku ini). Dan hapus semua bayangan dan gambaran tentang faerie, werewolf, vampire, shape-shifter, troll bahkan mermaid, karena melalui kisah ini, penulis memberikan dunia serta karakter yang sama sekali berbeda dari legenda maupun dongeng yang kita kenal. Dijamin sebuah petualangan asyik sekaligus unik akan menanti sepanjang perjalanan kisah ini. Yang pasti, kisah ini cukup menghibur dengan aneka paduan yang ‘tidak-biasa’ pada sebuah sajian kisah fantasi (^_^)

[ more about this author and related works, just check at here : Kiersten White | on Goodreads | at Twitter | at Tumblr ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
25th Book in Finding New Author Challenge
74th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...