Translate

Friday, September 26, 2014

Books "REACHED"

Judul Asli : REACHED
[ book 3 of MATCHED Trilogy ]
Copyright © 2010 by Ally Condie
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I : Juni 2014 ; 528 hlm ; ISBN 978-602-03-0406-9
Rate : 3 of 5

Reached – the final instalment of Matched Trilogy, and as always I really expecting something really good by the end of this story ... and you know what, it’s a bittersweet experience for me on Ally Condie’s series. Entah mengapa sejauh ini serial yang merupakan trilogi jarang sekali dapat memenuhi ekspektasi yang telah melambung cukup tinggi pada edisi perdana atau buku pertama dari keseluruhan kisah. Sebut saja mulai Legend Series, Delirium, Maze Runners, Hex Hall, dll, dengan perkecualian Hunger Games dan Divergent yang memiliki tema sangat kuat dengan pengembangan karakter yang tak mudah dilupakan. Matched muncul sebagai pembuka kisah dua remaja Cassia dan Xander yang menjadi pasangan resmi yang ditentukan oleh Institusi – badan resmi dari pemerintah yang mengendalikan semua aturan dan prosedur, mana yang boleh dan mana yang terlarang.



Salah satu bagian yang diseleksi cukup ketat adalah seni tulis-menulis, hingga daftar bacaan pun diseleksi hanya tersedia 100 Judul yang dikenal oleh masyarakat, sesuatu yang sangat wajar terutama bagi Cassia hingga ia bertemu dengan Ky Markham – yang mendapat label sebagai Aberasi – kaum terbuang yang dianggap pemberontak dan harus dimusnahkan atau dinetralisir. Ky memperkenalkan seni dan keindahan melalui puisi, tulisan tangan hingga lukisan, hal-hal yang terlarang dan disembunyikan oleh pemerintah. Ketika Cassia dihadapkan pada pilihan antara Ky dan Xander, hatinya condong kepada Ky, meski untuk itu ia harus mengorbankan keluarganya, menyusul Ky yang dikirim ke wilayah terbuang. Perjalanan panjang dimulai saat Cassia berusaha mencari keberadaan Ky dengan menyusup sebagai bagian dari kelompok Aberasi yang menjalani kerja paksa.

Bukan sekedar memanfaatkan situasi dan konflik antara kedua belah pihak yang berjuang mempertahankan prinsip masing-masing, kaum yang berkuasa dan kaum pemberontak, penulis juga mengajak pembaca menikmati keindahan alam liar hingga karya seni yang tertuang melalui tulisan, puisi, lirik lagu hingga lukisan dinding yang harus disembunyikan dari pemusnahan massal oleh pihak berwenang. Sebagaimana dunia fantasi yang tertuang pada karya Ray Bradbury ‘Fahrenheit 45’ – kisah yang memiliki kesamaan tema ini seharusnya bisa lebih digali pada perkembangan emosional karakter utama, alih-alih berputar-putar pada seting yang berpindah-pindah. Apalagi setelah dibuka dengan saat sosok Cassia melihat dunia luar sebagaimana yang selalu berusaha digambarkan oleh Ky. 

Entah mengapa antara buku pertama, kedua bahkan ketiga, jalinan hubungan satu sama lain seakan-akan terputus dan dimulai sebuah kisah yang berbeda dengan karakter yang sama. Jika saja kisah ini bukan sengaja dibuat sebagai rangkaian trilogi, maka bisa kukatakan buku pertama ‘Matched’ dan kedua ‘Crossed’ merupakan karya kisah fantasi yang menyentuh dan cukup brilian. Satu-satunya komentar yang bisa kuberikan untuk ‘Reached’ adalah : terlalu bertele-tele, berputar-putar, dan nyaris berjalan cukup datar tanpa gejolak emosi yang bisa membangkitkan semangat untuk segera menuntaskan bacaan setebal 500 halaman ini. Seandainya saja ini merupakan buku pertama atau sebuah kisha pembuka akan petualangan yang sama sekali baru, maka segala kejanggalan yang muncul bisa kumaklumi, namun sebagi penutup kisah perjalanan Ky-Cassia-Xander beserta karakter-karakter lainnya yang (sebenarnya cukup) tak kalah menarik, maka ini adalah suatu kegagalan bagi snag penulis menurut pandanganku sebagai pembaca dan penikmat kisah fantasi. Three point five star ... only for the idea that appears through the whole story <(--_ )9

[ more about this author & related works, just check at here : Ally Condie | Matched’s Site | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
195th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...