Translate

Thursday, December 27, 2012

Books "ALANNA"



Judul Asli : ALANNA : THE FIRST ADVENTURE 
(book 1 of SONG OF THE LIONESS Series)
Copyright © 1983, Tamora Pierce
Penerbit : Ufuk Fiction
Alih Bahasa : Leinofar Bahfein
Editor : Cahyo Prasetyo
Cover by Yann Tisserob & Husni Kamal Ufukreatif Design
Cetakan I : Mei 2012 ; 312 hlm
Rate : 3 of 5

Thom dan Alanna of Trebond – si kembar putra putri Lord Alan of Trebond, telah menginjak usia 10 tahun, di mana mereka harus mengecap pendidikan lanjutan yang dipersiapkan bagi masa depan mereka. Thom akan dikirim dalam pengawasan Duke Gareth of Naxen, untuk dididik menjadi kesatria tangguh dalam bela diri serta pertarungan. Sedangkan Alanna akan dikirim dalam perlidungan Putri Pertama dan memperdalam ilmu sihir. Permasalahannya, Thom lebih tertarik mempelajari bidang sihir daripada harus berkelahi dan bertempur, demikian juga sebaliknya Alanna yang lebih lincah dan tangkas dalam olah fisik ketimbang saudara laki-lakinya, dan ia tidak menyukai sihir sebagaimana Thom.

Di sinilah timbul ide agar keduanya bertukar tempat, apalagi keduanya sangat mirip, hanya orang-orang terdekat saja yang mampu membedakan antara Thom dan Alanna, terlepas dari penampilan fisik mereka. Demi kelangsungan masa depan masing-masing, mereka mengatur rencana dibantu oleh Maude – penyihir yang sering membantu dan membimbing keduanya, serta Coram Smythesson, kesatria yang semula ditugaskan mengawal Thom, alih-alih mendapati Alanna yang harus dijaganya. Alanna memotong pendek rambutnya yang panjang dan senantiasa menyembunyikan tubuhnya dalam jubah serta pakaian pria yang kebesaran. Tiada yang menduga rahasia dirinya, apalagi Coram yang tak mampu menundukan Alanna yang keras kepala, tetap setia menjaga dan melindungi dirinya.

[ source ]
Maka sementara Thom memperdalam ilmu sihir, Alanna yang berubah menjadi Alan of Trebond, harus menjalani latihan serta kehidupan keras penuh disiplin tinggi untuk menjadi seorang kesatria dan bangsawan Tortall yang tangguh. Tiada yang menaruh perhatian khusus pada diri Alan yang kecil dan kurus, hingga Lord Ralon of Malven – salah satu bocah bertubuh besar, dengan sengaja mengganggu dirinya. Keberanian Alan melawan sang penindas, membuka perkenalannya dengan Pangeran Jonathan – sang putra mahkota, serta tawaran persahabatan dari Raoul of Goldenlake, Gareth ‘Gary’ of Naxen, Alexander of Tirragen dan Francis of Nond, empat orang anak yang menjadi pemimpin kelompok para pemuda. Sayangnya Alan juga menuai permusuhan abadi dengan Ralon of Malven, yang menaruh dendam kesumat secara pribadi terhadap diri Alan.

Kisah bergulir pada perjalanan kehidupan Alanna sebagai Alan of Trebond. Selain menjaga rahasia keberadaan dirinya sebagai seorang gadis, ia diharuskan mengikuti semua kegiatan belajar, termasuk aktifitas fisik yang cukup berat bagi seorang remaja pria, apalagi bagi diri Alanna. Berbagai cobaan yang membuat dirinya putus asa hingga mau kembali ke rumahnya, serta siksaan fisik yang secara diam-diam dilancarkan secara gencar namun sembunyi-sembunyi oleh Ralon, hidup Alan tak pernah tenang. Coram yang mengetahui kondisi anak asuhnya, menaruh kepercayaan penuh bahwa Alanna mampu menuntaskan tugas-tugasnya. Dan Alanna juga memiliki harga diri tinggi guna membuktikan kemampunnya tanpa selalu meminta pertolongan para sahabat yang tak segan-segan turun tangan jika ia dalam kesulitan. 

[ source ]
Tapi ketika menginjak usia tertentu, pertumbuhan fisik Alanna mulai muncul, ia harus lebih ekstra hati-hati dalam penampilannya. Meski demikian gadis yang tak pernah mengenyam kehidupan bersama sang ibu, tanpa pendampingan seorang wanita dewasa, harus berhadapan dengan peristiwa mengerikan yang menandakan dirinya sebagai seorang wanita. Maka Alanna lari kepada sahabat baru yang ia percayai : George sang Raja Pencuri yang telah membuat pusing Kepala Keamanan Istana.Dan hal ini menyebabkan dirinya harus membuka rahasia kebenaran jati dirinya kepada George. Bukan hanya perubahan fisik, kemampuan dalam diri Alanna yang tersembunyi juga mulai muncul dengan kekuatan yang aneh. Alanna memiliki kekuatan sihir, namun tidak seperti Thom, ia takut untuk menggunakan kekuatan sihir. 

Sampai suatu hari, muncul wabah penyakit aneh, yang akhirnya diketahui bersumber dari kekuatan sihir gelap. Alanna tidak akan terlalu memperhatikan hal tersebut, hingga satu demi satu sahabatnya jatuh sakit akibat wabah aneh itu. Alanna tahu, jika ia tak turun tangan, nyawa mereka akan melayang. Apalagi ketika Pangeran Jonathan mulai terserang. Permasalahannya, mampukah Alanna mengusir kekuatan sihir gelap dengan kemampuannya sebagai Penyembuh, meski ia tak pernah berlatih khusus untuk ilmu sihir ??? Dan bagaimana ia mengatasi serta mencari dalang di balik serangkaian peristiwa aneh yang mengancam ketenangan dan kedamaian masyarakat di wilayah tersebut ?? 

Tentang Penulis :
[ source ]
Tamora Pierce, lahir 13 Desember 1954, telah menghasilkan lebih dari 20 novel remaja, yang tersebar di penjuru dunia dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Jerman, Swedia serta Denmark. Alanna : The First Adventure adalah buku pertamanya yang diterbitkan, dan menjadi fondasi bagi kuartet Tortallan yaitu Song of the Lioness, The Immortals, dan The Protector of the Small. Selain itu Alanna juga berhasil menyabet penghargaan dari Konferensi Tahunan Penulis New Jersey Institute of Technology, serta masuk dalam daftar karya fantasi yang direkomendasikan oleh Divisi Genre Remaja, American Library Association pada bulan Juni 1991. 

Karya beliau lainnya berupa cerpen, artikel dan novel seri Circle of Magic. Selain sebagi penulis, beliau juga sempat berkiprah sebagai aktris, penulis drama radio dan perusahaan produksi komedi. Kini beliau menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga, pekerja sosial, sekretaris dan asisten agen. Tinggal di New York bersama Tim Liebe, pasangannya, dengan 3 ekor kucing dan 2 ekor burung parkit.  

[ more about the author check on her website at : her Official Siteher Books ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...