Translate

Thursday, December 27, 2012

Books "MARY POPPINS"



Judul Asli : MARY POPPINS ( book 1 )
Copyright © 1981 by P.L. Travers
Penerbit Qanita
Alih Bahasa : Desak Pusparini
Editor : Prisca Primasari & Emi Kusmiati
Ilustrasi Isi : Rizki Goni
Desain Sampul : Windu Tampan
Cetakan I : Agustus  2012 ; 228 hlm
Rate : 3 of 5

Saat melihat buku ini berada di jajaran salah satu toko buku, rasa girang pun menyelimuti diriku. Sebagai penggemar kisah Mary Poppins versi film layar lebar yang dibuat oleh Disney, sosok Mary Poppins yang diperankan oleh Julie Andrews tertanam erat di benakku. Maka alangkah terkejutnya diriku saat mulai membuak dan membaca kisah aslinya di buku ini. Gambaran sosok Mary Poppins yang tercermin lewat peran Julie Andrews, sosok aneh, unik, menarik, penyayang dan penuh rahasia sihir yang mampu memukau anak-anak, ternyata bertolak belakang dengan versi aslinya. Karena belum pernah membaca versi aslinya, maka diriku berpedoman dari versi terjemahan ini, yang terus terang membuatku seikit kecewa. Terlepas dari perbedaan karakter, kisah ini tetap menarik karena penuh keajaiban yang mampu membangkitkan imajinasi para pembacanya, dan ditambah dengan adanya ilustrasi-ilustrasi menarik di dalamnya.

[ source ]
Mary Poppins muncul saat Angin Timur yang dingin bertiup, dengan berpegangan pada sebuah payung, ia terombang-ambing di tiup angin, hingga mendarat di depan pintu Cherry-Tree Lane no. 17, kediaman keluarga Banks. Tepat saat Mrs. Banks sedang kebingungan karena Nanny mereka mendadak pergi, meninggalkan putra-putri keluarga Banks yang harus diurus dan dijaga, Jane, Michael dan si bayi kembar John dan Barbara. Kehadiran Mary Poppins segera diterima dengan penuh kelegaan dari seluruh penghuni Cherry-Tree Lane no. 17, mulai Mr. & Mrs. Banks, hingga para pelayan dan tukang kebun. Sedangkan bagi Jane dan Michael, sosok Mary Poppins yang unik dengan sebuah tas kosong yang mampu mengeluarkan semua benda yang dibutuhkan, sangat menarik daripada Nanny mereka sebelumnya. 

Bagi anak-anak keluarga Banks, tiada lagi hari-hari membosankan, karena Mary Poppins selalu memiliki ide aneh dan unik, yang tak pernah dibayangkan oleh mereka. Bahkan para bayi, si kembar John dan Barbara, juga menikmati percakapan mereka dengan para hewan dan Mary Poppins tentunya, anehnya orang-orang dewasa tidak ada yang memahami perkataan mereka. Hingga seringkali mereka (terutama sang ibu) memberikan sesuatu yang bukan dikehendaki oleh para bayi. Atau justru John dan Barbara harus bertingkah aneh yang bisa membuat orang-orang dewasa tertawa dan tersenyum bahagia, terutama hal-hal konyol seperti melepas kaus kaki mereka. 

[ source ]
Sedangkan Jane dan Michael, mereka berusaha mematuhi peraturan yang diterapkan oleh Mary Poppins. Karena jika mereka melanggar, maka hukuman berat menanti mereka. Dan hukuman yang sangat berat adalah tidak diperbolehkan mengikuti Mary Poppins saat ia berjalan-jalan keluar rumah. Padahal setiap mereka berjalan-jalan keluar bersamanya, selalu saja ada petualangan aneh tapi mengasyikkan yang mereka alami bersama. 

Mary Poppins tidak pernah tersenyum atau berkata-kata lembut, selalu tegas dan disiplin. Tapi hadiah-hadiah yang diberikan kepada anak asuhnya, tiada satu pun yang mampu menandinginya. Seperti undangan pesta ulang tahun di Kebun Binatang menjelang tengah malam, di mana semua hewan bertingkah laku dan berbicara seperti manusia, sedangkan para manusia justru berada di dalam kurungan hewan-hewan, beraksi dan makan, ditonton oleh aneka ragam hewan. Tiada waktu dan hari bersama Mary Poppins yang dilewatkan oleh anak-anak keluarga Banks. Hingga Angin Barat bertiup, dan tibalah waktunya bagi Mary Poppins untuk terbang ke tempat lain, meninggalkan keluarga Banks serta anak-anak yang sangat menyukainya. 

[ source ]
Tentang Penulis :
P.L. Travers (1906 – 1996) adalah seorang kritikus drama, penulis esai perjalanan, resensi, dosen, dan pencipta Mary Poppind. Travers menulis keseluruhan delapan buku Mary Poppins, termasuk Mary Poppins (1934), Mary Poppins Comes Back (1935), Mary Poppins Opens the Door (1943), dan Mary Poppins in the Park (1952), semua dari Harcourt Brace. Ms. Travers menulis beberapa buku anak juga dan buku-buku dewasa, tapi karena karakter Mary Poppinsinilah Ms. Travers dikenang dengan baik. 

[ more about the author, works and related adaptations, please check on here : Pamela Lyndon Travers | Mary Poppins | Movies (1964) | Others ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...