Translate

Sunday, June 7, 2015

Books "BULAN"

Judul : BULAN
[ buku 2 dari BUMI Series ]
Copyright © 2015 by Tere Liye
Penerbit Gramedia Pustaka Utama        
Desain sampul & ilustrasi dalam : eMTe
Cetakan I : Maret 2015 ; 400 hlm ; ISBN 978-602-03-1411-2
Rate : 4 of 5

Masih ingat dengan Seli, Raib yang merupakan keturunan Klan Bulan dan Matahari serta Ali – bocah jenius yang suka usil dalam petualangan mereka menembus ‘dunia lain’ ? Tanpa terasa 6 bulan telah berlalu semenjak mereka ‘dipulangkan’ dengan selamat ke Bumi oleh pendamping mereka, Miss Selena. Pertempuran besar di Perpustakaan Sentral Kota Tishri, yang menyebabkan Tamus berhasil membawa Buku Kematian saat ia dikirim ke penjara bayangan di bawah bayangan, akibat usaha makar untuk membebaskan Si Tanpa Mahkota – sosok mengerikan dengan kekuatan kegelapan yang sangat besar. Menunggu kabar dari Miss Selena yang juga tiba-tiba lenyap sebagai guru mereka, nyaris membuat ketiga sahabat berada pada puncak kegelisahan tanpa mengetahui berita atau perkembangan yang terjadi di dunia lain. Penantian yang dijalani selama hampir setahun, dengan menyibukkan diri sesuai status sebagai pelajar dan remaja seusia mereka, disertai latihan diam-diam untuk mengasah kemampuan masing-masing, akhirnya akan diuji melalui misi khusus di dunia lain ...


Miss Selena muncul bersama dua sahabat baru mereka dari Klan Bulan, mengajak Seli, Raib dan Ali untuk menemui Klan Matahari yang hidup menyendiri, dengan misi diplomasi antar klan serta menjalin hubungan dan menggalang kekuatan melawan kekuatan Kegelapan. Klan Matahari yang terkenal paling kuat di antara klan-klan lain telah menutup portal penghubung ke dunia mereka, menguncinya selama ribuan tahun agar mereka dapat hidup tenang terhindar dari kekacauan peperangan. Mengingat sejarah masa lalu perselisihan antara Klan Bulan dan Klan Matahari, hal ini harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Diplomasi awal yang terjalin dengan duta dari masing-masing klan, menetapkan suatu waktu di mana mereka bisa ‘menyeberang’ memasuki portal ke dunia Klan Matahari, tentu saja dengan mengandalkan kekuatan Raib yang bisa berpindah  ke dimensi lain. Kedatangan rombongan Raib dan kawan-kawan ternyata bertepatan dengan Festival Bunga Matahari – sebuah turnamen yang diikuti oleh kelompok remaja-remaja terkuat memperebutkan hadiah khusus dan tempat kehormatan di Klan Matahari.

Ok, terus terang kisah ini sangat-sangat mirip dengan kisah The Hunger Games karya Suzanne Collins yang mengawali demam fantasi distopia di kalangan pembaca Indonesia. Walau bisa jadi sang penulis memang mendapatkan ide dari kisah tersebut, jangan khawatir bakal terjebak dalam sajian ala fanfic karena penulis mampu memberikan daya tarik dan sentuhan tersendiri dalam pengembangan kisah sekaligus menyajikan karakter-karakter yang juga memikat. Dipadu dengan pemecahan aneka misteri dan teka-teki yang menyertai petualangan sepanjang kisah ini (mengingatkan diriku akan aneka challenge yang harus dijalani oleh Harry Potter), petuah dan nasehat yang diselipkan dengan cerdik, bisa kukatakan kelanjutan kisah Bumi ini jauh lebih menarik dan menantang dibandingkan buku pertama. Nyaris tak sanggup meletakkan buku, karena halaman demi halaman bagaikan ‘berlarian’ mengikuti langkah-langkah para petualang muda untuk menuntaskan perlombaan tanpa menyadari adanya konspirasi dan jebakan sepanjang perjalanan untuk melenyapkan mereka semua ... Love it & can’t wait to read the sequel (^_^)   
“Tugasku memahami dan mengetahui banyak hal sebelum yang lain tahu dan menyusun rencana sebelum sesuatu teerjadi. Aku bertindak dua langkah lebih awal. Aku memiliki kemampuan tersebut. Aku adalah Selena, penjaga, pengintai, menatap dari langir kejauhan. Itulah yang membuat Tamus dulu menjadikanku murid kepercayaannya.” [ p. 22-23 ]
[ more about the author & related works, just check at here : Tere Liye | on Goodreads | at Twitter | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...