Translate

Thursday, February 27, 2014

Books "BUMI"

Books “BUMI”
Judul Asli : BUMI
[ book 1 of BUMI Series ]
Tere Liye
Copyright © 2014  by Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Desain Sampul : eMTe
Cetakan I : Januari 2014 ; 440 hlm ; ISBN 978-602-03-0112-9
Rate : 3.5 of 5

~ Sinopsis ~
Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-giri disekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.
Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang.

Kala pertama kali membaca sinopsis di sampul belakang buku ini, berbagai hal muncul di benakku. Mulai dari kemampuan untuk menjadi ‘kasat-mata’ hingga adegan drama suspense melibatkan sosok bocah yang menghilang akibat penculikan. Dari keraguan untuk mencoba membaca buku ini, dikarenakan pengalaman setelah membaca Negeri Para Bedebah yang berbeda jauh dengan ekspektasiku, akhirnya rasa penasaran yang menang, karena kemampuan sosok penulis yang cukup dikenal di kalangan pembaca ini, tentunya tidak bisa dinilai hanya berdasarkan satu atau dua buah karyanya yang kebetulan pernah kubaca.


Di luar dugaan, kali ini diriku mendapati sebuah sajian kisah yang mampu membuatku terpaku dan menyelesaikan halaman demi halaman tanpa henti, dipacu dengan adegan menegangkan sekaligus menggugah rasa penasaran. Meski tema yang diusung tidak terlalu  berbeda dengan karya fantasi karya penulis asli, penulis mampu memberikan sentuhan tersendiri dengan detail yang cukup menawan. Dipadu dengan kemunculan aneka karakter yang tak kalah menarik, bisa dikatakan kisah ini merupakan perpaduan gaya serta karakter ala kisah Garuda 5 karya FA Purawan dan TOFI karya Prf. Yohanes Surya. Dan poin lebih harus diberikan kepada “Bumi’ yang mampu memberikan nuansa fantasi berbalut misteri hingga akhir kisah seri pertama.

Kisah ini tentang sosok gadis remaja berusia 15 tahun, bernama Raib. Yang tampak tiada beda dengan gadis remaja seusianya, kecuali diam-diam ia menyimpan rahasia pribadi, tanpa seorang pun tahu, termasuk ayah dan ibunya. Raib, sesuai namanya, memiliki kemampuan ‘menghilang’ jika ia menutup wajah dengan kedua tangannya. Hal ini akan tetap menjadi rahasia, hingga suatu hari terjadi peristiwa yang menyebabkan  salah satu teman sekolah yang tak disukainya, mengetahui rahasia itu. Celakanya, Ali – bocah usil yang selalu memcari gara-gara terutama di sekolah, tidak bersedia melepas atau melupakan fakta tersebut, bahkan semakin gigih dalam usaha mengungkap rahasia Raib.

Kejadian ini cukup mengganggu Raib, ditambah dengan munculnya aneka peristiwa dan fenomena aneh setelah itu. Dari menghilangnya kucingnya yang bernama si Hitam, kunjungan mendadak dari salah seorang gurunya, hingga sosok manusia aneh yang muncul secara tiba-tiba di saat-saat yang tak pernah ia duga. Kemunculan sosok misterius tersebut merupakan awal dari serangkaian hal yang akan merubah kehidupan Raib. Bagaikan membuka kotak Pandora, selubung misteri dan rahasia yang tersimpan sekian lama, membawa serta berita buruk yang akan menimpa Bumi beserta isinya.  Raib kini harus berhadapan dengan kenyataan pahit, tentang sejarah masa lalu dan kelangsungan masa depan manusia beserta penghuni lainnya.

Ibarat sebuah kisah mitologi, maka penulis menyajikan versi tersendiri yang tak kalah menariknya. Tentang dunia paralel yang terjadi di Bumi. Bagaimana seandainya selain kehidupan ‘normal’ yang kita jalani saat ini di Bumi, ada pula kehidupan serupa tapi sama sekali berbeda di Bumi pada dunia alternatif lain ? Dan apa yang terjadi jika ada menusia yang mengetahui rahasia serta cara untuk melakukan perjalanan ‘lintas-dunia’ demi mencapai tujuan pribadi ? Lewat karya perdana ‘Bumi’ pembaca akan diperkenalkan pada Klan Bulan yang memiliki kekuatan bulan yang penuh misteri, Klan Matahari yang cemerlang dan pemberani, dan Klan Tanah yang mewakili para pemikir dan jenius yang haus akan pengetahuan. Sebuah kisah yang layak Anda simak, terutama bagi penggemar kisah fantasi (^_^)

[ more about this author & related works, just check at here : Tere Liye | on Goodreads | at Facebook ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
19th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

9 comments:

  1. Duh.. Jadi makin pengen baca buku inii >,< tapi endingnya nggantung ya mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endingnya sedikit nggantung karena bersambung pada buku ke-2, judulnya BULAN (klo tidak salah)

      Delete
  2. Aida | aidafajriyatin@gmail.com | Alasan: Sudah lama ingin buku ini karena salah satu buku bang Tere yang bertema fantasy. Kemudian karena rating di goodreads sungguh tinggi, the last karena review di atas yang menggiurkan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Vania | vaniautami31@gmail.com | Alasan: sudah cukup lama memasukkan buku ini sebagai wishlist karena dulu sempat baca sedikit bagian dari isi buku ini di fb tere liye dan krn ga bisa ngikutin lagi jadi loss, padahal seru dan akhirnya pengen baca bukunya aja + tanggapan positif dimana2 tentang buku ini termasuk dalam review ini

    ReplyDelete
  5. Ade | adedelinaputri@yahoo.com | Tak perlu pikir lama, saat Tere Liye memposting Bumi ini di facebook, saya sudah tertarik dengan blurbnya. Sekaligus menjadi kejutan bagi saya karena resensi ini memberitahukan pada saya, bahwa ini novel fantasi!

    ReplyDelete
  6. Sasa Isnara | sasaisnara@gmail.com | Alasan : Blurb-nya keren dan review-an kakak buat penasaran, saya baru tau kalau buku ini bergenre fantasi, saya selalu penasaran jika ada buku yg menyertakan pengetahuan 'baru', seperti supernova by dee.

    ReplyDelete
  7. Dari sekian banyaknya postingan review di blog Alice's Wonderland entah kenapa aku pilih BUMI dari Tere Liye ini. Mungkin, ini satu-satunya review buku Indonesia yang aku ingat dan berkesan dari blog ini :D

    Sebelumnya, aku juga pernah datang ke postingan ini sebagai salah satu pilihan dari BBI Giveaway Hop beberapa waktu lalu, terus aku hapus, biar komentarnya nggak samaan, hehe... Aku suka aja sih sama review yang ini, dan untuk pertama kalinya aku baru sadar kalau BUMI itu genre-nya fantasi, rada kurang biasa mengingat Tere Liye jarang nulis buku tentang fantasi, Negeri Para Bedebah itu fantasi ya Kak? Hmmm...

    Kalau boleh bilang, review-nya menarik, nggak ada unsur spoiler sama sekali, makin nambah penasaran aja deh. Hahah..., lebih menarik kalau BUMI bisa dijadikan hadiah di salah satu giveaway yang Kak Hobby Buku adakan nanti, hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Negeri Para Bedebah dan Negeri Di Ujung Tanduk lebih ke thriller, penuh dengan intrik dan adegan laga seperti James Bond (^_^)
      Tapi secara pribadi aku lbh suka penulisan Bumi ini dibandingkan buku-buku diatas.

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...