Translate

Monday, October 5, 2015

Books "FOUR : A DIVERGENT COLLECTION"

Judul Asli : FOUR – A DIVERGENT COLLECTION
Copyright © 2014 by Veronica Roth
Cover art copyright © 2014 by Veronica Roth
Cover art & design © 2014 by Joel Tippie
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Esti Budihabsari
Proofreader : Emi Kusmiati
Re-desain sampul & layout : Dodi Rosadi
Cetakan I : Desember 2014 ; 292 hlm ; ISBN 978-979-433-859-9
Harga Normal : Rp. 59.000,-
Rate : 3 of 5
“...dulu nenek moyang kita menyadari bahwa setiap individu bertanggung jawab pada kejahatan yang ada di dunia. Ada yang bilang kejahatan itu adalah ketidakjujuran ... Ada yang bilang kejahatan itu adalah kebodohan ... Ada yang bilang kejahatan itu berawal dari agresi ... Ada juga yang mengatakan penyebabnya adalah sifat egois ... Dan, kelompok terakhir mengatakan kepengecutan yang harus disalahkan. Itulah awal mula terbentuknya faksi : Candor, Erudite, Amity, Abnegation, dan Dauntless.
Jujur, awalnya diriku sama sekali tidak tertarik membaca kisah ini. Dari pengalaman sebelumnya, saat membaca kisah pelengkap (companion) sebuah serial yang sukses di pasaran, tiada kesan khusus yang menarik kecuali bagi penggemar fanatik (fans) yang tergila-gila pada karakter atau sekedar ikut-ikutan trend yang lagi ‘in’ ... Dan karakter Four yang muncul sepanjang Divergent Trilogi, bukanlah karakter favoritku, malahan yang kusukai justru ‘dibinasakan’ dengan sukses oleh sang penulis (satu lain alasan untuk tidak meneruskan apa pun yang berhubungan dengan serial ini). Lalu mengapa akhirnya kisah ini kubaca (dan ku-ulas di sini) ... ada beberapa poin yang ternyata ‘cukup’ membuatku bertahan menuntaskan sajian kisah ini sampai akhir.


Four – julukan yang diberikan pada sosok Tobias Eaton, kali ini ditampilkan lebih dalam dalam 3 bab yang berbeda. Dibuka dengan ‘The Transfer’ yang menampilkan kehidupan pemuda bernama Tobias, yang hidup dalam bayang-bayang Marcus Easton – pemimpin Abnegation yang karismatik, namun ternyata gemar ‘menyiksa’ putranya secara fisik maupun mental. Jika Four digambarkan sebagai sosok yang tangguh nan misterius, maka Tobias merupakan sosok yang senantiasa hidup dalam teror ketakutan, hingga ia memilih untuk ‘lepas’ dari cengkeraman sang ayah, walau hal tersebut berarti harus berkhianat pada kaumnya.

Kisah pada bab berikutnya ‘The Iniatate’ – berputar pada masa-masa adaptasi Tobias yang kini mendapat julukan Four, karena pemuda yang memilih masuk Dauntless ingin mengubur masa lalunya dan memulai kehidupan baru. Di sini, Four pertama merasakan hangatnya persahabatan dengan orang-orang tertentu, bagaimana ia mengembangkan ketahanan fisik maupun mental berhadapan dengan ujian demi ujian, termasuk pihak-pihak yang hendak membuat kembali ‘jatuh’ pada kondisi terendah. Four menemukan panggilan hidup yang jauh menantang sekaligus mampu mengisi kekosongan yang selama ini menghuni dirinya sebagai Tobias Easton.

Adegan yang tersaji pada ‘The Son’ mengungkap rahasia yang membuat pandangan Four berubah, pada pilihan langkah apa yang hendak ia pilih bagi masa depannya.  Terutama saat ia bertemu kembali dengan Evelyn – sang ibu, yang telah ia anggap meninggal dunia bertahun-tahun silam. Amarah dan kebencian atas kebohongan ayahnya, atas ke-egoisan Evelyn meninggalkan dirinya yang masih belia di tangan pria yang gemar menyiksa, berbaur dengan kekacauan di benaknya, tatkala Evelyn mengungkap ‘rahasia-rahasia’ lain menyangkut rencana pemberontakan kaum factionless melawan sistem yang selama ini dijalankan oleh kelima faksi yang berkuasa. pimpinan Dauntless yang bersekutu dengan pimpinan Erudite, Jeanine Matthews untuk memusnahkan kaum Abnegation.

Four terbelah antara ‘kebenaran / kebohongan’ yang ia dapati, dari Evelyn yang merupakan pimpinan kaum factionless.  Demi mendapatkan informasi tambahan, ia sengaja bekerja di Divisi Pengawasan untuk mengumpulkan data-data yang bisa mendukung sebelum ia menentukan pilihan. Seiring dengan waktu, Four mulai curiga ada sesuatu yang sedang terjadi, melibatkan pimpinan Erudite, Jeanine Matthews – wanita yang penuh teka-teki, dengan Max – pimpinan Dauntless. Ketika Four mendapati Max memilih Eric sebagai pengganti dirinya, saat Four menolak tawaran Max untuk menjadi ketua kelompok Dauntless, ia tahu sesuatu yang besar akan terjadi, dan rencana tersebut tidak melibatkan dirinya atau teman-teman yang sepaham dengan dirinya. 

Kematian Amar – pemuda tangguh yang sempat menjadi pemimpin kaum muda Dauntless, membuat Four semakin yakin dirinya dalam bahaya. Karena Amar sebagaimana dirinya, merupakan ‘Divergent’ – kelompok manusia yang tidak termasuk dalam salah satu dari ke-5 faksi yang ditentukan oleh sistem. Ketiga kisah ini, mengungkap sosok Tobias Eaton / Four disertai detil-dtil bagi para penggemar yang ingin mengetahui lebih dalam. Uniknya, penulis mengungkapkan bahwa ide awal penulisan Divergent justru dimulai dari kisah ini, tentang Four yang sayangnya ‘macet’ di tengah jalan karena sulit untuk melanjutkan kisah dari sudut pandang karakter ini. Maka muncullah karakter Beatrice ‘Tris’ Prior yang membuka jalan untuk masuknya Four sebagai pelengkap sekaligus melengkapi alur di mana Four bisa tampil secara utuh. 

Dua kisah tambahan ‘The Traitor’ – mengungkap pertemuan Four dengan Tris, bagaimana interaksi hubungan di antara mereka, ditutup dengan ‘Exclusive Scenes’ yang berisi detil tambahan dari cukilan adegan-adegan awal Tris dan Four serta orang-orang yang kelak menjadi sahabat serta rekan seperjuangan. Secara keseluruhan, kisah ini benar-benar berperan sebagai pelengkap yang mampu mengisi kekosongan atau menambah informasi seputar para karakter utama serial Divergent.  Satu-satunya yang cukup menarik perhatianku adalah kisah tentang Amar – yang sangat sedikit disinggung dalam Divergent, namun dalam kisah ini, kematian Amar justru sebagai pemicu kecurigaan Four. Demikian pula hubungan erat antara Four, Shauna, dan Zeke. Walau cukup menarik untuk disimak, tidak ada kesan khusus hingga memorable usai menuntaskan bacaan ini. Maka buku ini lebih kurekomendasikan pada penggemar serial Divergent (terutama yang tergila-gila pada Theo James #ehemmm).

[ more about the author and related works, just check at here : Veronica Roth | Divergent Series |  on Goodreads | on Wikipedia | on IMDB | at Twitter ]

Best Regards,

@HobbyBuku

1 comment:

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...