Translate

Friday, December 7, 2012

Books "ALIENS ON VACATION"



Judul Asli : ALIENS ON VACATION

[ book 1 from The Intergalactic Bed & Breakfast Series ]

Copyright © 2011 Clete Barrett Smith

Penerbit Atria

Alih Bahasa : Justine Tedjasukmana

Editor : Fenty Nadia ; Ida Wajdi

Desain Sampul : Indra Bayu

Cetakan I : Juni 2012 ; 314 hlm 
Rate : 4 of 5


“SELAMAT DATANG DI FOREST GROVE, WASHINGTON : SEBUAH OASIS DI TENGAH RIMBA.”

Dan memasuki kedalaman rimba, di sanalah terdapat PENGINAPAN ANTARGALAKSI – sebuah rumah 3 lantai bergaya Victorian yang dicat hitam legam dengan lukisan taburan komet, bintang dan planet yang berkilauan, dengan pengetuk pintu temaga berbentuk bulan sabit serta keset pintu  depan yang berbunyi ‘Semua Yang Datang Dengan Damai Akan Disambut Dengan Baik.’


David atau yang dipanggil ‘Scrub’ mendapati liburan musim panas yang dinanti-nanti, menjadi sebuah mimpi buruk tak berkesudahan. Kabar buruk datang ketika kedua orang tuanya harus bekerja di luar kota, mengirimnya jauh-jauh dari Tampa, Florida ke Washington untuk tinggal dengan nenek yang tak pernah dijumpai seumur hidupnya. Bukan hanya harus menghabiskan waktu selama 2 bulan 3 hari, 14 jam di tempat yang terpencil dan tiada satupun fasilitas komunikasi elektronik (spt TV, koneksi internet, bahkan sinyal ponsel lenyap), kediaman Granma sungguh sangat aneh dan ganjil.


Penginapan yang dibuat dengan gaya Star Wars, ternyat bukan hanya tampilan luar saja, kondisi dalam bangunan serta para ‘tamu’ yang sedang menginap, membuat Scrub bertanya-tanya, dari negara mana mereka berasal. Mereka bukan saja secara fisik tampak janggal, penampilan, gaya bicara bahkan cara makan (atau apa yang mereka makan) menimbulkan berbagai tanda tanya di benak Scrub. Sikap penduduk sekitar yang kebetulan dijumpainya, seperti Sherif Tate yang sering mondar-mandir di dekat penginapan, membuat Scrub semakin gelisah ...


[ source ]
Hingga akhirnya saat terjadi suatu insiden, Granma membuka rahasia yang merubah kehidupan Scrub. Ternyata para tamu-tamu yang aneh dan ganjil itu bukan berasal dari negara yang berbeda, melainkan planet serta tata surya yang berbeda. Penginapan AntarGalaksi sesuai namanya adalah untuk makhluk-makhluk antar planet yang ingin berlibur di Bumi. Granma membuka rahasia itu bukan saja karena ia percaya pada Scrub, ia juga membutuhkan bantuannya untuk mengelola penginapan yang ramai akan pengunjung di musim liburan ini. 


Maka Scrub mendadak memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga kelancaran serta keamanan para penghuni. Mulai dari menyambut kedatangan mereka, mempersiapkan ‘penyamaran’ agar mereka tak terlalu menyolok saat bepergian atau berjalan-jalan di luar. Berbeda dengan pandangan awam bahwa alien itu menakutkan, menyeramkan, mengerikan sekaligus mampu bertindak kejahatan terhadap manusia __ nah, bagian menakutkan, menyeramkan dan mengerikan memang ada pada beberapa makhluk, tapi mereka semua tidak ada yang berniat buruk apalagi melakukan kejahatan terhadap manusia. Dalam beberapa hari, Scrub menyukai  mereka bahkan pada akhirnya bersedia berkorban demi keselamatan mereka.


Dan kali ini lawannya justru manusia-manusia penghuni di sekeliling lingkungan kediaman Granma. Scrub bukan hanya harus menyelamatkan makhluk-makhluk malang itu dari kemarahan para manusia yang menganggap alien harus dibasmi, tetapi ia juhga harus memikirkan masa depan penginapan itu, tempat yang diusahakan dengan penuh kerja keras oleh Granma. Pada akhirnya Scrub – bocah cuek yang tak pernah peduli pada apa pun selain mencari popularitas, kini menjadi lebih dewasa dengan memikirkan masa depan serta kepentingan pihak lain, makhluk-makhluk yang dikasihinya. 


[ source ]
Sebuah kisah yang bukan hanya menarik tapi juga memberikan pelajaran moral tentang budi pekerti serta tanggung jawab. Sungguh tepat bagi bacaan anak-anak, dan sekaligus bagi kaum dewasa, untuk mengingatkan bahwa di dunia yang sangat luas ini menyimpan berbagai hal yang sangat menakjubkan, seandainya kita mau duduk sejenak mendengarkan serta memperhatikan dengan seksama. Dan berbuat kebaikan pada siapa pun juga selalu akan memperoleh balasan di kemudian hari, demikian juga perbuatan jahat (^_^) Really love this stories !!! 


Tentang Penulis :

Clete Barrett Smith tiba di bumi ini sebagai bayi dan dibesarkan oleh populasi lokal. Dia bergabung dengan setiap tahap kehidupan manusia di daerah barat laut di tanah bernama Amerika. Setelah besar, dia mempelajari sastra planet ini dan teknik menulis di Vermont College of Fine Arts. Saat ini, dia bertempat tinggal di Bellingham, Washington, bersama istri manusianya dan dua orang putri mereka. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi websitenya di www.cletebarrettsmith.com

Best Regards,
* Hobby Buku *
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...