Translate

Sunday, June 29, 2014

Books " THE MEDIATOR : SHADOWLAND"

Books “THE MEDIATOR : NEGERI BAYANG-BAYANG”
Judul Asli : THE MEDIATOR - SHADOWLAND
[ book 1 of THE MEDIATOR Series ]
by Meg Cabot
Copyright © 2000 by Meggin Cabot
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Monica Dwi Chresnayani
Desain & Ilustrasi Sampul : Ria Radja Haba
Cetakan I : September 2009 ; 256 hlm ; ISBN 978-979-22-4938-5
Rate : 3.5 of 5

Susannah ‘Suze’ Simon harus menjalani perubahan total dalm hidupnya, ketika ibunya menikah lagi dengan Andy Ackerman, yang memboyongnya pindah sejauh 3000 mil dari Brooklyn, New York City yang padat ke California Utara yang lenggang dengan panas terik dimana matahari senantiasa bersinar cerah. Bukan berarti Suze membenci Andy – ayah tirinya, justru hubungan mereka sangat baik, meski ia harus menyesuaikan diri dengan 3 saudara tiri baru, Sleepy, Dopey dan Doc – julukan yang Suze berikan karena Jake selalu tampak ‘mengantuk’ (setiap saat), Bradley – cowok seusia Suze yang perkembangan kecerdasannya dianggap tidak sesuai dengan perkembangan ototnya, dan si bungsu David yang meski baru berusia 12 tahun, memiliki kegemaran untuk melahap semua jenis informasi, hingga bisa dikatakan mendekati ‘jenius’.  Namun yang paling membuatnya ‘kalang-kabut’ adalah kehadiran ‘penghuni lain’ di kediaman barunya, tepatnya di dalam kamar tidur Suze.



Suze bukan gadis remaja biasa, karena semenjak usia 2 tahun ia mampu ‘melihat’ dan berkomunikasi dengan ‘makhluk supranatural’ atau lebih dikenal sebagai para hantu – jiwa-jiwa yang telah tiada namun tidak bisa meninggalkan dunia karena ada ‘urusan’ yang belum terselesaikan di dunia manusia. Tiada yang mengetahui kemampuan Suze, karena ia terbiasa untuk menutup diri termasuk dari ibunya, yang panik dan ketakutan hingga mengirim putrinya ke berbagai psikiater. Bahkan tatkala hantu ayah kandungnya mulai muncul semenjak kematiannya yang mendadak pada saat Suze berusia 6 tahun, sang ibu tetap tak mengetahui ‘kehadiran’ suaminya, hingga ia menikah kembali dan pindah ke kota lain. Suze sudah terbiasa untuk ‘mengurus’ amanat terakhir hantu-hantu yang penasaran agar mereka dengan sukarela bisa ‘menyeberang’ menuju ‘cahaya’ ... namun tak ada yang mempersiapkan dirinya ketika sosok hantu cowok keren menetap di dalam kamar tidurnya.

Belum sempat ia menyelidiki lebih lanjut tentang Jesse – hantu cowok nan keren sekaligus  misterius, Suze harus mulai menjalani masa pendidikan di sekolah barunya, Junipero Serra Catholic Academy, dan tatkala ia berjumpa dengan Pastor Dominic – kepala sekolah yang ramah, diluar dugaan terjadi insiden yang membuka ‘rahasia’ Suze. Berkat kemunculan hantu cewek cantik pemarah bernama Heather Chambers – siswa yang baru saja tewas bunuh diri, kemampuan Suze diketahui oleh Pastor Dominic yang ternyata juga memiliki kemampuan serupa. Semenjak itu, Pastor Dominic memiliki misi untuk melindungi dan membimbing Suze menjadi seorang ‘mediator’ yang handal, untuk membantu hantu-hantu yang tersesat dan masih berkeliaran di dunia manusia. Namun Suze memilih metode tersendiri dalam menangani tugasnya sebagai mediator. Apalagi yang dihadapinya adalah hantu siswi remaja seusianya. Sayang Suze salah memperkirakan ‘kemarahan’ dan kekuatan hantu Heather.

Demi keselamatan nyawa Bryce Martinson – cowok ganteng sekaligus mantan kekasih Heather yang menjadi sasaran kemarahan sekaligus target untuk dihabisi, Suze harus meminta bantuan Pastor Dominic. Namun bantuan lain justru muncul dari pihak yang sama sekali tak ia duga sebelumnya. Hantu Jesse ternyata memiliki ‘kemampuan khusus’ dan bersedia mendampingi Suze, meski gadis itu berusaha untuk ‘mengusirnya’ ... kini Susannah Simon mulai menjelajahi dunia yang sama sekali baru. Hidup di dunia nyata dengan aneka rahasia yang ia simpan dari keluarganya, serta sahabat-sahabat barunya. Dan kedekatan hubungan serta rasa penasaran, membuatnya mencari tau siapa sebenarnya sosok Jesse dan sejarah masa lalu hantu yang ternyata berusia 150 tahun dan jelas-jelas tewas dalm kondisi yang ‘tidak-alami’ ... Mampukah Suze menjalani itu semua serta menuntaskan misi barunya ?

Kisah ini cukup menarik, mengingatkan akan seri Suddenly Supernatural karya Elizabeth Cody Kimmel, dengan mengambil tokoh remaja yang memiliki kemampuan supranatural atau dalam hal ini berlaku sebagai medium antara roh yang telah meninggal dengan orang-orang yang berhubungan di dunia realita. Keberadaan sosok hantu Jesse menambuah suasana misterius, dan peran serta David ‘ Doc’ Ackerman – adik tiri Suze yang ternyata lebih ‘peka’ terhadap hal-hal yang dihadapi oleh Suze, dengan sifat eksentrik sekaligus polos membuat hidup karakter-karakter sepanjang kisah ini. Ciri khas Meg Cabot, dimana tokoh utama selalu memiliki sahabat yang tak kalah uniknya (ingat-ingat seri Princess Diaris), dan dalam hal ini CeeCee – gadis albino dan gudang informasi serta Adam McTavish, cowok super cuek dan nekad. Meski berlabel ‘teenlit’ kisah ini cukup menarik untu disimak lebih lanjut dengan plot serta karakter yang cukup kompleks sekaligus misteri yang mengundang rasa penasaran ...

Tentang Penulis :
Meg Cabot ( nama aslinya Meggin Patricia Cabot ), lahir di Bloomington, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 1 Februari 1967. Ia merupakan penulis Amerika yang sangat produktif dalam menulis dan telah menghasilkan lebih dari 50 judul buku. Karyanya yang terkenal diantaranya seri The Princess Diaries, yang telah diangkat ke layar lebar oleh Walt Disneys Pictures dengan judul yang sama. Kemudian seri Mediator  tentang remaja yang memiliki kemampuan supranatural, serial detektif lewat Heather Wells Mystery, serangkaian chicklit, historical romance dan tentu saja seri Underworld yang merupakan adaptasi dari kisah Mitologi Yunani yaitu Persephone yang diculik oleh Hades – dewa penjaga gerbang kematian, dan dipaksa menemaninya tinggal di Underworld. Meg Cabot telah memperoleh banyak penghargaan atas karya-karyanya, hingga kini buku-bukunya terjual lebih dari 15 juta kopi, dan ia masih tetap giat menulis sampai kapan pun ...

 more about the author & related works, just check at here : Meg Cabot | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb  ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
119th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...