Translate

Monday, July 28, 2014

Books "LIPS TOUCH : THREE TIMES"

Judul Asli : LIPS TOUCH : THREE TIMES
Copyright © 2009, Laini Taylor
Penerbit Ufuk
Alih Bahasa : Melody Violine
Editor : Olga Dories
Proofredaer : W. Oktavia
Layout : Arie Moel (Ufukreatif Design)
Desain Sampul : Apung Donggala (Ufukreatif Design)
Cetakan I : Februari 2012 ; 388 hlm ; ISBN 978-602-9159-09-7
Rate : 3.5 of 5

~ Finalist National Book Award ~

Mengenal Laini Taylor sebagai penulis serial Dreamdark, ternyata tidak mampu memberikan petunjuk khusus akan isi buku ini, yang sama sekali berbeda dari dugaan awal – sebuah kisah fantasi dengan bumbu romance, well, sebenarnya memang kisah sejenis itu tetapi disajikan dalam bentuk yang cukup mengejutkan. Lips Touch Three Times merupakan serangkaian antologi kisah-kisah tentang anak manusia, mengangkat tema seputar kehidupan dan kematian, dunia akhirat yang terbagi antara surga dan neraka. Bukan sekedar menambahkan nuansa fantasi ke dalamnya, Laini juga mengusung mitologi Hindu yang dipadukan dengan unsur-unsur modern, menjadikan kisah-kisah di dalamnya bisa dikatakan ‘unik’ dan ‘menarik’ ; memicu sedikit kontroversi tentang aliran kepercayaan dan pemahaman tentang makna sosok manusia dan makhluk-makhluk lain yang ada di dunia ...



[ ~ SPICY LITTLE CURSES ~ | source ]
“Pada sebagian besar hari, aku percaya bahwa aku bisa membunuh dengan usaha tidak lebih dari sekedar bernyanyi atau berdoa. Suaraku tertidur dan aku tidak memiliki dorongan kuat yang menyesakkan untuk berbicara. Namun terkadang aku terbangun dengan keraguan dan lebih parah lagi, kedengkian yang sangat, hingga setiap saat tuturan bergetar kuat sampai aku harus menggigit bibirku – suaraku, keinginanku ibarat burung dalam sangkar.”
Dibuka dengan ‘Kutukan Kecil’ (Spicy Little Curses Such As These) yang merupakan kisah favoritku, tentang perjanjian antara Estella – Duta Besar Neraka dengan Vasudev – Iblis Neraka yang gemar menjatuhkan dan memberikan kutukan kepada setiap makhluk yang tersesat di wilayahnya. Adalah Yama – Raja Neraka yang melihat bahwa keseimbangan dunia membutuhkan pengawasan, terutama di saat manusia semakin terpuruk dalam dosa. Maka ia memberikan kekuasaan bagi Estella untuk melakukan negosiasi dengan Iblis, memastikan jiwa-jiwa manusia yang meninggal akan berangkat ke tempat yang sesuai. Tugas ini tidaklah mudah karena ia harus berhadapan dengan Vasudev – iblis penjaga gerbang akhirat, dimana ia bisa menentukan mana yang masuk Neraka dan mana yang lanjut ke penantian berikutnya. Berkat kelicikan Vasudev, Estella terpaksa menyetujui untuk memberikan ‘kutukan’ mematikan pada diri seorang bayi perempuan, demi mendapatkan 22 jiwa anak-anak lainnya.

Estella harus memberikan kutukan pada bayi mungil – putri ketiga Agen Politisi India, bahwa bayi tersebut akan tumbuh menjadi wanita cantik dan memiliki suara yang sangat indah pula yang pernah diperdengarkan oleh manusia. Namun suara itu akan membunuh siapa saja yang berada di sekelilingnya. Maka semenjak saat itu, bayi ini hingga beranjak dewasa tak pernah mengeluarkan suara sekecil apa pun, karena ia diingatkan bahwa suaranya akan membunuh siapa saja, terutama orang-orang yang mengasihi dan berada di sekelilingnya. Apakah kutukan Estella berlangsung selamanya, dan bagaimana sang gadis yang semakin beranjak dewasa mengatasi kutukan tersebut ? Penulis menunjukan sebuah keyakinan bahwa kematian tidak pernah terjadi berdasarkan kepercayaan Hindu, bahwa jiwa manusia hanya berpindah-pindah ke tempat peralihan, hingga ia siap untuk ‘lahir’ kembali ... dimana reinkarnasi juga berkaitan dengan hukum karma, bahwa sebuah perjanjian mampu ‘diatur’ untuk membuat keadilan bagi pihak-pihak tertentu.

