Translate

Tuesday, October 7, 2014

Books "LUCIAN"

Judul Asli : LUCIAN
by Isabel Abedi
Copyright © 2009 by Arena Verlag GmbH, Wòrzburg
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Eleonora Bergita
Editor : Husni Pratama
Cetakan I : November 2012 ; 556 hlm ; ISBN 978-602-02-0577-9
Rate : 4 of 5

Oleh misteri kehidupan
Kau dirajut
Dariku dan dari banyak hakikat lain yang tak bernama,
Hanya terjadi padaku.
Jiwaku terbuka,
Dan suaraku siap untuk bermadah.
[ ~ Poem by Rilke | from Lucian at p. 179 ]

Kehidupan yang dijalani oleh Rebecca Wolff cukup unik, karena ia dibesarkan oleh Mama Janne dan Spatz – teman perempuan Mama Janne. Walau ia masih memiliki Dad di Amerika, namun kehidupan bersama keluarga serta teman-temannya di Hamburg cukup menyenangkan, hingga ia menolak undangan untuk tinggal bersama Dad dan keluarga barunya. Hingga suatu hari, muncul pria aneh bernama Lucian, yang mengikuti dirinya bagai bayang-bayang tak bersuara, datang seakan-akan mampu mendengarkan suara hati Rebecca. Pertemuan pertama Rebecca dengan Lucian tepat menjelang ulang tahunnya ke-16. Sosok Lucian sama sekali asing namun anehnya juga berkesan sangat dikenal, seakan-akan ia merupakan bagian dari masa lalu Rebecca.



Lucian – pria misterius yang memenuhi benak Rebecca, ternyata tidak memiliki kenangan masa lalu, siapa gerangan dirinya, dari mana asalnya, kecuali satu hal : namanya. Lucian juga tidak pernah mengenal Rebecca namun ia merasakan hasrat untuk senantiasa berada di dekat Rebecca, ia bahkan bisa merasakan gejolak hati, kegembiraan hingga kepedihan yang dirasakan oleh Rebecca. Lucian jarang bisa tertidur lelap, karena acapkali mimpi-mimpi yang tak bisa ia pahami muncul, dan sebagian besar tentang Rebecca, di masa lalu dan masa yang akan datang. Bagaimana Lucian bisa memimpikan hal seperti itu, apakah ia memiliki bakat sebagai paranormal ? Dan apa kaitannya dengan Rebecca ?

Aku memandang ke cermin
Tak satu pun yang balas memandangku
Siapakah aku ini ?
Apakah aku ini ?
Apakah aku ditemukan ?
Apakah aku bermimpi ?
Dan ketika aku terjaga
Apakah aku lalu mati ?
[ ~ Mirror Image | from Lucian at p. 184 ]

Rebecca dan Lucian – dua sosok yang tak pernah bersua sebelumnya, tak mengenal keberadaan masing-masing hingga keduanya bertemu muka. Entah mengapa ibarat sebuah benag merah yang tak nampak, terjalin di antara mereka, asing namun sangat familiar, bagaikan mengenal bagian dari diri mereka sendiri. Ketika baik Rebecca maupun Lucian berusaha mencari tahu tentang hubungan serta jati diri mereka dengan cara masing-masing, penelusuran tersebut justru mengarah pada satu sumber : Mama Janne. Mimpi-mimpi Lucian yang merupakan ramalan atau kilas balik masa lalu, ternyata berhubungan erat dengan Rebecca.

[ source ]
Dan ketika pihak-pihak lain turut terlibat, dengan alasan menolong Rebecca yang dianggap mengalami ‘gangguan jiwa’ – sebuah usaha penyelamatan yang membawa Rebecca berpindah dari satu benua ke benua lain, jarak yang sangat jauh ternyata justru membawa penderitaan tiada henti terhadap Rebecca, secara fisik maupun mental. Hingga Lucian ‘menyeberangi samudra untuk menemukan Rebecca di tempat yang sama sekali tak ia ketahui atau kenali – hanya berdasarkan naluri bahwa ia akan menemukan Rebecca, meski nyawa taruhannya. Mampukah Lucian menembus pertahanan yang dibuat oleh keluarga serta semua kenalan Rebecca ? Apakah benar keduanya tidak bisa terpisahkan, atau justru salah satu di antara mereka harus dilenyapakan ?
Bagaimana kalau kita dilahirkan ke dunia tidak sendirian ?Bagaimana kalau manusia dilahirkan ke dunia bersama malaikat yang akan menyertai sedari lahir sampai ajalnya ?Dan bagaimana kalau ... si malaikat jatuh cinta ?
Kisah ini dimulai dengan adegan-adegan yang kusangka hanya sebagai kisah drama keluarga vs romansa remaja yang melibatkan sikap memberontak melawan aturan. Namun kisah justru bergulir menuju sesuatu yang lebih intense, menegangkan sekaligus menggugah rasa penasaran untuk mengungkap misteri di balik keberadaan sosok Lucian yang misterius. Siapakah pria yang tak memiliki ingatan sedikit pun tentang masa lalunya, kecuali panggilan namanya ... dan mengapa ia memimpikan gadis yang tak pernah ia temui sebelumnya ? Suasana mistis sekaligus mengusung tema supranatural, mengingatkan akan adegan-adegan dalam film ‘Constantine’ (dibintangi oleh Keanu Reevees) dan terutama kisah favoritku ‘City of Angels’ (dibintangi oleh Nicolas Cage & Meg Ryan) – sebuah kisah romansa yang sangat menyentuh sekaligus berhasil bikin ‘mewek’ meski nonton berulang-ulang (*_*). Ini adalah karya pertama isabel Abedi yang pernah kubaca dan sejujurnya diriku menyukai gaya penuturannya yang ‘tidak biasa’ bagi penulis asal Eropa, di tengah maraknya kisah fantasi dengan bumbu romansa ala novel-novel Amerika yang cenderung agak cheesy menurut seleraku. Seandainya saja tema misteri dan suasana thrilling yang dibentuk bisa mendapatkan porsi lebih besar, maka kisah ini bisa menjadi salah satu bagian dari daftar bacaan favoritku (^_^) ... but still this is can be consider as a ‘quite-interesting’ story too !!

Tentang Penulis :
Isabel Abedi, awalnya telah bekerja sebagai copy-writer selama 13 tahun, hingg ia masuk dalam daftar penulis buku untuk anak-anak dan remaja yang sukses di Jerman. Novelnya yang berjudul ‘Whisper’ masuk nominasi dalam ‘Deutscher Jugendliteraturpreis 2006’ (Penghargaan Sastra Remaja 2006) di Jerman. Demikian pula dengan novelnya ‘Isola’ yang meraih Spiegel Bestseller. Isabel Abedi menetap bersama keluarganya di Hamburg, Jerman. ( sumber : www.elexmedia.co.id )

[ more about this author & related works, just check at here : Isabel Abedi | on Goodreads ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
60th Book in What’s A Name Challenge
85th Book in Finding New Author Challenge
215th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

3 comments:

  1. Thank you for the review. Just a little correction, aside as the editor of this book, I shared the translation as well.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, nice to meet you Mr. Husni (^_^)
      Maaf jika ada kesalahan dalam data, tapi ini sesuai yang tercantum dalam edisi cetak buku ini, atau perlu diklarifikasi pada penerbit ?

      Delete
  2. Nice to meet you, too. It's ok :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...