Translate

Saturday, November 15, 2014

Books "PALE PHOENIX"

Books “KUTUKAN GADIS PHOENIX”
Judul Asli : PALE PHOENIX
[ book 5 of TIME TRAVEL MYSTERY ]
Copyright © 1994 by Kathryn Reiss
Penerbit Kaifa (imprint Penerbit Mizan Pustaka)
Alih Bahasa : Utti Setiawati
Editor : Nuraini Mastura
Proofreader : Ella Karmila
Ilustrasi isi : Farid Hamdan
Desain sampul : Hendry Prasetyo
Cetakan I : Maret 2006 ; 388 hlm ; ISBN 978-979-3659-71-8
Rate : 3.5 of 5

Back again with Miranda ‘Mandy’ Browne, masih ingat dengan kisahnya ketika ia menemukan miniatur rumah yang membawa perjalanan lintas waktu ke masa lalu ? Setelah berhasil mengatasi permasalah tersebut, Mandy sibuk dengan kegiatan sekolah dan tentu saja bersama sahabat-sahabat barunya. Daniel Hooton – cowok tetangga depan rumahnya, yang juga terlibat dalam kasus sebelumnya, memberikan sebuah suling berukir phoenix batu dalam acara lelang amal untuk membantu restorasi Witch House – julukan akrab bagi Prindle House, salah satu bangunan tertua di Garnet. Bangunan yang dibangun pada tahun 1692 oleh Nathaniel Prindle telah menjadi milik keluarga dan keturunan mereka, sesuai dengan amanat dalam warisan, bahwa hanya keluarag atau kerabat yang berhak menempati kediaman tersebut. Setelah sekian lama tak seorang pun bersedia menempatinya, karena terbengkalai dan tak bisa dirobohkan atau dijual, maka usulan untuk membuat bangunan itu menjadi museum sejarah akhirnya diterima.



Di saat kesibukan inilah, Mandy tanpa sengaja bertemu dengan gadis aneh yang kemudian diketahui bernama Abby Chandler. Meski ia mengaku sebagai siswa di sekolahnya, cukup aneh bagi Mandy karena baik ia maupun Daniel atau Susannah, sahabat-sahabat Mandy nyaris tak mengenali keberadaan Abby. Dari satu kejadian menyusul rangkaian kejadian lain yang membuat keluarg Mandy bersinggungan dengan keberadaa Abby, berbuntut hingga kedua oarng tua Mandy membawa Abby pulang ke rumah mereka akibat ditemukan mencoba mendongkel jendela mobil untuk mencuri belanjaan mereka. Ketika Abby mengakui ia sebatang kara dan diam-diam tinggal di Prindle House, hingga bangunan kosong itu direnovasi, kedua orang tua Mandy merasa kasihan dan menawarkan agar ia tinggal sementara di kediaman mereka sembari menemukan jalan keluar.

Mandy terbiasa dengan kebaikan dan kemurahan hati ayah-ibunya, namun untuk kasus Abby ia menolak dengan keras hingga nyaris menimbulkan keributan di kediaman Browne. Bukan karena Mandy iri atau cemburu karena ia terbiasa sebagai anak tunggal, melainkan karena Mandy merasa bahwa Abby tidak seperti yang terlihat. Meski ia tak mampu menjelaskan perasaan aneh dan gelisah ini, Mandy tahu ia harus mencari tahu siapa sebenarnya Abby Chandler yang kini bertingkah laku sangat manis dan menjadi anak asuh kesayangan keluarga Browne. Bersama dengan Daniel yang setia menemani Mandy dalam misi membongkar rahasia Abby, mereka justru berhadapan dengan hal-hal yang lebih sulit dipahami apalagi dijelaskan secara nalar. Seperti bagaimana Abby bisa nampak dalam rangkaian foto yang berbeda dan diambil pada masa-masa lalu yang berbeda-beda pula, dengan wajah dan tubuh yang serupa ?

Jika pada kisah ‘Time Windows’ sosok Mandy mengalami perjalanan lintas waktu tepat pada ambang yang merupakan titik awal untuk membuat perbedaan di masa depan, masa yang sama sekali baru, maka kali ini petualangan aneh membawa Mandy dan Daniel mengikuti Abby – gadis yang memiliki usia dan penampilan yang sama, selama bertahun-tahun, menjalani aneka kehidupan yang berbeda-beda tanpa mampu melepaskan diri dari ikatan waktu. Setelah membaca kisah ini, baru kusadari bahwa dalam kisah-kisah lainnya karya Kathryn Reiss, sosok Abby Chandler juga senantiasa muncul di berbagai kesempatan. Tampaknya penulis sengaja melibatkan karakter Abby untuk sebuah kisah khusus yang cukup menyentuh, tentang kesempatan kedua untuk memulai kehidupan yang baru – bagaikan sosok phoenix yang mati terbakar habis menjadi abu, untuk bangkit kembali dari kematian dan memuali kehidupan baru.

[ more about this author & related works, just check at here : Kathryn Reiss | on Goodreads | on Wikipedia | at Facebook ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
65th Book in What’s A Name Challenge
242th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...