[ ~ GOBLIN FRUIT~ | source ]
“Para goblin menginginkan gadis yang bermimpi sangat keras tentang menjadi cantik sehingga kerinduan mereka meninggalkan jejak yang sangat jelas, sebuah aroma yang dapa diikuti oleh para goblin seperti ikan hiu di atas sebuah semerbak halus darah.”
Kisah kedua 'Buah Goblin’ (Goblin Fruit) tentang gadis bernama Kizzy yang merasa jemu sekaligus malu dengan kondisi kehidupan keluarga serta kerabatnya. Mereka hidup di kawasan tersendiri di luar kota, tak memiliki televisi, komputer atau peralatan elektronik lainnya. Mereka suka berkumpul dan bernyanyi bersama. Para wanita berkebun dan mempersiapkan kebutuhan keluarga, sedangkan para pria berburu dan melalukan aneka perbaikan atau membangun sesuatu. Namun Kizzy yang menginjak usia 16 tahun, bersekolah di SMA Negeri yang cukup populer, bisa dikatakn cukup cerdas untuk menyerap aneka pengetahun, meski ia lebih tertarik untuk mengetahui cara-cara untuk menjadi gadis cantik yang memikat cowok populer nan keren. Dan suatu hari Impiannya terwujud dengan munculnya cowok siswa baru yang sangat keren, yang juga sangat menaruh perhatian terhadap diri Kizzy alih-alih cewek terpopuler disekolahnya.

[ ~ HATCHLING ~ | source ]
“Hati-hati dengan apa pun yang ada disekelilingmu, terutama jika sesuatu itu hanya memiliki satu mata. Karena jika mereka menatapmu maka sesuatu itu akan memasuki dirimu, mengusir jiwamu hingga tubuhnya bagai tempat kosong yang tergantikan dan dikendalikan oleh mereka”
Dalam ‘Menetas’ (Hatchling) – Esme adalah sosok gadis yang sangat menarik dan sepanjang hidupnya dihabiskan bersama sang ibuu, Mab dalam kediaman mereka tanpa pernah berhubungan langsung dengan orang-orang lain. Kehidupan yang Esme ketahui hanya menyangkut mereka berdua. Hingga suatu hari ia dikejutkan oleh keputusan Mab untuk berpindah tempat, hal ini berhubungan dengan mata Esme yang berubah warna menjelang ulang tahunnya ke-14. Semenjak itu dimulai petualangan melelahkan sekaligus menakutkan, karena Mab merahasiakan alasan mengapa mereka harus ‘melarikan diri’ dan siapa gerangan yang mengejar mereka. Ketika akhirnya musuh berhasil menemukan mereka, Esme mempelajari tentang kehidupannya di dunia, jauh sebelum ia terlahir sebagai Esme. Kisah tentang bangsa Druj (Druid), kemampuan dan kekuatan sihir mereka yang berasal dari sosok manusia yang sangat haus akan pengetahuan dan kekuasaan, hingga bersedia menukarnya demi mendapatkan kehidupan abadi tanpa disertai jiwa dan hati mereka.

Secara keseluruhan, penulis berusaha menyajikan sudut pandang yang berbeda, tentang pemahaman Surga dan Neraka. Bukan saja pada keyakinan agama Hindu yang menjadi dasar serta sumber ide beliau, melainkan juga aliran kepercayaan kuno yang masih berakar kuat pada masyarakat India, terutama agama Persia Kuno yang disebut sebagai Zoroastrianisme, melalui aneka cerita rakyat serta legenda yang dikumpulkan oleh beliau. Inti dari keseluruhan ide yang terjalin dalam rangkaian kisah yang terkadang cukup absurb bagi pembaca yang asing dengan ide-ide supranatural atau adanya dunia lain yang berputar di sekeliling kehidupan manusia, sesuatu yang mungkin dikenal sebagai dunia roh, adalah ketiadaan antara ‘hitam’ dan ‘putih’ karena masing-masing memiliki hukum serta aturan yang diyakini adalah kebenaran. Bahkan makhluk-makhluk yang dianggap berdosa pun, masih diberikan kesempatan untuk menebus dosa melalui reinkarnasi yang terkait pada hukum karma semasa menjalani kehidupan fana.

Note : satu-satunya hal yang patut disayangkan untuk edisi terjemahan ini, ilustrasi asli yang tercantum di dalamnya ternyata tidak disertakan. Bisa jadi edisi yang diambil edisi paperback, dan dari beberapa blogger luar yang memiliki edisi hardcover, mereka mencantumkan ilustrasi yang sangat menarik untuk menggambarkan nuansa ‘alam-lain’ yang dikisahkan oleh sang penulis. Berikut dalam postingan ini kusertakan sebagian dari ilustrasi tersebut (^_^)

[ ~ GOBLIN FRUIT ~ | source ]
[ more about the author just check at here : Laini Taylor | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
62th Book in Finding New Author Challenge
160th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

2 comments:

  1. Ternyata isi bukunya heboh ya. Sama sekali nggak nyangka kalau hanya melihat covernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga baru tahu setelah baca :D *ditimbun sekian lama*

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...