Translate

Saturday, November 15, 2014

Books "TIME WINDOWS"

Books “TRAGEDI LOTENG RAHASIA”
Judul Asli : TIME WINDOWS
[ book 4 of TIME TRAVEL MYSTERY ]
Copyright © 1991 by Kathryn Reiss
Penerbit Kaifa (imprint Penerbit Mizan Pustaka)
Alih Bahasa : Utti Setiawati
Editor : Nuraini Mastura
Proofreader : Yunni Yuliana M.
Ilustrasi isi : Maria M. Lubis
Desain sampul : Hendry Prasetyo
Cetakan I : April 2006 ; 364 hlm ; ISBN 978-979-3659-29-7
Rate : 4 of 5

Setelah menghabiskan hampir 13 tahun masa kecilnya di New York, Miranda ‘Mandy’ Browne mendapati dirinya harus mengikuti kedua orang tuanya pindah ke kota kecil, Garnet, Massachusetts. Philip Browne adalah dosen sejarah yang mengalami kelelahan fisik dan mental hingga serangan jantung membuatnya mengambil keputusan untuk pensiun dini dan mencari pekerjaan yang lebih tenang. Istrinya, Helen Browne – seorang dokter kandungan, tidak kesulitan menemukan pekerjaan baru di Garnett. Tinggal Mandy yang berusaha melupakan kesedihan akibat berpisah dengan kenalan, tetangga dan sahabat karibnya. Namun ketika ia melihat rumah yang menjadi kediaman baru mereka, kesedihan itu mulai terhapuskan, terlebih setelah ia menemukan rumah boneka yang berwujud miniatur rumah yang mereka tinggali di atas loteng yang terbengkalai.



Rumah boneka itu segera menyita perhatian Mandy, hingga hampir sepanjang waktu ia habiskan di atas loteng, membuat kedua orang tuanya penasaran sekaligus heran, karena Mandy bukan tipikal gadis yang senang mendekam di dalam rumah. Tanpa diketahui oleh siapa pun, Mandy menemukan keanehan yang ia sembunyikan, sesuatu yang sangat membingungkan, menakutkan namun tak mampu ia tolak daya tariknya. Seakan-akan terkena mantra sihir, Mandy selalu melihat rumah boneka yang sudah agak lusuh itu. Ini karena Mandy mampu melihat ‘kilasan’ kehidupan para penghuni di masa lalu yang pernah mendiami rumah tersebut saat ia ‘mengintip’ dari balik salah satu jendela miniatur itu. Anehnya, hanya Mandy yang mampu ‘melihat’ hal tersebut, saat orang lain mencoba melihat ke dalam rumah boneka, hanya bagian-bagian miniatur yang mereka lihat.

Dari cuplikan kehidupan keluarga yang pernah mendiami rumah tersebut, Mandy mengetahui ada ‘sesuatu’ yang menyebabkan keluarga yang awalnya rukun dan bahagia, menjadi terpecah-belah, perselisihan dan pertengkaran timbul hingga tragedi terjadi pada mereka. Kejadian yang berulang-ulang ini membuat Mandy ketakutan, tatkala keluarganya sendiri mulai menunjukkan gejal-gejala perubahan sebagaimana anggota keluarga yang ia lihat di masa lalu. Jika mengikuti sejarah yang berulang, maka bisa dipastikan akan terjadi ‘sesuatu’ yang mengerikan menimpa keluarganya, dan Mandy harus menemukan jalan keluar sebelum tragedi tersebut muncul. Namun bagaimana Mandy bisa meyakinkan orang-orang di sekelilingnya tatkala hanya dirinya seorang yang mampu melihat ‘sesuatu’ dibalik jendela miniatur rumah di atas loteng ...

Ini adalah salah satu kisah fantasi tentang perjalanan waktu yang sangat-sangat menarik. Melalui media sebuah rumah miniatur, perjalanan hidup manusia terungkap, bagaikan melihat ke dalam kaleidoskop. Ini mengingatkan akan permainan ‘putar-film’ yang dulu pernah kupunyai, dengan memutar tombol maka sajian kisah film slide yang dipasang pada kartu berputar, seakan-akan berada di dalam dunia yang sama sekali berbeda. Maka bisa kupahami jika sosok Mandy terpukau dan tak mampu menghilangkan keinginan untuk senantiasa ‘mengintip’ di balik jendela, sekedar mengetahui bagaimana kisah yang akan muncul pada hari ini. Dunia fantasi yang berbau unsur horor, ini yang bisa kutemukan sepanjang kisah ini. Alangkah menakutkan saat muncul sosok-sosok yang benar-benar hidup, melakukan aneka kegiatan, bahkan sesuatu yang berbahaya dan menakutkan, namun sebagai penonton, kita tak mampu mencegah atau berbuat sesuatu untuk membantu situasi yang memburuk.

Kisah ‘Time Windows’ menerima penghargaan sebagai Best Teens American Library Association, namun tanpa mengetahui hal ini, harus kuakui intensitas yang dibangun sepanjang kisah ini, alur yang melompat-lompat namun sama sekali tidak memberikan kesempatan bagi diriku untuk mengambil nafas lega, hingga perkembangan karakter, baik dari sisi narator maupun tokoh-tokoh yang muncul dari kilasan masa lalu. Semuanya terjalin dalam rangkaian yang kompleks dan luar biasa. Sebagai bacaan kalangan remaja, jika novel ini bisa dimasukan dalam kategori tersebut, maka keunikan dan daya tarik kisah ini justru layak menempati posisi sebagai bacaan kalangan dewasa, terutama yang menyukai misteri (dengan bumbu unsur fantasi dan supranatural). Benarkah kita mampu merubah jalannya sejarah di masa lalu dengan mengambil langkah yang membuat perbedaan di masa kini ? Hanya perjalanan lintas waktu yang dikisahkan dengan kreatif dan pernuh misteri ini yang bisa menjawab ... dan komentar terakhir dariku sebelum menutup kisah ini : LUAR BIASA !!!

[ more about this author & related works, just check at here : Kathryn Reiss | on Goodreads | on Wikipedia | at Facebook ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
64th Book in What’s A Name Challenge
241th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...