Translate

Monday, August 18, 2014

Books "MOLLY MOON'S INCREDIBLE BOOK OF HYPNOTISM"

Books “BUKU HIPNOTISE MOLLY MOON”
Judul Asli : MOLLY MOON’S INCREDIBLE BOOK OF HYPNOTISM
[ book 1 of MOLLY MOON Series ]
Copyright © by Georgia Byng
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti
Cetakan I : Februari 2007 ; 368 hlm ; ISBN 978-979-22-2640-9
Rate : 4 of 5 

Molly Moon selalu bangun pagi dengan berharap hari ini adalah hari dimana ia akan keluar dari Panti Asuhan Hardwick House di kota kecil Briersville. Molly tak pernah mengetahui siapa gerangan kedua orang tuanya, kecuali kisah bagaimana ia ditemukan dalam kotak kardus ‘Moon’s Marsmallows’ beserta sebatang permen lolly, sepuluh tahun silam. Hidupnya tidak semakin mudah dengan adanya Miss Addertone sebagai pengelola, wanita yang dikenal sama sekali tidak menyukai bayi atau anak-anak. Satu-satunya yang pernah bersikap baik adalah Mrs. Trinklebury – janda yang dipekerjakan untuk merawat bayi Molly serta Rocky – yang kemudian menjadi sahabatnya hingga kini. Sayangnya setelah mereka bukan lagi bayi yang perlu dirawat khusus, Mrs. Trinklebury pun mulai jarang datang ke Pantia Asuhan. Maka kegemaran Molly untuk melamun dan membiarkan pikirannya melayang ke dunia yang jauh lebih menyenangkan, merupakan salah satu pelarian agar ia mampu bertahan menjalani kehidupan sebagai bahan hinaan, hukuman demi hukuman dan gangguan dari anak-anak Panti yang lebih besar.



Hingga suatu hari, Molly bertengkar dengan Rocky dan ia memilih menghabiskan waktu di perpustakaan kecil di kota. Di sanalah Molly menemukan sebuah buku aneh berjudul ‘Hypnotism’ karangan Dr. Logan. Molly tertarik dengan buku ini karena keributan yang disebabkan oleh salah satu pengunjung yang menyebut dirinya Profesor Nockman, dan ia marah besar kepada sang pustakawati, ketika mendapati buku pesanannya hilang tanpa bisa ditemukan, buku yang tanpa sengaja ditemukan oleh Molly. Entah apa yang membuat Molly memutuskan membawa pulang buku tersebut secara diam-diam. Dan ketika ia berhasil membaca daftar isi buku tersebut, sebuah semangat baru muncul dalam diri Molly, karena buku tersebut berisikan petunjuk untuk memulai cara-cara melakukan hipnotis terhadap orang atau makhluk lain. Kini hari-hari panjang tidak lagi menyusahkan Molly karena ia sibuk dengan rencana mempelajari langakh demi langkah untuk bisa melakukan hipnotis. Sasaran pertama sebagai percobaan, Molly menghipnotis Petula – anjing pug milik Miss Adderstone yang pemarah.

Ketika Rocky diangkat oleh salah satu tamu yang berkunjung, bahkan tanpa sempat berpamitan dengan Molly, dimana keduanya berpisah dalam kondisi marah (terutama bagi Molly), penyesalan dan kesedihan membuat Molly semakin mantap untuk segera menguasai ilmu baru yang menarik ini. Setelah berhasil dengan Petula, yang kini sangat ramah terhadap Molly, sasaran berikutnya adalah Edna – juru masak Panti yang selalu menggerutu dan membuat masakan menjijikan. Molly berhasil membuat Edna menuruti semua perintahnya, dan ia segera melancarkan langkah-langkah untuk merubah nasibnya. Menghipnotis Miss Adderstone dan memperoleh keterangan dimana Rocky pergi bersama keluarga angkatnya, berlatih sekuat tenaga karena Molly menemukan cara untuk keluar dari Panti Asuhan. Ia akan mengikuti Lomba Pencarian Bakat, dimana pemenangnya akan mendapat hadiah uang sejumlah 3.000 poundsterling. Molly berhasil memenangkan lomba itu, ia segera meninggalkan Panti bersama Petula, menuju kota besar, New York mencari Rocky dan peruntungan hidupnya.

Petualangan Molly Moon bersama Petula di New York City berjalan dengan seru. Dari seorang gadis yatim-piatu, ia berusaha menjadi sosok yang terkenal dalam waktu singkat di New York, meski harus mengalahkan pesaing yang juga memiliki kemampuan hipnotis. Namun Molly tidak bisa berlama-lama menikmati kesenangan sebagai bintang tenar, karena musuh sekaligus lawan tangguh, membuntutinya semenjak ia meninggalkan kota kecil Briersville. Pria yang mengaku sebagai Profesor Nockman ternyata adalah penjahat yang menginginkan buku hipnotis untuk melakukan aksi kejahatan. Dan ia secara kebetulan mengetahui bahwa Molly yang membawa buku tersebut dan berhasil menerapkan ilmunya untuk menjadi kaya dan terkenal. Memanfaatkan kelengahan Molly, ia menculik Petula dan mengirimkan surat ancaman, jika Molly tidak mengikuti perintahnya, maka Petula akan dibunuh. Molly Moon sang bintang tenar kebingungan, karena pada siapa ia harus meminta bantuan ? Tanpa diduga-duga, sahabat lamanya muncul, dan mereka segera mengatur rencana guna menghadapi Mr. Nockman dan menyelamatkan Petula.

Buku pertama petualangan Molly Moon ini sangat mengasyikkan, penuh petualangan yang seru sekaligus menegangkan. Dengan tokoh utama anak-anak, bisa dikatakan penulis memasukan unsur imajinasi dan kreatifitas dalam menghadapi aneka halangan dan rintangan dengan cara yang unik, menarik dan menimbulkan rasa geli pada berbagai adegan. Bagaimana kawanan anak-anak mampu menguasai orang dewasa melalui hipnotis ... mmm, impian yang bakal didambakan oleh siapa pun yang membaca kisah ini (termasuk mereka yang tidak lagi masuk kategori anak-anak). Walau ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disertai petunjuk dan penjelasan orang tua / orang dewasa, seperti topik berbohong untuk menyembunyikan kesalahan, mencuri benda-benda sepele milik orang lain hingga melakukan perampokan bank – meski sangat seru, tentu saja tidak layak dijadikan teladan bagi anak-anak. Terlepas dari faktor ‘PG’ ini, jika mencari bacaan yang menarik dan tak membosankan, simak petualangan Molly Moon dan kawan-kawannya (^_^) dijamin tak sempat memejam mata (kecuali kalian dalam pengaruh hipnotis kekuatan Molly Moon)

[ more about the author & related works, just check at here : Georgia Byng | on Godreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
55st Book in What’s A Name Challenge
71th Book in Finding New Author Challenge
182th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...